Ini Lho Macam-Macam Bunga Langka di Dunia

macam macam bunga langka di dunia bagian 2

Di dunia ini ada begitu banyak jenis bunga yang unik dan memikat mata. Akan tetapi, tidak semua bunga bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias. Sebab, ada beberapa bunga yang tidak boleh dibudidayakan karena populasinya yang tinggal sedikit, hingga menjadi sangat langka.

Penasaran dengan jenis-jenis bunga terlangka di dunia? Simak pembahasan berikut

1. Bunga Lady Slipper

Lady Slipper merupakan jenis anggrek yang sangat langka di dunia dan mempunyai bentuk yang cukup unik, khususnya yang memiliki warna ungu dan orange. Jika kamu perhatikan, bentuk dari kelopak bagian bawah dari bunga ini tampak menyerupai kantong yang berlubang. Ada yang mengatakan seperti sepatu.

Bunga Lady Slipper memiliki nama latin Cypripedium reginae, pernah ditemui di negara Inggris dan beberapa kawasan di benua Eropa. Akan tetapi, para ahli botani pada zaman dahulu pernah menyangka bahwa Lady Slipper telah punah. Sampai akhirnya, pada tahun 1917, bunga ini ditemukan kembali tumbuh di Inggris, tepatnya di lapangan golf. 

Dari kelangkaan inilah yang membuat pemerintah Inggris akhirnya memberikan perlindungan hukum. Bahkan, bunga ini dimasukkan dalam kategori salah satu jenis bunga yang paling mahal di dunia. Menarik sekali bukan?

Baca juga: Floriografi, Bahasa Rahasia dari Bunga

2. Bunga Jade Vine

Bunga Strongylodon Macrobotrys atau Jade Vine merupakan bunga yang berasal dari pohon sejenis dengan kacang-kacangan. Bunga ini berasal dari hutan di negara Filipina. 

Jade Vine mempunyai warna yang sangat indah dipandang mata yakni, memiliki perpaduan antara warna hijau mint dengan warna biru. Bunga ini memiliki bentuk yang menyerupai seperti cakar serta menggantung dalam jumlah yang sangat banyak. Panjangnya saja bisa sampai 3 meter loh!

Ada dua faktor yang menjadikan bunga ini masuk dalam kategori bunga yang hampir punah. Pertama, karena perusakan habitat asli di alam liar. Kedua, jumlah kelelawar yang mulai berkurang. 

Kenapa kelelawar? Sebab, proses berkembangbiak dari bunga ini dengan melewati penyerbukan alami oleh kelelawar. Nah, sedangkan kondisi alam yang terus berubah membuat populasi kelelawar menurun. Sehingga bunga ini sangat sulit sekali jika dibudidayakan di penangkaran.

Baca juga: 5 Keunikan Bunga yang Jarang Diketahui

3. Bunga Anggrek Hantu

Bunga anggrek hantu merupakan bunga yang berhabitat asli di Florida, Kuba, dan Bahama. Bunga ini diberi nama anggrek hantu sebab memiliki bentuk kelopak panjang serta berwarna putih. Itu sebabnya bunga ini sama seperti hantu karena menggantung di udara. Keunikan yang lain dari bunga ini adalah pohon dari bunga ini tidak memiliki klorofil atau daun, sehingga tidak dapat memproduksi makanan sendiri layaknya tanaman yang lain.

Sampai saat ini populasi dari anggrek hantu lambat laun mulai menurun dikarenakan kerusakan dari habitat asli dan juga proses pengembangbiakan yang sangat sulit. Sebab, proses penyerbukan alamiah dari bunga ini hanya dapat dilakukan oleh ngengat Sphinx.

4. Bunga Lotus Berthelotii

Ada yang unik dari bunga yang satu ini, yakni memiliki bentuk kelopak yang hampir menyerupai seperti paruh burung beo. Bunga ini adalah tanaman endemik yang berhabitat asli dari kepulauan Canary serta memang sudah mulai langka dari tahun 1884.

Bunga Lotus Berthelotii baru akan mulai mekar saat cuaca udara sedang dingin. Sebab, saat dalam kondisi cuaca yang panas, bunga ini tidak tahan terhadap kondisi tersebut. 

Terlebih lagi ketika musim semi menjelang musim panas. Bunga yang sangat langka ini hanya masih bertahan di kepulauan Canary serta dilindungi oleh pemerintah setempat.

English en