Kenalan dengan Bunga Ruellia, Si Tanaman Hias Kaya Manfaat

cara menanam bunga ruellia

Nama bunga ruellia mungkin kurang familiar di telinga masyarakat tanah air. Namun ketika melihat bunganya, hampir semua orang pasti sangat mengenal ruellia yang juga disebut bunga kencana ini. 

Pasalnya, biji bunga kencana dulu sangat sering digunakan bermain oleh anak anak karena bisa memberikan sensasi meledak.

Lebih Dekat dengan Bunga Ruellia

Bunga kencana atau ruellia berasal dari keluarga acanthaceae, yang sebenarnya merupakan bunga liar dan begitu mudah dijumpai di padang rumput maupun pinggir jalan. 

Terlebih di daerah tropis seperti Indonesia, kencana bisa tumbuh dengan begitu subur. Bunganya sendiri ada yang berwarna putih, merah, biru, dan ungu.

Namun yang paling sering ditemukan adalah kencana ungu atau ruellia simplex, yang mana jenis ini pula yang terkenal memiliki buah kering dengan sensasi meledak atau meletup apabila diletakkan di dalam air. 

Itulah mengapa anak anak zaman dahulu sering menyebutnya sebagai pletekan, pletikan, ceplesan, dan lain sebagainya.

Tanaman liar yang mudah berbunga tanpa memandang musim ini begitu populer dijadikan sebagai tanaman hias. Sebab selalu berbunga sepanjang tahun, sehingga membuat rumah terus tampak indah ketika memilikinya. 

Terlebih penanaman dan perawatan bunga ruellia terbilang sangat mudah, ditambah dengan manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Bunga Camelia - Ciri, Arti, Makna Filosofis, dan Jenisnya

Manfaat Bunga Ruellia

1. Mengobati Batuk

Batuk menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menghampiri masyarakat, terutama ketika cuaca sedang tidak menentu atau pada saat perubahan musim. 

Meski terlihat cukup ringan, namun batuk bisa begitu mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, kencana ungu ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan bunga kencana secara rutin.

2. Menormalkan Gula Darah

Selain mengobati batuk, bagian daun dari kencana ungu bisa digunakan untuk membantu menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh. Ini tentu sangat berguna bagi para penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi. 

Cara memanfaatkannya tidak jauh berbeda, yaitu dengan merebus daun kencana dengan air secukupnya kemudian saring dan diminum.

3. Mencegah Hipertensi

Manfaat bunga ruellia berikutnya yaitu dapat membantu mencegah hipertensi. Untuk fungsi satu ini, yang digunakan adalah bagian bunga. Gunakan kurang lebih 12 bunga segar dari ruellia untuk direbus bersama dengan satu liter air. 

Setelah mendidih, saring dan minum air rebusan bunga tersebut pada pagi hari dan sore hari. Selain ketiga manfaat ini, sebenarnya banyak sekali manfaat lainnya dari ruellia sehingga bunga ini disebut pula sebagai tanaman herbal atau sebagai obat. 

Kendati demikian, penggunaan ruellia juga harus hati hati. Sebaiknya jangan pernah menggunakan tanaman yang anda petik di jalan, karena beberapa diketahui juga beracun.

Baca Juga: Mengenal Bunga Zinnia dari Klasifikasi, Manfaat serta Jenisnya

Cara Menanam Bunga Kencana

Seperti yang telah disebutkan, ruellia merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh bahkan di pinggir jalan. Jadi cara menanam bunga satu ini tentu sangat mudah, bahkan memperbanyaknya juga tidak sulit. 

Cara menanam bunga ruellia yang pertama yaitu anda perlu menyiapkan lokasi ideal sebagai media tanam, yakni area yang terpapar sinar matahari penuh.

Untuk perawatannya, jangan lupakan pemberian air dan juga pupuk jenis fosfor. Lakukan pula pemangkasan daun apabila sudah memudah dan tua. Hal ini dilakukan agar bunga yang dihasilkan terlihat lebih cantik.

Sementara itu, memperbanyak bunga kenca bisa dilakukan melalui biji, divisi akar, maupun stek vegetatif.

Meski sangat mudah ditanam, bunga bunga bermekaran ini hanya bertahan selama kurang lebih tiga hari kemudian layu. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab ruellia akan segera kembali berbunga. 

Sehingga keberadaan dari bunga kencana ini akan terus terlihat sepanjang tahun, baik sebagai tanaman hias di rumah maupun untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal.

English en