3 DIY Skincare dari Bunga Mawar

Bunga mawar tidak hanya indah dipajang di vas, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulitmu. Kulit yang lembab dan cerah tentunya menjadi dambaan setiap orang. Siapa sangka bunga mawar sudah sejak dulu digunakan dalam berbagai macam pengobatan tradisional dan juga memiliki banyak khasiat untuk kulit wajahmu.

Sebelum memulai pembuatan skincare alami ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:
- gunakan bunga mawar paling segar yang dapat kamu temukan, idealnya bunga yang baru dipetik di hari yang sama
- air mawar dapat kamu beli di toko-toko (carilah versi organik)
- pilih bunga mawar yang bebas dari pestisida 

Berikut ini 3 cara perawatan kecantikan menggunakan bunga mawar:

1. Fresh Rose Face Mask

Masker wajah memiliki jenis yang sangat beragam, tentunya dengan harga yang bervariasi. Apabila kamu ingin mencari alternatif yang lebih natural untuk merawat wajah, kamu bisa lho membuat masker wajah dari bunga mawar.

Cara pembuatan: Campurkan satu sendok teh madu, 6-8 kelopak mawar, 2 sendok teh air mawar dan satu sendok teh plain yogurt. Aduk merata sampai menjadi krim yang lembut.

Gunakan campuran ini pada wajah dan lehermu, tunggu sampai 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Wajahmu akan terasa lembab dan mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulitmu. Minyak natural dari bunga mawar membantu menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tetap halus.

Masker ini juga baik bagi yang memiliki kulit sensitif karena kandungan gula pada kelopak bunga dapat menenangkan kulit. Lakukan perawatan dua kali dalam sebulan untuk hasil yang maksimal.

2. Rose Toner

    Toner memiliki fungsi sebagai penyeimbang pH kulit, jadi tidak heran bila toner sangat berpengaruh dalam mencerahkan kulit. Bunga mawar dapat dijadikan bahan utama dalam pembuatan toner.

    Cara pembuatan: Tuangkan 1 gelas penuh kelopak mawar, tuangkan air bersih sampai menutupi semua kelopak. Rebus dengan api sedang sampai kelopak mawar mulai menjadi lebih pucat. Ini akan memakan waktu sekitar 60 menit. Setelah rebusan tersebut dingin, saring air dan peras kelopak mawar. Masukkan air rebusan ke dalam botol yang sudah steril.

    Sebagai astringent yang natural, mawar membantu mengecilkan pori-pori dan mengembalikan kekenyalan untuk kulit yang bercahaya. Tidak seperti toner berbasis alkohol pada umumnya, toner dari bunga mawar membuat kulit terasa halus dan tidak kering.

    3. Rose Lip Balm

      Ada banyak perawatan yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan bibir halus, lembut dan merah alami. Salah satu perawatan yang paling umum adalah dengan pengunaan lip balm.

      Cara pembuatan: Campurkan beberapa kelopak bunga mawar yang sudah dibilas dengan lilin lebah. Simpan dalam kontainer kecil yang tertutup agar mudah diaplikasikan sepanjang hari. Warna lip balm yang kamu buat akan menyesuaikan dengan warna kelopak mawar yang kamu pilih.

      Mawar memiliki kadar vitamin C yang tinggi, minyak dan protein yang membantu menjaga kulit tetap halus dan lembab. Selain itu, mawar juga memiliki retinol (vitamin A) yang dapat memperhalus kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

      Apakah kamu tertarik mencoba beberapa resep skincare di atas? Ternyata tidak hanya menyenangkan untuk dilihat ya, bunga mawar juga memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan kulit wajahmu.

      Apabila kamu membutuhkan buket bunga segar untuk acara-acara spesial, jangan ragu untuk menghubungi kami. Three Bouquets adalah online florist di Jakarta Barat yang siap memenuhi berbagai macam kebutuhan bunga dengan kualitas dan harga terbaik.

       

      English en