Bunga Pukul Empat, Bunga Unik yang Punya Banyak Manfaat

klasifikasi bunga pukul empat

Bunga pukul empat mungkin menjadi salah satu jenis bunga yang tidak asing lagi Anda temukan. Biasanya, bunga ini tumbuh di iklim tropis, contohnya di Indonesia. Seperti nama yang dimilikinya, pukul empat biasanya mekar di sore hari serta malam hari. 

Alasan inilah yang membuatnya disebut dengan pukul empat. Bunga ini memiliki aroma yang begitu harum serta tersedia dalam berbagai macam pilihan warna. Sehingga wajar, jika bunga ini cukup menarik bagi lebah, kupu-kupu hingga burung kolibri. 

Bunga pukul empat juga sering disebut dengan Mirabilis Jalapa. Pada awalnya, bunga ini ditemukan di Amerika Selatan tepatnya di Pegunungan Andes. Berdasar klasifikasi-nya bunga pukul empat masuk ke dalam kingdom plantae.

Nama Mirabilis Jalapa memiliki arti tanaman yang luar biasa dan tangguh. Bahkan, bunga ini dapat tumbuh dengan sangat lebat walaupun hanya ditanam di tanah serta tidak memiliki kandungan mineral. 

Manfaat Bunga Pukul Empat untuk Kesehatan

Siapa yang menyangka bila pukul empat ternyata memiliki berbagai macam manfaat. Saat mekar, akan memiliki bentuk tubular di dalam warna putih, ungu, merah muda, kuning dan merah.

Baca Juga: Kenalan dengan Bunga Ruellia, Si Tanaman Hias Kaya Manfaat

Ada berbagai macam manfaat yang dimiliki bunga ini di dunia kesehatan. Berikut berbagai macam manfaat yang dimilikinya, antara lain:

  • Mengatasi jerawat
  • Manfaat dari pukul empat yang mampu mengatasi jerawat pasti sudah sangat sering Anda dengan bukan. Pukul empat memiliki kandungan zat tepung sehingga bisa mengatasi jerawat yang mengganggu. 

    Untuk menggunakan pukul empat sebagai ramuan jerawat, Anda hanya perlu menumbuk hingga halus dan gunakan sebagai masker wajah. Dengan cara ini, wajah akan terbebas dari jerawat.

  • Menghilangkan infeksi saluran kencing
  • Konon, bunga ini juga dipercaya dapat mengatasi infeksi saluran kencing. Untuk mengatasi infeksi saluran kencing, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan beberapa lembar bunga.

    Anda dapat meminum air rebusan sekali dalam sehari, dalam beberapa waktu kemudian, nyeri ketika buang air kecil akan menghilang. 

  • Penangkal kanker
  • Manfaat bunga pukul empat lainnya adalah sebagai penangkal kanker. Pukul empat memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas serta mengatasi kanker. 

    Untuk membuat ramuannya, Anda dapat merebus beberapa kuntum bunga kemudian saring dan langsung minum airnya. 

  • Atasi keputihan
  • Pukul empat memiliki kandungan senyawa aktif serta bau yang sangat harum. Dengan baunya yang begitu harum membuat pukul empat sudah dari dulu digunakan sebagai pereda keputihan. 

    Jika ingin meredakan keputihan dan menjaga organ kewanitaan, Anda hanya perlu merebusnya, kemudian gunakan untuk membasuh organ kewanitaan. 

  • Mengatasi maag
  • Pukul empat memiliki khasiat sebagai pereda tukak lambung serta maag. Senyawa aktif yang berada di dalam kandungan bunga memiliki khasiat untuk mengatasi luka dan radang lambung.

    Anda dapat menggunakan bunga ini sebagai pereda maag hanya dengan merebusnya saja, kemudian konsumsi sekali dalam sehari. Dengan demikian, maag akan mereda. 

  • Mengobati bisul
  • Bunga pukul empat ini ternyata juga bisa memberikan manfaat sebagai pereda bisul. Untuk meredakan bisul, Anda dapat menggunakan 10 lembar daun pukul empat kemudian bersihkan dan beri garam. 

    Anda dapat menempel pukul empat di bagian tubuh yang terdapat bisulnya kemudian dibalut. Setelah beberapa waktu ditempel, bisul akan mereda.

    Sebagai salah satu obat alami, tentu saja butuh waktu yang cukup lama untuk melihat efek yang dimiliki oleh pukul empat, Anda juga harus memastikan mengolah bunga pukul empat dengan benar. 

    Baca Juga: Bunga Torenia, Bunga Mata Kucing yang Kini Banyak Dijadikan Tanaman Hias

    Perlu diingat juga, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan rutin dan mengkonsumsi obat sebagaimana yang ditetapkan. Mengingat tidak semua orang bisa mendapat hasil yang sama dan cocok dengan metode ini.

    English en