Bunga Petunia – Ciri, Jenis, dan Maknanya

Bunga Petunia – Ciri, Jenis, dan Maknanya

Apakah kamu sedang mencari tanaman hias yang dapat tumbuh dengan subur, jika ditanam di tempat yang cuacanya panas? Nah, salah satu jenisnya yakni adalah bunga Petunia. 

Bunga Petunia berwarna ungu muda dan memiliki nama latin Violacea, sedangkan ada juga persilangan yang dihasilkan antara tanaman yang satu ini bernama Petunia Hybrida

Bunga petunia berasal dari Amerika Selatan yang merupakan anggota keluarga Solanaceae yang terdiri atas keluarga kentang, tomat, kecubung, serta spesies sejenisnya.

Nah, meski dapat tumbuh cepat dalam tanah subur, namun tetap wajib terkena matahari secara cukup seperti tanaman pada umumnya ya. 

Tetapi, ada fakta yang cukup menyedihkan, karena bunga ini tidaklah memiliki umur panjang, melainkan masa pertumbuhannya hanya bisa satu kali saja ketika hidup.

Jadi setelah mati, maka kita pun harus menggantinya dengan tanaman yang baru. 

Ciri-Ciri dari Bunga Petunia yang Khas

Meski tumbuh tidak terlalu tinggi, namun bunga yang lebat ini sudah begitu bisa memancarkan keindahan bagi yang melihatnya. 

Berbentuk terompet dengan bermacam warna yang menghiasi, membuat ia beda dari yang lain. Dedaunan yang terdapat diantara bunga-bunga ini pun bercabang dan berbulu.

Baca juga: Bunga Aster - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

Berbagai Jenis dari Petunia

Bunga petunia memiliki beragam jenis dengan tingginya yang berbeda-beda. Namun, yang paling sering kita lihat adalah yang pendek, tapi mekar dengan lebat dan berwarna-warni. 

Sebagai contoh, bunga petunia yang bisa dikelompokkan dari cara mekarnya yaitu bisa tunggal dan ganda, kemudian cipratan atau linier, dan bahkan pola warna yang tunggal. 

Dari berbagai macam variasi warna nantinya, maka bisa kamu lihat lama-lama akan bermunculan beberapa warna unik tiba-tiba.

Yaitu putih, merah, ungu, kuning, biru muda, merah muda, bahkan hampir segala warna dapat muncul pada bunga ini termasuk juga warna hitam yang spesial. Mengapa begitu? Karena, bunga petunia jarang sekali ada yang berwarna hitam. 

Baca juga: Bunga Kamboja - Ciri, Jenis, Arti, dan Filosofi

Arti dan Makna Filosofis Bunga Petunia

Bunga Petunia dapat memiliki banyak arti filosofis. Yang pertama dapat diartikan sebagai suatu kebencian dan kemarahan bila diberikan dari orang sedang mempunyai masalah perselisihan dengan kamu.

Yang kedua, bila ada orang yang tidak memiliki kebencian dengan kamu memberikan bunga ini itu bisa dimaknai bahwa kamu dicintai oleh orang tersebut dan berharap agar kamu bisa sukses serta berhasil di masa mendatang.

Wah, sangat multi tafsir sekali ya makna bunga petunia ini!

Karena memiliki beragam makna, bunga petunia juga bisa diberikan dalam acara pernikahan, wisuda kelulusan, hari ibu, dan lain sebagainya.

Jika kamu sedang mencari berbagai bunga untuk momen spesial, kamu bisa menemukannya di website Three Bouquets.

Kami menyediakan berbagai macam rangkaian bunga kualitas premium dengan harga terjangkau yang bisa diberikan untuk momen spesial, seperti acara ulang tahun, pernikahan, duka cita, valentine, dsb.

Kamu bisa memesan bunga secara online langsung dari website ini, setelah pembayaran dikonfirmasi, bunga akan langsung dikirimkan, agar kualitas dan kesegaran bunga tetap terjaga dengan baik.

Apabila ada pertanyaan, kamu bisa melihat halaman FAQ atau menghubungi kami secara langsung di sini.


Baca juga: 

Bunga Gerbera - Ciri, Jenis, Filosofi, Arti, dan Makna Warnanya

4 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta Abadi

4 Jenis Bunga Sebagai Simbol Duka Cita

Sejarah Hari Valentine

English en