Manfaat Bunga Kenanga dan Mitos yang Beredar di Masyarakat

manfaat bunga kenanga dan mitosnya

Ada begitu banyak mitos bunga kenanga yang beredar di masyarakat. Namun, dibalik mitos yang ada terdapat juga manfaatnya. 

Mitos Bunga Kenanga

Beberapa mitos bunga kenanga yang dipercayai oleh masyarakat, salah satunya memiliki unsur supranatural yang kuat. Daripada penasaran, yuk kita simak berbagai mitos dan manfaat bunga kenanga.

1. Jodoh Akan Datang

Dari pemahaman feng shui saat ini dengan adanya tanaman bunga kenanga di luar rumah mampu menghadirkan jodoh. 

Bahkan cerita orang zaman dulu sangat sering menanam bunga kenanga depan rumah agar anak gadisnya segera mendapatkan jodoh dan mengundang sang belahan jiwa.

2. Dipercaya Dapat Mengusir Makhluk Halus

Simbol bunga kenanga yang suci serta aroma yang dihasilkan diyakini tidak disukai oleh makhluk halus, sehingga tidak mudah untuk makluk halus mendekati rumah yang tertanam bunga kenanga tersebut serta rumah akan terlindungi dari gangguang tak kasat mata.

3. Membuat Dagangan Menjadi Laris

Bunga kenanga selain sebagai hiasan juga ternyata dianggap sebagai penglaris dagangan. Bahkan mampu membawa berkah untuk para pedagang dengan meletakkan bunga kenanga pada etalase atau tempat berjualan tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam, Mau Coba?

Manfaat Bunga Kenanga

Bunga kenanga merupakan tumbuhan asli Indonesia yang sangat subur dan banyak dijumpai serta dimanfaatkan untuk berbagai upacara keagamaan. 

Biasanya, bunga ini banyak digunakan dengan mengambil ekstraknya dan dijadikan minyak esensial. Berikut manfaat bunga kenanga yang sebaiknya diketahui.

1. Mengatasi Adanya Infeksi Jamur

Ketika seseorang terkena infeksi jamur candida albicans, maka bunga kenanga solusinya. Di dalam, bunga kenanga terdapat senyawa bernama linalool dengan memiliki sifat untuk anti inflamasi, anti jamur serta anti bakteri. 

2. Meringankan Penyakit Asma

Bagaimana cara meringankan penyakit asma dengan bunga kenanga? Caranya mudah yaitu dengan memanfaatkan minyak esensial bunga kenanga sehingga asma yang terpicu karena stress bisa berkurang. 

Oleskan minyak esensial dari bunga kenanga pada dada serta hirup aromanya dengan waktu dari 15 hingga 20 menit.

3. Kualitas Tidur Jadi Meningkat

Dengan adanya kandungan senyawa yang ada di bunga kenanga yaitu linalool terdapat zat penenang untuk merangsang otak, sehingga pada saat minyak esensial dihirup bisa merangsang aktivitas di saraf otak menjadi menurun dan timbullah rasa kantuk. 

Jadi, terapi ini sangat berguna bagi yang susah tidur untuk memanfaatkan minyak esensial bunga kenanga dalam memperlancar tidur.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi maka disarankan secara rutin menggunakan minyak esensial dari bunga kenanga tersebut. 

Efek dari aroma yang dihasilkan mampu menurunkan tekanan darah sehingga sistolik dan diastolik jantung melambat dan menekan hipertensi.

5. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Dengan menghirup aroma bunga kenanga, hal ini bisa membantu menurunkan tingkat stress serta gangguan kecemasan yang sedang terjadi

6. Digunakan untuk Lulur

Manfaat lainnya yaitu sebagai bahan dasar lulur dengan pencampuran lulur organic dengan minyak dari bunga kenanga.

Sehingga, mampu optimalisasi fungsi lulur sebagai pencerahan kulit serta regenerasi kulit dengan efek minyak bunga kenanga tersebut.

7. Sebagai Masker Rambut

Ambil minyak bunga kenanga kemudian oleskan secara merata ke seluruh kepala sehingga bisa sebagai masker rambut. Tentu hasilnya rambut akan lebih wangi dan tumbuh lebih subur serta ketombe jadi hilang dengan minyak bunga kenanga.

Itulah beberapa manfaat bunga kenanga yang dihasilkan saat ini terutama minyak esensialnya. Walaupun mitos dan manfaatnya banyak diakui orang-orang, namun sebaiknya kita tidak tetap harus rasional.

BIla sakit, disarankan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan diagnosis secara mitos. Untuk mitosnya benar atau tidak, semua kembali pada kepercayaan masing-masing.

Baca juga: Bunga Melati - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya
English en