Memahami Makna dan Filosofi Bunga Krisan Serta Jenis-Jenisnya

Banyak orang yang bahkan dengan sengaja menanam tumbuhan-tumbuhan bunga di lingkungan rumahnya untuk menambah keindahan pekarangan rumah. Ada ribuan jenis bunga yang tumbuh di berbagai penjuru dunia, salah satunya adalah bunga krisan atau yang dikenal dengan nama bunga chrysanthemum atau bunga krisan atau seruni.

Cara Merawat Bunga Krisan

Cara merawat bunga krisan sendiri sebenarnya cukup mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus. Agar tumbuh maksimal tanaman ini hanya membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup. Terlalu banyak sinar matahari akan membuat dia layu sementara kelebihan air akan membuatnya membusuk.

Bunga krisan merupakan salah satu bunga yang dikagumi bukan hanya karena keindahannya saja, melainkan juga karena keharumannya. Sehingga jangan heran jika bunga ini juga seringkali digunakan sebagai bahan dekorasi.

Selain itu keunikan dari bunga ini adalah dapat dikonsumsi. Umumnya orang mengolah krisan menjadi teh krisan yang memiliki sejumlah manfaat seperti meredakan flu hingga menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa jenis krisan yang sering ditanam antara lain:

1. Krisan Carinatum

Ciri khas dari krisan jenis ini adalah warnanya, dimana krisan carinatum biasanya terlihat seperti berlapis karena ada 2-3 warna pada kelopaknya.

2. Krisan Inodorum

Bentuk yang indah, Ukurannya yang mungil, paduan warna putih pada kelopak dan kuning pada bagian tengahnya membuat jenis krisan yang satu ini menjadi idola. Jenis krisan ini juga yang paling sering digunakan untuk buket bunga.

Baca juga: Arti Bunga Tulip - Filosofi dan Makna dari Setiap Warna

3. Krisan Segentum

Sekilas krisan jenis ini mirip dengan bunga matahari namun dengan ukuran yang lebih kecil. Berwarna kuning cerah dan  bergerombol membuat bunga ini sangat cocok untuk pemanis taman rumah anda.

4. Krisan Maximum

Penamaan Maximum pada krisan jenis ini dilandasi dari tinggi tanaman yang memang lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Bunganya berwarna putih bersih dengan bagian tengah berwarna kuning mirip inodorum namu bentuk kelopaknya saja yang berbeda. Krisan jenis ini biasanya dijadikan pagar taman. 

5. Krisan Pom Pom

Memiliki kelopak yang berlapis lapis sehingga mirip dengan pompom. Ukuran bunganya pun cukup besar bisa berdiameter hingga 10 cm. Warna bunga krisan jenis ini pun beragam ada putih, kuning dan ungu.

Bunga chrysanthemum sendiri dikenal memiliki berbagai makna di beberapa negara. Di Cina, krisan merupakan simbol dari kebangsawanan. Sementara itu masyarakat Jepang percaya, bahwa bunga ini dapat memanjangkan umur.

Makna Bunga Krisan

Makna dari bunga krisan ini juga dibedakan berdasarkan warnanya, diantaranya :

  • Krisan kuning memiliki makna optimisme, kegembiraan, cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan
  • Krisan ungu memiliki makna semangat untuk memiliki hidup yang sehat
  • Krisan putih memiliki makna kesetiaan dan kejujuran

Baca juga: Arti Bunga Hydrangea

Arti Bunga Krisan

Bukan hanya makna yang terkandung di dalamnya, beberapa warna bunga krisan juga memiliki arti atau maksud tertentu. Bunga krisan merah biasanya memiliki arti cinta atau sayang terhadap lawan jenis, sedangkan krisan perak menunjukkan rasa sayang terhadap sahabat.

Jika Anda mau memberikan bunga ini kepada kekasih Anda maka sangat disarankan jika Anda menggunakan krisan berwarna merah dan jangan sampai menggunakan krisan berwarna kuning.

Filosofi Bunga Krisan Berdasarkan Warna

Bukan hanya memiliki makna dari jenis warnanya, namun jumlah bunga yang diberikan juga memiliki filosofinya sendiri.

1 tangkai bunga krisan mewakili pernyataan cinta yang berarti cinta satu-satunya hanya ada antara sang pemberi dan penerima bunga. Sedangkan 12 tangkai krisan melambangkan penyatuan dua hati.

13 tangkai bunga krisan biasanya diberikan sebagai bentuk pernyataan bahwa pemberi bunga adalah pengagum rahasia dari penerima bunga. Sedangkan jika Anda memberikan 24 tangkai krisan, hal ini melambangkan bahwa penerima bunga tersebut selalu ada dalam pikiran Anda setiap hari selama 24 jam.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesegaran Bunga, Bahkan Setelah 1 Minggu

Ciri-Ciri Bunga Krisan

Bunga dengan banyak makna dan manfaat ini memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya memiliki batang yang cukup kekar serta akar yang berbentuk serabut. Dalam satu tangkai bunga, terdapat 10 hingga 20 kuntum bunga ukuran kecil jika krisan tersebut termasuk dalam jenis krisan spray. Sedangkan krisan standar hanya memiliki 1 kuntum di setiap tangkainya.

Bagi Anda yang ingin memberikan bunga sebagai salah satu hadiah bagi keluarga atau orang terkasih, Anda bisa memilih bunga krisan. Dengan memilih bunga yang satu ini, Anda bisa menyatakan perasaan Anda secara gamblang dan tulus.

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Bunga Matahari

English en