Ragam Jenis Bunga Asoka dan Ciri-Cirinya

ciri bunga asoka

Budidaya tanaman bunga hias memang menjadi hal yang menarik bagi pecinta lingkungan. Melihat tanaman hias dengan bunga indah warna-warni bermekaran menjadi satu hal yang sangat memanjakan mata.

Salah satu tanaman bunga hias yang sering ditanam oleh orang-orang adala bunga asoka, tentunya bunga ini sudah tidak asing lagi bagi kamu.

Bunga ini sering kita jumpai dimanapun bahkan di pinggir jalan kawasan penghijauan bisa kamu temui karena bunga jenis ini sangat mudah beradaptasi serta perawatannya yang tidak sulit.

Selain itu, bunga ini memiliki berbagai jenis varian warna yang sangat cantik.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Bunga Edelweis

Jenis Bunga Asoka

Perlu Kamu ketahui bahwa tanaman bunga yang satu ini memiliki beragam jenis, mungkin kamu ada yang tau berbagai jenisnya ataupun mungkin ada sebagian dari kamu yang hanya tahu itu-itu saja.

Tanaman yang sering dijadikan sebagai salah satu penghijauan ini hanya ada dua jenis di Indonesia yaitu bunga asoka yang tumbuh tinggi dengan merambat serta asoka biasa yang memiliki ranting dan daun yang runcing.

Di Eropa bunga ini disebut dengan flam of the wood yang memiliki arti nyala api dari hutan, hal ini karena asoka memiliki warna yang cerah dan menyala.

Di India, bunga ini dianggap bunga yang suci oleh umat agama Hindu dan Buddha, mereka beranggapan bahwa penyebar bunga asoka lahir tepat di bawah pohon ini.

Nama asoka berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna tanpa duka, maka tak heran jika bunga yang satu ini dianggap suci oleh umat agama Hindu dan Buddha.

Bunga asoka memiliki nama latin Saraca Asoca yang terbagi menjadi dua jenis seperti keterangan sebelumnya dengan nama Polyalthia Longifolia (untuk asoka tanpa ranting) dan Polyalthia sp. (Untuk tanaman asoka biasa).

Baca juga: Arti Bunga Hydrangea

Ciri-Ciri Bunga Asoka

Tanaman yang dianggap sebagai tanaman suci oleh agama Hindu dan Buddha yang satu ini memiliki berbagai ciri khusus yang bisa dibedakan nantinya jika ingin membeli tanaman bunga hias yang satu ini.

Ciri yang dimiliki dari bunga ini sangat unik dan tidak dimiliki oleh tumbuhan lain, berikut ciri-cirinya:

  • Dimulai dari batang, citi batang bunga asoka yaitu memiliki batang kayu yang keras dengan panjang pohon bisa mencapai 7 meter dengan ranting berwarna putih. Namun untuk asoka yang terkadang sering dijumpai memiliki batang pohon kecil, tergantung jenisnya.
  • Bentuk daun bunga ini yaitu lonjong dan sedikit lancip di depan, atau istilah lainnya berbentuk lonjong dengan bagian depan yang meruncing.
  • Bentuk bunganya yaitu bergerombol dengan warna yang umum merah menyala, namun ada juga yang berwarna merah muda, kuning, hingga jingga, dengan empat benang sari dan kepala sari yang ada di bagian mahkota.
  • Asoka memiliki akar tunggang yang menjalar ke bawah sebagai penopang pohon, warna dari akar tanaman bunga yang satu ini yaitu berwarna coklat gelap. Akar bunga asoka itu sendiri tergolong akar yang kuat sehingga bisa menopang batang pohon secara kuat dan tidak mudah goyah.

Bunga ini memiliki berbagai banyak kenangan di masa kecil, dimana bunga ini memiliki rasa yang manis dibagian sarinya dan terkadang bunga atau buahnya dijadikan mainan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesegaran Bunga, Bahkan Setelah 1 Minggu
English en