3 Cara Merawat Bunga Vinca dengan Mudah

Begini Cara Merawat Bunga Vinca

Di Indonesia, bunga Vinca dikenal dengan beberapa nama lain, seperti bunga Tapak Dara, Kembang Jawa dan Bunga Sindapor. Bunga ini biasa ditanam dan digunakan sebagai penghias halaman. 

Bunga Vinca termasuk bunga yang mudah tumbuh dan lebat. Dengan perawatan yang benar dan tepat, bunga ini dapat tumbuh dengan kompak serta banyak bunga di setiap cabangnya. 

Jika, kamu tertarik menanam bunga yang satu ini untuk menghiasi halaman rumah, pilihan tersebut sangatlah tepat karena bunga ini juga tidak sulit dalam perawatannya.

Nah, bagaimana cara perawatan tanaman bunga Vinca? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Potong Secara Berkala

Sejak awal perawatan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pemangkasan daun secara rutin. Pemotongan daun dimulai sejak Anda melihat ada 6 daun yang mulai tumbuh. 

Kamu bisa memotong 2 daun dari 6 daun yang ada diantaranya, dengan begitu, akan tumbuh 2 cabang setelahnya.

Jika 2 cabang tersebut telah tumbuh daun kembali, maka lakukan hal yang sama seperti sebelumnya, potong 2 daun lagi. 

Dari pemotongan ini, maka akan tumbuh banyak cabang yang dapat membuat tanaman ini tumbuh  dengan lebat.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari yang Dari Biji hingga Berbunga

2. Beri Pupuk dengan Benar

Pemupukan penting dilakukan, terutama dalam minggu-minggu pertama. Kamu bisa mulai memberi pupuk sebanyak setengah gram dalam setiap liter air. 

Jenis pupuk yang digunakan bisa NPK 32-10-10 atau pupuk yang mengandung nitrogen tinggi. Hal ini berguna untuk memperbanyak daun.

Baru setelah enam minggu, pupuk bisa diganti dengan pupuk dengan kandungan P tinggi yang ditambah dengan Ca atau NPK 10-55-10 yang ditambah Ca. Setelah itu, pemupukan bisa Anda lakukan setiap 3 bulan sekali saja. 

Kamu bisa memberikannya dengan alat penyemprot pupuk agar daun dan cabangnya terkena pupuk secara merata.

Namun, jika di kemudian hari tanaman bunga Vinca Anda terserang jamur, maka segera ganti pupuk Anda dengan pupuk kompos dan jangan lupa untuk menyemprotkan fungisida dengan takaran yang pas. 

Lakukan pemotongan pada bagian bunga atau batang daun yang terserang jamur. Hal ini baik untuk menyelamatkan bagian bunga Vinca yang lain. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman dengan Benar Agar Tumbuh Subur

3. Atur Sistem Pengairan dan Posisi Tanaman

Kebutuhan air sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup, begitu pula dengan tanaman  bunga Vinca. 

Agar bunga tidak cepat layu, tentunya kamu harus mengatur sistem pengairan, atau setidaknya ada jadwal yang tetap dan teratur dalam melakukan penyiraman terhadap tanaman bunga Vinca.

Tak hanya sistem pengairan, saat iklim atau cuaca berubah lebih panas, maka kamu pun harus memperhatikan tanaman Vinca ini. 

Karena jika bunga Vinca dibiarkan terkena panas sinar matahari terlalu lama, bisa jadi ia akan cepat kekurangan air dan menjadi layu.

Oleh karenanya, harus dibuat atap agar bunga Vinca tidak terkena sinar matahari secara langsung, atau pindahkan Vinca ke tempat yang lebih teduh, manakala cuaca hari itu terasa sangat panas dan menyengat. 

Itulah cara merawat bunga Vinca yang bisa dilakukan di rumah. Bila kamu membutuhkan tips lainnya terkait dengan menanam bunga, silahkan cari di sini
English en