5 Bunga dan Tanaman untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Pasti ada di antara kita yang pernah merasakan bahagianya menerima buket bunga sebagai kado ulang tahun dan juga serunya merawat tanaman hidup, tidak hanya menyegarkan pikiran dan tubuh kita, tapi juga tidak pernah gagal menjadi konten yang menawan di feed Instagram-mu.

Tidak hanya itu lho efek positif dari kehadiran bunga dan tanaman. Kalau kamu sering merasa kesulitan tidur, sering merasa pusing, atau tidak bersemangat di pagi hari, kamu dapat mempertimbangkan untuk menaruh tanaman pot di dalam kamarmu.

Bunga dan tanaman membantu filtrasi polusi karbondioksida menjadi oksigen, juga menghilangkan racun kimia (benzena, formaldehida, trikloretilen, dll) dan efeknya yang ditemukan di rumah kita.

Seorang psikolog dan sleep expert, Hope Bastine, mengatakan, "Keindahan dari tanaman adalah bahwa mereka memiliki sistem penyaringan alami yang terbangun di dalamnya dengan tujuan untuk memurnikan." Kadar oksigen yang baik di dalam ruangan memberi efek positif untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Berikut beberapa jenis bunga dan tanaman yang dapat kamu tanam di dalam kamar tidurmu:

1. Melati


Bunga melati adalah tanaman yang memiliki efek relaksasi. Sebuah penelitian dari Wheeling Jesuit University, West Virgnia menemukan bahwa menghirup aroma melati sepanjang malam dapat menurunkan kadar kecemasan (anxiety) bahkan meningkatkan hasil tes kognitif di hari berikutnya.

Tempat terbaik untuk menaruhnya: melati adalah tanaman yang harus ditanam di luar ruangan, tapi masih dapat bertahan di dalam ruangan selama beberapa minggu. Taruhlah pot bunga melatimu di depan jendela kamar, sehingga kamu tetap dapat mencium wanginya.

2. Japanese Peace Lily


Tidak hanya indah dilihat, NASA menemukan bahwa tanaman ini dapat membersihkan ruanganmu dari sebagian besar racun berbahaya seperti benzena, trichloroethylene, dan formaldehyde. Peace Lily juga dapat meningkatkan kelembaban di ruangan sebesar 5%.

Tempat terbaik untuk menaruhnya: Peace Lily membutuhkan sedikit cahaya dan hanya perlu disiram seminggu sekali. Tanaman ini berbahaya apabila termakan, ada baiknya ditaruh pada rak yang lebih tinggi jauh dari bantal dan hewan peliharaanmu.

3. Anggrek


Bunga tropis ini membantumu tidur dengan memproduksi banyak oksigen. Seperti kebanyakan tanaman lainnya, anggrek menyerap karbondioksida di siang hari dan melepaskan oksigen di malam hari.

Tempat terbaik untuk menaruhnya: Letakkan anggrek pada meja di sebelah kasurmu. Kamu akan lebih mudah bernafas di malam hari dan disambut dengan keindahannya di pagi hari.

4. Lavender


Saat menghubungkan antara bunga dan tidur, lavender adalah pilihan yang paling umum dipakai untuk relaksasi. Wangi aromaterapi seperti yang ditemukan pada lavender mengaktifkan sistem saraf parasimpatis untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta menciptakan efek menenangkan pada tubuh.

Tempat terbaik untuk menaruhnya: lavender sangat membutuhkan sinar matahari dan tanah dengan drainase baik. Taruh tanaman ini di tempat yang cukup mendapat sinar matahari tapi juga cukup dekat dengan kasurmu.

5. Golden Pothos


Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam, lebih dikenal di Indonesia dengan nama tanaman Sirih Gading. Golden Pothos dapat menjadi alternatif pilihan yang baik untuk menyingkirkan karbondioksida dan formaldehyde, bahkan juga termasuk salah satu tanaman terbaik untuk membersihkan udara menurut penelitian udara bersih dari NASA.

Tempat terbaik untuk menaruhnya: letakkan Golden Pothos untuk mengisi kekosongan di kamarmu. Tanaman ini tidak memerlukan banyak sinar matahari dan memiliki daun menjulur yang indah bila digantung atau ditaruh di rak bukumu.

Nah sekarang waktunya bagi kamu untuk menentukan bunga atau tanaman favorit untuk membantumu tidur lebih nyenyak. Bagi kamu yang memerlukan buket bunga terbaik untuk mewarnai acara-acara spesial, jangan ragu untuk menghubungi kami. Three Bouquets, adalah toko bunga di Jakarta Barat yang menawarkan bunga dengan kualitas dan harga yang terbaik.

English en