Bunga Kamboja - Ciri, Jenis, Arti, dan Filosofi

Ciri, Jenis, Arti, dan Filosofi Bunga Kamboja

Beberapa masyarakat tertentu  menganggap bunga kamboja identik dengan hal-hal mistis. Di Indonesia, pohon kamboja sangat populer di pulau Bali, hampir seluruh perkampungan dan Pura di Bali memiliki pohon kamboja ini.

Tanaman ini bisa ditemukan di area  pemakaman. Tujuan sebenarnya adalah sebagai tempat berteduh, namun sayangnya hal tersebut sering disalah artikan oleh beberapa orang atau kalangan masyarakat tertentu.

Ciri–Ciri Bunga Kamboja

Bunga kamboja memiliki wangi yang khas, mahkota bunganya ada yang berwarna putih hingga merah keunguan. Setiap bunga memiliki jumlah kelopak sebanyak 5 helai, namun ada juga yang jumlahnya 4 atau 6 helai. Semua kelopak tersebut berukuran sama dan umumnya bunga ini tumbuh  dengan cara bergerombol di setiap ujung cabang pohon kamboja.

Bunga ini juga berbentuk seperti corong yang tumbuh di bagian ujung ranting. Mahkotanya ada yang berwarna putih dan merah. Untuk varietas bunganya sendiri ada banyak sekali.

Baca juga: Ketahui Karaktermu Menurut Bunga Favoritmu

Jenis Bunga Kamboja

Jenis bunga kamboja ada bermacam-macam, diantaranya:

1. Plumeria Bali-Whirl

Bunga dengan bentuk mahkota yang bertumpuk.

2. Plumeria Acuminata

Yang memiliki bentuk mahkota bulat dan bagian ujungnya yang menggulung ke dalam.

3. Plumeria Acutifolia

bunga ini memiliki ciri khas baunya yang harum dan bermanfaat bagi kesehatan sebagai obat kencing nanah, bisul, dan bengkak. Jenis bunga ini juga dapat digunakan untuk upacara keagamaan yang dilakukan oleh orang Bali.

4. Plumeria Cendana

Ciri khas bunga ini adalah getahnya mengandung racun dan dapat membuat gatal seketika.

5. Plumeria Kok Putih

Jenis bunga kamboja yang lain adalah jenis Plumeria Kok Putih, bunga ini dapat tetap terlihat kuncup meski sudah mekar.

6. Adenium Obesum atau Kamboja Jepang

Meski demikian, bunga ini bukan berasal dari Jepang melainkan dari Benua Afrika, tepatnya Kenya, Tanzania, dan Uganda. Bunga ini dapat bertahan hidup meski tumbuh di padang pasir, itulah sebabnya bunga ini terkenal dengan sebutan The Rose of Desert.

Baca juga: 7 Jenis Bunga & Tanaman yang Dipercaya Dapat Membawa Rezeki, Benarkah?

Arti dan Makna Bunga Kamboja

Di berbagai negara belahan dunia, bunga kamboja memiliki arti dan makna yang berbeda-beda. Seperti dalam agama Hindu, kamboja dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian. Sedangkan dalam agama Buddha, bunga ini berarti simbol keabadian. Hal ini juga karena bunga kamboja tidak cepat layu, meskipun pohonnya telah tumbang.

Ada fakta menarik lainnya, bunga ini dapat ditemukan pada kehidupan suku bangsa Maya Kuno yang digunakan sebagai lambang kehidupan dan kelahiran. Sedangkan di beberapa kebudayaan negara di dunia, seperti contohnya Hawaii, bunga ini memiliki makna melambangkan sesuatu yang positif.

Di beberapa daerah di India Selatan, bunga kamboja digunakan dalam pernikahan, bunga ini juga dikenakan pada rambut pengantin wanita. Dalam budaya Cina, bunga kamboja bisa berhubungan dengan cinta. Namun berbeda dengan di Vietnam, bunga ini digunakan untuk obat radang kulit dan sebagai penyembuh.

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Bunga Matahari

Filosofi Bunga Kamboja

Berdasarkan agama Hindu, kamboja memiliki filosofi, apabila dilihat dari proses berbunganya. Proses bunga yang terjadi pada sasih kapat (bulan purnama keempat), dipercaya sebagai bulan baik. Tak heran jika masyarakat Bali menganggap kamboja sebagai “sari alam”.

Demikian ulasan tentang bunga kamboja, bunga dengan beragam arti dan maknanya yang jarang diketahui orang. Semoga bermanfaat dan memberi tambahan pengetahuan.

English en