Ini Dia 7 Bunga Termahal di Dunia

Berkebun menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh sebagian orang semenjak pandemi COVID-19 mewabah, salah satunya di Indonesia.

Kegiatan ini menjadi pilihan alternatif untuk menghilangkan rasa bosan saat berada di rumah.

Bahkan, ada beberapa tanaman sampai harganya pun ikut melambung tinggi. Contohnya seperti tanaman keladi dan aglaonema yang saat ini harganya cukup mahal untuk dibeli.

Namun selain kedua tanaman itu, ternyata sudah ada beberapa jenis bunga termahal di dunia yang mungkin tidak bisa sembarangan orang memilikinya.

Penasaran dengan 7 jenis bunga termahal di dunia ini? Yuk, cari tahu di sini.

1. Bunga Kadupul – Memiliki Harga yang Tak Ternilai

Bunga ini menjadi tak ternilai harganya karena langka dan tidak bisa dipanen. Bunga ini termasuk dalam spesies kaktus yang hanya mekar di malam hari pada jam 10– 11 malam.

Saat mekar, bunga kadupul akan mengeluarkan aroma yang wangi dan menenangkan. Bunga Kadupul sebagian besar terdapat di hutan hujan tropis Sri Lanka.

Di beberapa Negara, bunga ini mendapat julukan yang berbeda seperti queen of the night atau flower of the moon yang hanya dapat hidup setelah beberapa jam dipetik, wajar bila harganya menjadi tidak ternilai.

2. Bunga Juliet Rose – Rp 57 Miliar

Bunga Juliet Rose ditemukan oleh seorang petani dari Eropa yang bernama David Austin.

Bunga ini memiliki harga sekitar 57 Miliar Rupiah, jika dikonversikan dalam kurs mata uang asing harganya mencapai 3 juta poundsterling per tangkai bunga.

Bunga ini menjadi mahal karena membutuhkan waktu 15 tahun untuk dapat menumbuhkannya.

Baca juga: Ini Lho Macam-Macam Bunga Langka di Dunia

3. Bunga Anggrek Shenzhen Nongke - Rp 3,6 Miliar

Bunga termahal di dunia selanjutnya adalah bunga anggrek Shenzhen Nongke. Untuk menumbuhkan anggrek ini para peneliti membutuhkan waktu sampai 8 tahun.

Selain itu harga yang tinggi disebabkan oleh kelangkaan dan budi daya dan latar belakangnya meskipun bunga ini merupakan varietas buatan manusia.

Anggrek ini membutuhkan waktu 4 sampai 5 tahun untuk dapat mekar, sehingga dihargai Rp. 3,6 miliar.

4. Bunga Anggrek Emas Kinabalu – Rp 75-87 Juta

Anggrek ini cukup langka yangs berasal dari taman nasional Kinabalu di Malaysia. Bunga ini ditemukan pada tahun 1987 dan saat ini hampir punah.

Bunga ini mendapat julukan Gold of Kinabalu. Bunga ini sangat indah dengan kelopak hijau yang dihiasi dengan titik merah.

Bunga ini sulit dibudidayakan dan membutuhkan waktu 8 sampai 10 tahun untuk dapat tumbuh dan berbunga, sehingga bunga ini menjadi mahal harganya.

Baca juga: Arti Warna Bunga Anggrek - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

5. Anggrek Hitam Papua – Rp 100 Juta

Tanaman anggrek hitam ini menjadi mahal karena diketahui sangat langka dan hanya ada di pedalaman hutan, selain itu juga sulit dibudidayakan di luar habitat aslinya.

Tanaman ini mempunyai warna yang hitam elegan dengan putik berwarna merah cerah yang membuat para pecinta tanaman ingin memiliki bunga ini.

Tanaman ini cukup mencolok dibandingkan dengan jenis tanaman anggrek lainnya, sehingga harganya dapat mencapai Rp. 100 juta.

6. Bunga Adenium - Rp 50-200 Juta

Bagi pecinta tanaman hias di luar negeri, bunga termahal di dunia bunga adenium ini mendapatkan sebutan yang populer dengan queen of 1000 flower.

Tanaman ini di Indonesia sudah lama dikenal, pada tahun 2009 bahkan ada yang menjual dengan harga 200 juta, lho.

7. Bunga Saffron Crocus – Rp 17- 22 Juta

Bunga Saffron Crocus termasuk dalam daftar bunga dengan harga nilai tertinggi di seluruh dunia. Harganya yang begitu mahal tidak hanya dilihat dari keindahannya semata.

Tapi dapat dimanfaatkan menjadi bumbu sebagai pewarna pada banyak makanan seperti banyak digunakan di negara India, Persia, Eropa, Arab dan Turki.

Itu dia beberapa bunga termahal di dunia, bagi kamu pecinta tanaman hias sebaiknya tahu tentang cara merawat berbagai jenis tanaman dan bunga agar dapat tumbuh dengan baik.

Kamu bisa mengikuti berbagai macam tips gardening yang ada di  https://threebouquets.com/blogs/article. Selamat mencoba!

English en