5 Cara Mendaur Ulang Buket Bunga yang Sudah Layu

Pasti menyenangkan menerima buket bunga sebagai hadiah dari orang yang tersayang, warnanya yang indah dan wanginya yang harum tidak hanya mencerahkan hati tapi juga ruangan tempat kamu menaruhnya. Setelah 3-5 hari, buket bunga segarmu akan segera layu dan berubah warna. Tapi jangan khawatir, kamu dapat membuat berbagai macam kreasi dari buket bungamu. Entah itu sebagai dekorasi rumah atau membuat hadiah spesial untuk orang tersayang. Berikut 5 pilihan kreasi untuk memanfaatkan kembali buket bungamu:

1. Biarkan mengering

Cara membuat bunga kering sangat mudah, gantung buket bungamu dengan posisi terbalik dan biarkan sampai kering. Kamu bisa juga menggunakan silica gel dan kotak yang kedap, teknik ini dapat menjaga bentuk bunga dengan lebih baik. Buket bunga mawar akan tetap terlihat cantik saat segar maupun kering. Warna bunga kering membawa kesan vintage ke dalam dekorasi rumahmu. Ganti jenis vas dan letakkan buket bunga keringmu untuk menghias ruangan yang membutuhkan lebih banyak warna tapi tidak terjangkau sinar matahari.



2. Gantungkan di dinding atau jendela

Bunga kering dapat menambahkan keunikan di dinding dan jendela rumahmu. Kamu juga dapat menatanya seperti tirai dengan mengikatkan tali pada setiap tangkai.



3. Bingkai Bunga Keringmu

Ambil buket bunga dan tata di dalam bingkai sesuai kreasimu. Hasil jadinya dapat kamu pakai untuk mempercantik dinding dan rak di rumahmu.



4. Jadikan potpourri

Setelah kering, bunga dapat digunakan sebagai aromaterapi yang luar biasa. Pada proses pengeringan, kamu dapat mencampurkannya dengan berbagai jenis rempah-rempah (cengkeh, kayu manis, biji pala) dan ekstrak vanilla atau wewangian lainnya untuk membuat potpourri. Keringkan bunga dan bahan lainnya pada wadah dengan bahan kaca atau keramik di dalam ruangan dengan sirkulasi yang baik. Jangan letakkan langsung di bawah sinar matahari, karena wanginya akan cepat memudar. Setelah kering, masukkan semua bahan-bahan ke dalam wadah dan tutup dengan kain tipis. Pengharum ruangan alami milikmu sudah selesai dan siap dipakai.



5. Buat kreasi pressed flowers

Kamu dapat memakai pressed flowers untuk berbagai jenis kreasi seperti lukisan, pembatas buku, kartu ucapan, undangan dan lain sebagainya. Cara membuat pressed flowers cukup mudah. Cukup taruh bungamu dalam posisi yang kamu inginkan dan tekan dengan buku yang cukup tebal, tunggu sampai bungamu mengering. Hasil pengeringan dapat kamu susun sesuai keinginan hatimu.

Tidak perlu sayang menyimpan buket bunga dari orang yang spesial, kamu masih tetap dapat menjadikannya kenangan yang berharga dalam bentuk yang berbeda. Kehadiran rangkaian bunga tidak pernah gagal untuk mewarnai momen spesialmu. Kami, Three Bouquets sebagai online florist Jakarta Barat, dengan senang hati memenuhi kebutuhan rangkaian bunga untuk orang-orang yang tersayang. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mengkonsultasikan kebutuhan kamu ya.

English en