Mengenal Bunga Hortensia dari Ciri, Jenis dan Maknanya

Mengenal Bunga Hortensia dari Ciri, Jenis dan Maknanya

Banyak pembudidaya tumbuhan mengatakan bahwa bunga Hortensia terlihat elegan karena puluhan kuntum bunga yang mungil.

Di samping itu, kuntum bunga melingkar dan berbentuk bulatan yang terlihat seperti bola menjadi nilai lebih.

Bunga Hortensia normalnya memiliki warna ungu lembut yang mana terkadang berubah menjadi warna biru bergradasi hijau.

Warna-warna bunga Hortensia bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh kadar pH pada media tanamnya. Semakin asam kadar pH media tanam warna bunga akan lebih condong ke biru kemerahan.

Sementara, jika kadar media tanam yang digunakan memiliki pH netral, maka bunga Hortensia akan berwarna merah kebiru-biruan.

Sama halnya dengan bunga sakura, bunga hydrangea atau hortensia ini pun seringkali juga dikaitkan dengan sebuah negara Jepang.

Di mana memang tidak sedikit yang mulai mempercayai akan bunga ini yang sering kali untuk ditemukan di Jepang.

Kemudian akan tersebar luas di Asia dan sekitar ratusan tahun sebelum dan akhirnya bunga jenis ini juga bisa untuk masuk ke Benua Eropa dan juga Amerika.

Hydrangea itu sendiri diketahui berasal dari sebuah bahasa Yunani yang artinya “hydor” dan dengan kata lain yaitu air dan juga “angos” berarti kapal ataupun jar.

Jadi dengan sebutan lain kurang lebih berupa “tempat air” yang mengacu pada tumbuhan hydrangea. Memerlukan cukup banyak air serta juga bentuknya yang memang serupa cangkir.

Ciri-Ciri Tanaman Bunga Hortensia

  • Memiliki sebuah tinggi batang pohon yaitu antara 1 hingga 3 meter.
  • Bunga Hortensia ini terlihat majemuk dan memiliki diameter rata-rata sekitar 20 cm.
  • Daun tunggal berbentuk bulat telur disertai dengan gerigi. Pangkal serta juga ujung dari daun bunga jenis ini terlihat berbentuk cukup runcing. Pada umumnya memiliki warna permukaan daun yang hijau tua dengan pada bagian bawahnya berwarna hijau kekuningan.

Baca Juga: Bunga Bougenville - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

Arti Bunga Hortensia

Tanaman Bunga Hortensia ini mempunyai makna sebuah kepercayaan. Di beberapa tempat juga memiliki makna yang berbeda. Berikut ini sejumlah arti Bunga Hortensia:

  • Berdasarkan dari keterangan dari sebuah legenda Jepang, maka bunga ini memiliki makna permintaan maaf dari seorang kaisar Jepang. Dia telah melalaikan seorang wanita yang pernah dicintainya karena masalah Negara.
  • Berdasarkan dari kisah tersebut di atas, maka buket bunga hortensia ini bermakna sebuah ungkapan rasa syukur serta juga perasaan tulus yang sepenuh hati.
  • Beberapa juga menuliskan kalau bunga ini berarti sebuah keangkuhan yang akan digambarkan dari tampilan bunganya yang sangat dominan dengan kemewahan tetapi juga mempunyai biji yang memang paling sedikit.

Makna Filosofi Menurut Warna

  • Hortensia dengan merah muda secara khusus ini berhubungan dengan sebuah perasaan. Hal ini karena dari bentuk dan juga warnanya yang serupa dengan jantung yang berdetak.
  • Hydrangea warna merah muda ini pun melambangkan rasa cinta dan pernikahan.
  • Hydrangea ataupun hortensia warna biru menggambarkan sebuah hati yang sangat dingin, permintaan maaf, dan juga penolakan lamaran serta juga penyesalan.
  • Hydrangea putih sering dikaitkan dengan kesucian dan keangkuhan diri.
  • Hydrangea ungu sendiri identik dengan kekayaan.

Jenis Bunga Hortensia

Ada beberapa jenis bunga Hortensia yang populer di Indonesia. Masing-masing mempunyai keindahan berbeda baik dari daun, bunga, sampai batangnya.

  • Hortensia Big Daddy
  • Hortensia Normalis 
  • Hortensia Nigra

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

English en