Selain Cantik, Yuk Intip Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan

manfaat bunga turi

Bunga turi memiliki bentuk yang cukup unik. Bagaimana tidak, Saat kuncup bentuknya mirip bulan sabit. Namun saat mekar mirip kupu-kupu.

Di Indonesia sendiri, bunga ini biasanya ditemukan di pinggir jalan atau ladang. Bunganya berwarna putih atau merah ini bisa bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan dan obat alternatif. Berikut beberapa manfaat bunga turi bagi kesehatan.    

1. Mampu Menyembuhkan Sariawan

Ketika tubuh kekurangan vitamin C maka biasanya sariawan akan muncul di daerah mulut. Itulah yang menyebabkan mulut terasa sakit akibat sariawan dan makan pun terasa terganggu.

Kandungan vitamin C serta antioksidan yang ada pada bunga turi dipercaya mampu menyembuhkan sariawan.

Untuk mengatasi masalah sariawan tersebut, Ambil bunga turi kemudian remas dan rebus selama beberapa menit. 

Diamkan rendaman bunga turi beberapa saat hingga dingin. Kemudian gunakanlah untuk berkumur air rendaman tersebut. Lakukan hal tersebut beberapa kali. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang ada pada bunga turi serta adanya ekstrak bunga turi ini mampu memberikan efek pencegahan pada kulit. 

Jadi kulit akan semakin halus dan terhindar dari keriput sejak dini. Sehingga saat menggunakan bunga turi ini maka pencegahan penuaan dini bisa teratasi dengan baik.

Ambil beberapa bunga turi, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan pada wajah seperti saat sedang menggunakan masker wajah. 

Selain bisa membuat kulit halus, masker dari bunga turi ini juga bisa dipakai untuk menekan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Bunga Rosella dan Bagaimana Cara Menanamnya

3. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan bunga turi yang ada yaitu antimikroba dan banyak mengandung antioksidan  ini mampu mencegah radikal bebas.

Caranya dengan mengkonsumsi bunga turi secara teratur akan menghasilkan kondisi yang lebih baik. Bahkan radikal bebas pun mampu dicegah secara menyeluruh dan tubuh tetap sehat.

Ambil beberapa bunga turi, kemudian cuci dengan bersih dan rebus. Selanjutnya bunga turi yang sudah direbus ini segera diendapkan dan airnya dikonsumsi. 

Lakukan konsumsi rutin meminum air bunga turi ini agar tubuh sehat dan terhindar dari radikal bebas.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Selain menyembuhkan jerawat, kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada bunga turi juga bisa membantu untuk mengikat lemak jahat di tubuh.

Hal ini tentu memiliki efek positif bagi tubuh karena dapat menekan risiko terkena penyakit jantung.

5. Membantu Kesehatan Mata

Tidak hanya kandungan vitamin C saja yang terdapat dalam bunga turi, namun juga kaya akan kandungan vitamin A. 

Dimana vitamin A tersebut sangat baik untuk kesehatan mata dan memberikan efek baik pada tubuh. Termasuk mampu menekan pertumbuhan jerawat yang ada pada wajah.

6. Memperlancar ASI

Ibu menyusui biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi bunga turi untuk memperlancar ASI. 

Kandungan yang ada pada bunga turi putih maupun merah memang dapat membantu merangsang produksi ASI.

Bunga turi biasanya akan digunakan sebagai lalap atau campuran tumisan. Selain itu bunga turi muda biasanya juga dikonsumsi sebagai jamu untuk ibu menyusui. 

Manfaat bunga turi memang ada banyak baik disantap sebagai lalapan, rebusan atau ditumbuk. Namun perlu diingat, bagaimana juga pengobatan alami memiliki hasil berbeda setiap orangnya.

Selalu konsultasi dengan ahlinya agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Pengobatan alami diatas pada beberapa penyakit hanya digunakan sebagai pendamping bukan untuk menggantikan pengobatan medis.

Baca juga: Ketahui 5 Manfaat Tanaman Hias Kuping Gajah Bagi Kesehatan

English en