Begini 6 Cara Merawat Bunga Mawar dengan Benar


Adanya taman di halaman rumah tentu akan memberikan kesan nan menawan, apalagi jika kita menanam bunga mawar di sana. Akan tetapi, seringkali kita melihat bunga mawar yang ditanam tumbuh sangat lama bahkan cenderung layu, walaupun kita merasa sudah melakukannya dengan benar. 

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau cara merawat bunga mawar yang bisa kita lakukan supaya bunga mawar yang kita tanam bisa terlihat.

1. Perhatikan Cara Penyiraman Bunga

Pertama, hal yang penting harus kamu lakukan untuk merawat bunga mawar adalah dengan melakukan penyiraman dengan benar.

Seperti yang kita ketahui bahwa air merupakan sumber kebutuhan utama dalam proses pertumbuhan, kualitas air sangat berperan menentukan pertumbuhan bunga supaya dapat mempercepat larutnya unsur hara yang nantinya akan diserap akar mawar dan mengatur kondisi udara sekitar. 

Sama halnya seperti tanaman umumnya, rutinitas untuk penyiraman dilakukan dua kali dalam satu hari yaitu pagi dan juga sore hari. Selain itu jumlah airnya pun dialirkan tergantung tingkat kebasahan tanah serta umur tanaman dirumahmu. Selain itu penyiraman juga bisa disesuaikan sesuai keadaan juga.

2. Buang Tumbuhan Parasit yang Ada di Sekitar

Bunga mawar akan sering berbunga apabila asupan nutrisinya tercukupi. Maka dari itu, alangkah baiknya kita harus lebih sering untuk menghilangkan tanaman pengganggu atau juga sering kali disebut Gulma. 

Parasit ini sering kali muncul, jadi kamu harus sering membersihkannya dengan cara dicabut sampai ke akar–akarnya karena jika tidak tentu nutrisi yang diserap mawar akan terbagi dengan gulma. Kegiatan tersebut dapat kita lakukan 3 hari atau seminggu sekali dan jagan lupa untuk menambahkan pupuk baru pada bunga mawar..

Baca juga: Pilih Warna Mawar Terbaik untuk Orang Favoritmu

3. Pemupukan

Pemupukan merupakan proses untuk memperbaiki kualitas dari tanaman dengan cara memberikan berbagai unsur hara, baik itu melalui tanah ataupun langsung dengan melakukan penyemprotan. Nah kegiatan hal ini alangkah baiknya dilakukan setelah tanaman liar atau gulma di sekitar tanaman mawar dibersihkan.

Untuk pemupukan sendiri bisa dilakukan 2 minggu sekali dengan menggunakan pupuk khusus. Nah, dengan pupuk tersebut bisa membantu bunga mawar tumbuh sehat, meningkatkan kesuburan pertumbuhan daun, serta kekebalan tanaman.

4. Cahaya Sinar Matahari

Selain air, matahari juga memiliki peranan yang penting untuk pertumbuhan bunga mawar, dengan adanya sinar matahari, dapat merangsang terjadinya pembungaan. Sebagian orang beranggapan penyinaran matahari untuk bunga mawar tidaklah terlalu penting, namun kenyataanya sinar matahari menjadi penting karena bisa membuat bunga seringkali mekar dengan kualitas terbaik.

5. Jangan Lupa untuk Pangkas Batang dan Daun

Perlu diingat dalam merawat bunga mawar, memangkas daun dan batang tanaman bunga mawar adalah hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk membuat bunga mawar tumbuh cabang dan daun baru agar lebih lebat.

Baca juga: Makna Tersembunyi Dibalik Bunga Mawar Putih!

6. Buat Pagar untuk Tanaman Bunga Mawar

Bila kamu memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, bukan hal yang tidak mungkin ketika bermain-main, mereka akan menginjak atau merusak bunga mawar yang sedang di budidayakan.

Memang sebaiknya dibuat pagar pembatas agar anak-anak ataupun hewan peliharaan tidak sembarang bermain di taman bunga.

Itulah beberapa tips untuk merawat bunga mawar. Bila kamu sedang mencari bunga mawar dengan kualitas terbaik, kami dapat membantu kamu untuk mendapatkannya.

Threebouquets.com menyediakan berbagai macam bunga mawar, bunga lily, bunga anggrek, aster, tulip, dan masih banyak lainnya.

English en