Cara Budidaya Bunga Bird of Paradise, Si Bunga Eksotis asal Afrika

cara menanam bunga bird of paradise

Bunga bird of paradise atau di Indonesia dikenal dengan nama bunga cendrawasih merupakan bunga dengan kesan eksotik yang berasal dari Afrika Selatan. Namanya sendiri diambil dari kemiripan warnanya dengan burung eksotis tersebut. 

Ternyata, tidak terlalu sulit apabila kamu ingin menanam bunga cantik ini halaman rumah. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

1. Syarat Tumbuh Bunga

Sebelumnya kamu perlu mengetahui syarat tumbuhnya bunga cendrawasih ini terlebih dahulu sebelum menanamnya.

Jika kamu memutuskan untuk menanamnya di tempat yang teduh, pastikan bahwa nantinya tetap terkena sinar yang cukup dengan drainase yang baik dan memiliki tekstur seperti tanah liat. 

Penanaman di tempat teduh akan membuat bunga yang muncul menjadi lebih sedikit karena bunga cendrawasih akan mekar dengan baik jika mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Menyiapkan Bibit

Untuk budidaya bunga bird of paradise, maka bisa memulainya dengan menyiapkan bibit yang akan ditanam. Apabila kamu tidak sabar menunggunya berbunga, sebenarnya bisa saja langsung membeli tanaman yang sudah dewasa. 

Sebab dibutuhkan waktu sekitar 7 tahun untuk membuat benih menjadi dewasa dan mulai bisa berbunga.

Dalam prosesnya, memilih benih yang bagus sendiri dapat dilihat dari teksturnya. Apabila masih segar maka ini menandakan bahwa benih mempunyai kualitas bagus. 

Jika sudah mendapatkannya, maka rendam benih tersebut ke dalam air selama kurang lebih 3 hari. Pada proses ini, jangan lupa untuk mengganti air rendaman secara berkala.

Baca Juga: Bunga Torenia, Bunga Mata Kucing yang Kini Banyak Dijadikan Tanaman Hias

3. Menyiapkan Media Tanam

Karena benih perlu ditanam saat keadaannya masih segar, maka segera siapkan media tanam apabila proses perendaman benih sudah berlalu 3 hari. 

Dalam hal ini, kamu bisa memilih ingin menanam menggunakan pot atau memutuskan untuk menempatkannya di luar rumah. 

Namun untuk penempatan di luar rumah, pastikan terlebih dahulu bahwa suhu yang ada di sekitar antara 10 sampai 23 derajat celcius. Apabila suhu kurang atau lebih dari itu, sebaiknya gunakan pot sebagai media tanam dan letakkan di dalam ruangan agar bunga cendrawasih bisa tetap bertahan hidup.

Cara menanam bunga bird of paradise yaitu gali tanah dengan kedalaman sekitar 35 cm jika di luar ruangan. Karena bunga cendrawasih bisa tumbuh dengan lebar mencapai 4,5 meter lebih dan ketinggian sekitar 6 meter jika ditempatkan di tanah terbuka. Sedangkan jika menggunakan pot maka pilihlah pot tanah liat.

Baca Juga: Mengenal Bunga Camelia - Ciri, Arti, Makna Filosofis, dan Jenisnya

4. Perawatan Bunga Cendrawasih

Setelah sukses menanam bunga cendrawasih, jangan lupakan perawatannya. Karena tanpa perawatan yang baik maka tanaman bisa mati bahkan sebelum bunganya mekar. 

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bird of paradise. Dimana perlu menyiramnya sebanyak 2 minggu sekali atau bisa kurang pada musim dingin.  Sementara pemberian pupuk diberikan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Apabila ditanam di dalam pot, maka pastikan tidak ada air yang menggenang di bagian bawah pot. Saat tanaman sudah tumbuh besar di dalam pot, kamu juga bisa mulai memotong dan membagi umbinya untuk ditanam di pot lainnya.

Tidak sulit bukan menanam bird of paradise ini? Hanya saja, jika memilih menanam dari benih maka perlu bersabar menunggu tanaman satu ini untuk tumbuh dan berbunga. 

Nantinya setelah tumbuh, bunga cendrawasih akan muncul dari pucuk berwarna merah muda dan hijau kebiruan yang tampak seperti perahu. Mahkota bunganya sendiri berwarna orange dan terlihat begitu cantik.

 

English en