5 Cara Agar Bunga Tidak Cepat Layu

Tidak hanya lukisan atau dekorasi unik yang bisa menghadirkan keindahan dalam ruangan tempat kamu menghabiskan waktu, rangkaian bunga segar juga dapat menjadi pilihan yang sempurna. Warna-warnanya yang cantik memiliki pesona tersendiri, wanginya yang segar juga dapat menenangkan hati dan pikiranmu. Sayangnya, seringkali bunga segar hanya bertahan satu atau dua hari sebelum akhirnya layu, padahal waktu maksimalnya adalah sekitar 5 hari. Ternyata ada lho cara menyimpan bunga segar supaya tahan lama, berikut tips yang bisa kamu coba:

1. Hindari wadah yang kotor

Siapkan wadah atau vas bunga yang bersih. Adanya mikroorganisme di wadah yang kurang bersih akan memicu pembusukan pada bunga. Lebih baik, pilihlah wadah yang berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat.

2. Letakkan di tempat yang sejuk

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk bisa membuat rangkaian bunga tidak layu adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk. Suhu yang terlalu panas akan membuat bunga menjadi layu dalam waktu singkat. Selain itu pastikan juga tempat penyimpanan tidak lembab karena bunga akan cepat busuk. Letakkan di ruangan yang ber-AC, bila ingin bunga segarmu bertahan lebih lama.

3. Hindari terpapar matahari secara langsung

Menaruh bunga dekat pintu atau jendela? Sah-sah saja asal kamu perhatikan apakah bungamu terpapar matahari langsung atau tidak. Karena bunga tertentu sangat sensitif dengan sinar matahari. Sayang bukan jika bunga itu harus layu dalam sehari? Sesuai dengan poin yang kedua, suhu panas sangat mempengaruhi bunga. Apalagi bila kamu meletakkannya tepat pada sorotan sinar matahari, hal ini jelas akan semakin mempercepat layunya rangkaian bunga dan mahkota bunga akan mengering. Kondisi ini akan lebih parah apabila kamu menyemprot bunga dengan air, karena penguapan akan langsung terjadi pada bagian bunga yang kamu semprot sehingga membuat kelopak bunga jadi menguning.

4. Rutin mengganti air

Selain ditata yang rapi di vas bersih, jangan lupa untuk rajin mengganti airnya apabila sudah terlihat keruh. Air yang tergenang dalam waktu lama akan menjadi tempat bakteri, jamur dan alga bersarang dan berkembang biak.

5. Potong sedikit ujung batang

Rangkaian bunga segar membutuhkan sirkulasi air untuk bisa bertahan hidup lebih lama. Caranya adalah dengan memotong ujung batangnya secara berkala setiap 1-2 hari sekali, agar proses penyerapan menjadi lebih baik. Potonglah setiap batang bunga setebal 5-10mm dengan posisi diagonal. Batang bunga yang sudah lama tidak dipotong akan mempercepat pembusukannya.

Nah sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir bunga-bungamu di rumah menjadi cepat layu. Namun apabila bunga kamu terlanjur layu, kamu juga bisa mendaur ulang bunga tersebut dan jadikan beberapa kreasi unik. Yuk percantik rumah ataupun ruang kerjamu dengan rangkaian bunga segar. Three Bouquets, florist Jakarta Barat, siap membantu menjawab kebutuhan bunga harianmu.

English en