Bunga Lavender - Ciri, Arti, Makna, Filosofi dan Jenis-Jenisnya

Nama bunga lavender tentu tidak asing bagi kita. Kamu bisa menemukan nama lavender di berbagai produk, seperti di pengharum ruangan, pengusir serangga, hingga pelicin pakaian. Manfaat bunga berwarna ungu ini sudah sangat dikenal sejak dulu, apalagi bunga ini sangat wangi dan mampu mengusir nyamuk. 

Selain memiliki manfaat yang cukup banyak, bunga ini juga sangat indah jika dijadikan sebagai hiasan. Bunga ini sekilas seperti rumput, karena memang lavender tergolong dalam keluarga rumput-rumputan dengan bunga yang berwarna ungu dan menyirip dan ditutupi bulu-bulu yang halus. Pada umumnya, bunga ini berwarna ungu, tapi ternyata juga masih ada warna lain seperti biru, putih dan kuning.

Untuk merawat dan menanamnya pun sangat mudah. Bunga ini bisa ditanam di halaman rumah atau bahkan di dalam rumah dengan menggunakan pot. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang bunga lavender.

1. Ciri-Ciri

  • Batangnya berbentuk bulat dan lonjong dengan diameter 3 sampai 4 mm. Batangnya tegak dan bisa tumbuh dengan tinggi 60 hingga 80 cm.
  • Akarnya memiliki tunggang berserat dengan panjang 1 hingga 2 meter dengan warna akarnya putih kotor hingga kecoklatan.
  • Daun lavender berbentuk oval dan juga bisa lonjong dengan bagian ujung yang runcing. Di daun bagian pinggir agak bergerigi, tetapi permukaan daunnya halus.

2. Arti

Bunga lavender memiliki arti yang sangat dalam, yaitu melambangkan pengabdian, kesucian dan juga cinta. Sangat dalam bukan?

3. Makna

Tak kalah romantisnya, bunga ini juga memiliki makna yang sangat dalam, yaitu melambangkan pertumbuhan seorang wanita dan juga menunjukkan kenggunan. Selain itu, bunga ini memiliki varian warna ungu yang sangat feminim. Di Eropa warna ungu dianggap sebagai warna yang mewah dan banyak dipakai oleh kerajaan.

Namun sayangnya, belum banyak yang menjadikan bunga ini sebagai bunga favorit. Hanya sedikit orang saja yang menyukainya dan tentunya tak banyak orang juga yang tahu tentang makna bunga ini.

4. Filosofi 

Secara filosofi, bunga lavender melambangkan keindahan, kekaguman dan kesendirian. Bunga ini juga sebagai tanda kasih karunia, keanggunan dan perbaikan.

5. Jenis-Jenis

Bunga dengan genus tumbuhan berbunga dan tergolong genus Lamiaceae dengan 25 hingga 30 spesies. Adapun beberapa jenis dari bunga yang berasal dari perancis ini akan dibahas diawah ini:

  • Salvia officinalis (lavender Spanyol), daunnya berwarna ke abu-abuan dan bunganya berwarna merah muda dan ungu serta akan mucul pada awal musim panas dan akhir musim semi.
  • Lavandula multifida (lavender Mesir), memiliki batang dengan warna abu-abu dan juga berbulu, bunganya berwarna violet biru atau ungu atau biru tua, serta pada daunnya terdapat sirip ganda.
  • Lavandula pinnata (fernleaf lavender), biasanya bunga lavender jenis ini berwarna ungu pada bunganya dan biasanya akan mekar pada musim panas.
  • Salvia apiana (lavender putih), biasanya digunakan untuk upacara-upacara dan ritual di beberapa suku di Amerika.
  • Lavender dentata (lavender Perancis), daunnya berwarna hijau ke abu-abuan dan bunganya berwarna ungu dengan warna di pinggirannya sedikit pucat.
  • Lavandula angustifolia, daunnya berwarna hiju dan bunganya berwarna merah muda dan ungu.
  • Lavandula pedunculata, dengan daun berwarna hijau ke abu-abuan dan sedikit bergerigi di pinggirnya. Warna pada  bunganya yaitu ungu dan merah muda.

Nah itulah tadi beberapa informasi tentang bunga lavender yang memiliki banyak manfaat itu. Selain bunganya yang indah, bunga ini juga bisa dijadikan aromaterapi. Jadi, apakah kamu berniat untuk memberikan bunga ini kepada seseorang?

Baca juga:

Mengenal Lebih Dekat Bunga Edelweis

Mengenal Berbagai Macam Warna Bunga Lily

Arti Bunga Tulip - Filosofi dan Makna dari Setiap Warna

English en