5 Alasan Membeli Buket Bunga

Pasti seringkali kita berpikir bunga bukanlah hadiah yang berguna. Apalagi kalau dibandingkan dengan jenis hadiah yang sudah jelas memiliki fungsi khusus seperti tas ataupun satu set alat makan. Jauh berbeda dengan sebuah buket bunga yang hanya akan menghabiskan waktunya di vas selama beberapa waktu sampai akhirnya terbuang percuma.

Terlepas dari kekurangan itu, bunga tetap menjadi hadiah yang umum untuk diberikan di berbagai kesempatan: sebagai ucapan ulang tahun, ucapan belasungkawa, hadiah saat menjenguk orang sakit, hari Valentine, dan lain sebagainya. Di waktu-waktu seperti itu bunga adalah pemberian yang pantas dan dihargai. Banyak orang merasakan kebahagiaan saat diberikan sebuah buket bunga.

Jadi sebenarnya ada apa dengan bunga? Kenapa kita suka memberi dan menerimanya? Berikut ini beberapa jawaban atas pertanyaan itu, yang mungkin juga bisa memberi kamu alasan lebih kuat untuk memberikan bunga:

1. Sudah menjadi tradisi sejak lama


Penggunaan rangkaian bunga sudah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Kalau kamu berpikir memberikan bunga pada pacarmu adalah sesuai yang kuno, itu hal yang benar. Paling tidak budaya ini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa peradaban pada jaman kuno seperti Mesir, Yunani dan Cina sangat menyukai kegiatan merangkai bunga. Tidak hanya untuk keperluan dekoratif saja, beberapa jenis bunga juga dipakai sebagai persembahan untuk kebutuhan religius. Orang-orang dari latar belakang yang berbeda meneruskan budaya ini sampai pada jaman sekarang, dan banyak arti-arti bunga yang berasal dari kebudayaan masa lampau.

2. Bunga membantu kita mengkomunikasikan perasaan


Kita memberikan buket bunga untuk seseorang karena ada sesuatu yang ingin kita sampaikan kepadanya. Tidak hanya menjadi tanda bahwa kita memikirkan orang tersebut, jenis bunga tertentu juga memiliki arti yang khusus.

Di Inggris pada era Victoria, memberi bunga adalah hal yang populer. Bahkan banyak buku-buku dibuat bertemakan "language of flowers". Hal ini terjadi karena orang-orang tidak diperbolehkan mengungkapkan perasaannya secara langsung, terutama kepada kekasih. Maka banyak orang menggunakan "flower dictionaries" (kamus bunga) untuk membuat buket bunga sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Bahasa bunga ini disebut dengan "floriography", yang masih dipakai sampai sekarang.

3. Bunga terlihat indah


Orang memakai bunga untuk mempercantik rumah, kantor, acara special dan bahkan diri mereka sendiri. Peneliti menemukan fakta bahwa manusia memiliki ketertarikan kepada bentuk simetris, warna cerah, dan bahkan wangi dari bunga tertentu. Sebagai hasil dari usaha manusia untuk mengembangbiakkan bunga yang mereka sukasi selama ribuan tahun, bunga yang masih bertahan sampai sekarang adalah bunga-bunga yang paling cantik dan menarik.

4. Bunga memberi efek positif pada manusia


Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui alasan kenapa manusia sangat menyukai bunga, dan banyak diantaranya yang menuju kepada satu kesimpulan: bunga membuat kita merasa bahagia. Memiliki tanaman dan bunga di sekitar kita meningkatkan kesehatan mental dan kinerja kognitif. Jadi jika kamu merasa tidak bersemangat di tempat kerja, cobalah membawa bunga untuk mencerahkan meja kamu. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat bunga lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

5. Kita tidak membeli bunga untuk diri sendiri


Beberapa orang bisa saja melalukannya, akan tetapi jarang sekali orang masuk ke toko bunga terdekat dan memilih buket bunga terbaik untuk dirinya sendiri (meskipun itu adalah ide yang sangat brilian). Lebih umum bagi kita menerima bunga sebagai hadiah yang diberikan oleh orang lain.

Ternyata bunga juga memiliki banyak manfaat yang positif, tidak hanya cantik untuk dilihat dan membawa kebahagiaan tapi juga meningkatkan kesehatan mental seseorang. Nah bagi kamu yang tidak pernah membeli bunga sebelumnya, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkannya. Kami, Three Bouquets, adalah toko bunga di Jakarta Barat yang menyediakan rangkaian bunga berkualitas dengan harga terbaik. Kami siap untuk membantumu mencerahkan hari orang-orang yang kamu sayangi.

English en