Mengenal Lebih Dalam Makna Dari Bunga Bluebell Yang Menawan

arti bunga bluebell

Bluebell merupakan salah satu bunga yang memiliki keindahan menawan. Bentuk unik menyerupai lonceng dengan warna yang cukup mencolok menjadi daya tarik tersendiri dari bunga yang satu ini. 

Selain itu, bunga Bluebell juga memiliki makna tersendiri yang membuatnya lebih spesial dibandingkan dengan bunga lainnya. Untuk lebih lanjut, yuk intip ulasan berikut ini!

Habitat Asli Bluebells

Bunga menawan yang satu ini dikenal dengan sebutan Bluebell. Selain itu, ada juga sebutan lainnya yang bisa Anda ketahui dari bunga ini, mulai dari Calverkeys, Auld Man's Bell, Jacinth, English Bluebell, dan Wood Bells

Semua nama tersebut tertuju pada satu bunga yang sama serta terlihat bagus dan ditemukan di banyak tempat berbeda.

Bunga bunga ini adalah sesuatu yang dapat ditemukan di negara bagian Eropa. Bluebell akan mekar terutama pada musim semi dan semakin menawan sepanjang musim tersebut. 

Bahkan dua negara seperti Irlandia dan Inggris menjadikan Bluebell sebagai bunga nasionalnya. Namun di beberapa bagian Eropa, bunga ini termasuk spesies yang terancam punah. 

Bunga Bluebell hanya bisa tumbuh di luar negeri dan habitat aslinya di hutan. Sehingga ketika musimnya tiba, maka bunga ini akan tumbuh dan mekar layaknya karpet berwarna biru keunguan di dalam hutan. 

Perlu diketahui bunga ini  merupakan salah satu ciri khas hutan tua. Artinya, Bluebell sudah ada secara alami sejak ribuan tahun yang lalu di banyak negara Eropa. 

Selain itu, Bluebells dapat ditemukan di daerah bagian Amerika Utara dan Afrika Utara. Di beberapa negara tersebut, Bluebell dikenal dengan sebutan gondok liar.

Bluebell bisa tumbuh di hutan, padang rumput, pegunungan serta di tebing dekat laut dan tumbuh di awal tahun mulai dari April hingga Juni. Menariknya, bunga ini juga biasanya tumbuh dari umbi dan bisa tumbuh dalam pot. 

Baca Juga: Bunga Alamanda – Klasifikasi, Ciri, Jenis, & Manfaatnya

Arti Makna Dibalik Bunga Bluebell 

Bluebell merupakan bunga yang berbeda dengan varietas lainnya, sebab ia memiliki tampilan yang sangat indah. 

Bunganya sebagian besar berwarna lavender dan biru, mereka memiliki tampilan tubular yang sangat berbeda dengan kelopaknya yang  menyerupai lonceng, seperti namanya. Umumnya bunganya berukuran cukup besar dengan ciri khas bentuk lonceng. 

Selain bentuk yang menarik, bunga ini ternyata memiliki makna tersembunyi yang banyak dipercayai orang. Arti Bunga Bluebell ini mendapatkan namanya dari frasa Yunani yaitu unmarked Hyacinth atau lebih dikenal dengan eceng gondok tanpa tanda. 

Frasa inilah yang membuatnya berbeda dengan eceng gondok biasa yang muncul dari Hyacinthus saat meninggal dalam Greek Mythology

Bluebell dikenal sebagai bunga yang sederhana dalam sifat dan penampilannya. Di Skotlandia misalnya, bunga ini sebenarnya disebut sebagai harebell. 

Hal ini karena diyakini bahwa para penyihir atau peri peri mengubah diri mereka menjadi jelmaan kelinci dan bersembunyi di antara bunga bunga tersebut tanpa diketahui oleh siapa pun.

Sedangkan dalam budaya Victoria, Bluebell dipandang sebagai cara untuk mengkomunikasikan perasaan dan pikiran terkait dengan kerendahan hati kepada orang lain. 

Makna ini diambil karena tampilan bunga ini tampak membungkuk dan sederhana saat mereka jatuh di atas paku bunga. Tak heran jika makna bunga Bluebells dikenal sebagai rendah hati. 

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui dari bunga yang tumbuh di hutan secara alami. Bluebell ini selain memiliki tampilan yang cukup unik menyerupai lonceng, ternyata juga menyimpan makna yang cukup menarik. 

Bunga ini menyimbolkan arti rendah hati terhadap sesama karena bunganya yang tampak membungkuk dan juga sederhana. 

Baca Juga: Bunga Lavender - Ciri, Arti, Makna, Filosofi dan Jenis-Jenisnya

English en