7 Kegiatan #diRumahAja selama Masa Karantina

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah mulai menerapkan PSBB, di Jakarta sendiri seruan untuk tinggal di rumah sudah dianjurkan lebih dari 1 bulan lalu. Untuk banyak daripada kita, masa karantina ini adalah pengalaman yang baru dan dapat berdampak pada penurunan kesehatan mental. Jarang sekali kita harus melewati hari-hari dengan bekerja dari rumah, hanya pergi untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan terhalang untuk menemui sahabat, kerabat atau orang-orang lain yang kita sayangi.

Mungkin hari-hari ini kamu mulai bosan dan sudah habis ide harus melakukan apalagi selagi kamu banyak sekali waktu di rumah? Berhari-hari maraton nonton Netflix dan scrolling instagram bukan pilihan terbaik untuk kesehatan mentalmu. Nah, selagi kita sedang menyesuaikan diri dengan kondisi baru ini, berikut beberapa ide kegiatan untuk menjadikan waktu luangmu lebih bermanfaat.

Tanyakan kepada dirimu tiga pertanyaan ini sebelum memulai hari:
Sebagai manusia, kesehatan emosi adalah hal yang esensial untuk kehidupan kita. Menurut majalah Time, isolasi dapat memberikan pengaruh secara fisik kepada kesehatan jantung. Terbukti juga dengan banyaknya studi dari bidang psikologi dan kesehatan mengenai strategi untuk menghadapi isolasi dan rasa kesepian.

- Sebutkan 3 hal yang ingin kamu capai hari ini. Tuliskan jawabannya.
- Sebutkan 2 hal yang membuatmu bahagia hari ini.
- Siapa orang yang perlu kamu hubungi untuk menanyakan keadaannya?

1. Cobalah Berolahraga Ringan di rumah

Di masa seperti ini, wajar kalau kamu merasa lebih stress dari biasanya. Tinggal di rumah dengan ruang gerak yang terbatas bisa jadi hal yang sulit. Mulai harimu dengan olahraga kecil seperti stretching, yoga, atau bodyweight exercise dapat meringankan rasa stress, mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur dan staminamu. Sempatkan waktu untuk mencari video tutorial olahraga di rumah yang dapat kamu ikuti setiap harinya.



2. WFH? Pastikan Ruang Kerjamu Tertata dan Bersih

Ruang kerja yang tertata dan bersih dapat meningkatkan produktifitasmu. Ruang yang berantakan seringkali menambah beban stress, meskipun kamu tidak selalu menyadarinya. Sempatkan beberapa menit untuk membuang barang-barang yang kamu tidak perlu dan merapikan kamarmu setiap hari dapat memberikan beberapa keuntungan: lebih percaya diri, efisien, pemanfaatan waktu yang baik, dan lebih fokus. Apabila kamu memiliki ruang kerja yang kecil dan mulai terasa membosankan, cobalah meletakkan rangkaian bunga di meja kerja atau posisi strategis di kamarmu. Pilihlah warna-warna cerah seperti bunga matahari, bunga mawar merah, dan bunga lily. Kehadiran bunga-bunga ini memiliki efek positif lho untuk kesehatan mental dan produktifitasmu.



3. Video Call dengan 2 orang berbeda setiap harinya

Riset membuktikan bahwa interaksi sosial meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Meskipun terlalu banyak interaksi juga dapat memicu stress, terutama bagi mereka yang tergolong introvert. Menjaga interaksi sosial harian pada level yang wajar adalah kuncinya.

Banyak diantara kita yang merindukan keluargan dan teman di masa seperti ini. Selagi kita harus menjaga jarak sosial secara fisik, kita masih dapat memanfaatkan teknologi untuk menghubungi orang-orang yang tersayang. Mengusahakan untuk tetap menghubungi kerabat dan sahabat kita sangat penting untuk menjaga hubungan dan membantu kita tidak fokus kepada masalah dan kebosanan yang kita rasakan.



4. Cek Restoran yang sedang Diskon

Dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan jasa delivery makanan, kamu masih bisa memesan makanan dari restoran favoritmu. Banyak restoran yang memberikan diskon besar-besaran. Sekarang saatnya kamu membuka aplikasimu dan menikmati makanan favorit dengan harga yang miring.



5. Menulis

Kita harus mengakui banyak hal yang kurang mengenakkan terjadi sejak awal tahun 2020 ini. Adalah hal yang wajar kalau kamu merasa down dan kurang termotivasi. Kalau kamu mengalami masa yang sulit untuk menghadapi segala hal ini dan merasa sedih, khawatir, cemas berlebihan, kamu dapat mempertimbangkan untuk merefleksikan dan mengungkapkan semua perasaanmu lewat tulisan.

Kamu juga dapat merefleksikan hal-hal baik yang sudah kamu alami di tahun ini. Entah itu pencapaian yang kamu raih, bucket list yang sudah terpenuhi, dan rancangan kamu untuk hal-hal yang ingin kamu lakukan di masa depan.



Untuk Akhir Pekan...


6. Hari Sabtu: Kunjungi Museum Virtual atau Taman Bermain

Mencari hiburan selama waktu seperti ini dapat menjadi hal yang menantang. Keinginanmu keluar rumah menjadi semakin besar dan kamu sudah scrolling Instagram kurang lebih 50 kali selama beberapa jam. Jangan putus asa, di jaman sekarang ini kamu bisa "jalan-jalan" ke museum di komputermu, beberapa contoh tempat hiburan yang dapat kamu kunjungi secara virtual adalah: The Met, Disney World, dan Smithsonian.



7. Hari Minggu: Dengarkan Kotbah Keagamaan atau Bermeditasi

Mendengarkan kotbah dapat membantumu tetap terhubung dan berharap kepada yang Maha Esa. Hal ini mendatangkan kedamaian di hatimu dan mengingatkanmu pada iman percaya yang kamu pegang. Bermeditasi juga adalah cara yang sangat membantumu melepaskan stress. Dengan kondisi rohani yang sehat kamu akan tidak mudah cemas, sehat secara emosional, meningkatkan kesadaran akan diri kamu sendiri dan menghasilkan kebaikan pada orang sekitarmu.

Dengan tetap berada di rumah, kamu membantu menekan penyebaran covid-19. Isolasi dan karantina adalah faktor yang besar untuk mengalahkan penyakit ini. Meskipun kondisi sekarang bisa jadi membuatmu stress, langkah pencegahan ini tetap perlu dilakukan sambil berharap kita dapat kembali ke rutinitas biasa secepatnya.

Bagi kamu yang ingin menceriakan harimu dengan bunga-bunga yang cantik, Three Bouquets, sebagai toko bunga di Jakarta Barat masih melayani pengantaran bunga dari jam 7 pagi sampai dengan 12 siang. Jangan ragu untuk menghubungi kami, kami akan dengan senang hati melayani kebutuhanmu.

English en