WFH? 4 Cara untuk Tetap Produktif

Masa karantina ini membuat kita mau tidak mau mengalami rutinitas kerja yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Kita harus membiasakan diri bekerja dari rumah dan tanpa pengawasan atasan secara langsung. Working from home tentunya memiliki keuntungan tersendiri, misalnya saja kamu tidak perlu menghabiskan waktu di jalan dengan segala kemacetannya, terutama bila kamu tinggal di kota besar. Tapi di saat yang sama, bekerja secara remote menuntut kamu untuk bisa memotivasi dirimu sendiri agar tetap bekerja secara efektif di jam kerja yang sudah ditentukan. Untuk membantumu, ada beberapa cara yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Hindari bekerja di ruang tidur

Menentukan area khusus di rumahmu untuk melakukan semua pekerjaanmu akan sangat membantumu untuk bekerja produktif di rumah. Entah itu di ruang tamu, meja belajar, atau lain sebagainya. Bangunlah rutinitas kerja yang sama seperti saat kamu bekerja di kantor, entah itu bangun di jam tertentu, mandi dan mengganti baju, membuat kopi, atau menyusun rencana kerja hari ini. Hal-hal tersebut akan membuatmu lebih fokus dan tidak mudah terganggu dengan hal lain.

Anggaplah kamar tidurmu sebagai tempat "sakral" yang hanya digunakan untuk bersantai dan istirahat. Supaya kamu lebih semangat, jangan lupa untuk merapikan area bekerjamu. Tambahkan juga dekorasi seperti satu vas rangkaian bunga mawar, tidak hanya untuk mempercantik ruang kerjamu tapi sudah terbukti lewat berbagai studi bahwa kehadiran bunga dapat meningkatkan mood, mendukung kesehatan mental dan membuatmu lebih produktif lho.

 

2. Tetap termotivasi dengan to-do-list

To-do-list mungkin adalah hal yang sederhana, tapi efektif untuk membuatmu tetap produktif dan teroganisir selama bekerja di rumah. Mulailah menulis hal-hal yang ingin kamu selesaikan setiap harinya. Tidak hanya berisi hal-hal yang bersangkutan dengan pekerjaan, kamu juga dapat menyisipkan kegiatan positif yang selama ini kamu ingin lakukan tapi belum sempat, seperti memasak, belajar merangkai buket bunga dan skill baru lainnya. Tandai pekerjaan yang sudah kamu selesaikan setiap harinya, hal ini akan membuat kamu lebih termotivasi untuk mengerjakan to-do-list kamu di hari berikutnya.

3. Tentukan jadwal kegiatanmu setiap hari

Bekerja dari rumah memerlukan jadwal harian yang lebih tertata. Saat membuat jadwal, kamu perlu juga mempertimbangkan kegiatan lain yang memang tidak dapat lepas dari keseharianmu. Contohnya adalah waktu-waktu berkualitas bersama dengan keluarga, jadwal olahraga harian, jadwal kegiatan sukarela dan lain sebagainya. Pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan sebelum atau sesudah aktifitas tersebut.

Setelah kamu menentukan jadwal tersebut, kamu dapat membagikannya dengan keluargamu. Sehingga work-life balance kamu dapat tetap terjaga dengan baik.

4. Menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja

Komunikasi yang terhambat dapat mengurangi produktifitas kerjamu. Pastikan kamu sudah memiliki cara untuk memastikan komunikasi dengan rekan kerja yang berhubungan dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya untuk urusan pekerjaan, kamu juga dapat memanfaatkan waktu untuk tetap bersosialisasi dengan rekan kerja yang sudah lama tidak kamu jumpai. Video call dapat menjadi jalan yang efektif untuk keperluan meeting berkala, gunakanlah berbagai tools yang sudah tersedia untuk tetap terhubung dengan tim kerjamu.

Berikut tips dari kami, semoga waktu-waktu kerjamu di rumah semakin produktif dan bersemangat ya! Jangan ragu untuk bertanya kepada kami, rangkaian bunga apa yang cocok untuk menghiasi ruangan-ruangan di rumahmu. Three Bouquets adalah florist di Jakarta Barat yang menjual berbagai rangkaian buket bunga berkualitas dengan harga terjangkau.

English en