Yuk, Ketahui 6 Jenis Pupuk Berikut Agar Tanaman Tumbuh Subur

berbagai macam jenis pupuk

Tanaman dapat tumbuh subur salah satunya karena diberikan pupuk yang tepat. Pupuk tanaman dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman sejak awal masa tanam.

Oleh karena itu, pentingnya mengetahui berbagai jenis pupuk tanaman agar tanaman atau bunga yang ditanam bisa tumbuh subur. 

1. Pupuk Kompos

Rekomendasi pupuk pertama yang baik untuk pertumbuhan tanaman adalah pupuk kompos.

Pupuk kompos terbuat dari bahan organik yang dihasilkan dari fermentasi alami tanpa adanya campuran bahan kimia yang berbahaya bagi tumbuhan.

Sampah organik  yang bisa diolah menjadi pupuk kompos di antaranya adalah sayuran, buah, sari tahu atau tempe dan sampah rumah tangga yang lainnya yang masih bisa diuraikan. 

Pemberian pupuk kompos dapat meningkatkan unsur hara pada tanah, serta memperbaiki struktur dan pori-pori tanah.

Selain itu pupuk kompos juga efektif meningkatkan daya serap air dan daya tahan tanaman. 

2. Pupuk Kandang 

Penggunaan pupuk tanaman yang selanjutnya yaitu pupuk kandang. Seperti namanya, pupuk ini dibuat melalui proses fermentasi dari kotoran hewan.

Kotoran hewan yang digunakan pun juga sangat beragam mulai dari kotoran sapi, kotoran kambing hingga kotoran ayam. 

Pupuk kandang banyak mengandung unsur hara seperti magnesium, kalium, nitrogen, besi, tembaga, fosfor dan belerang.

Semua unsur hara tersebut jika diberikan sebagai pupuk tanaman dapat memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan daya serap air hingga merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik pada tanah.

Baca juga: Air Terbaik untuk Bungamu

3. Pupuk NPK

Rekomendasi jenis pupuk tanaman yang berikutnya adalah pupuk NPK. Pupuk NPK adalah salah satu jenis pupuk buah yang mengandung 3 unsur penting untuk tanaman  yaitu fosfor, nitrogen dan kalium.

Ketiga kandungan tersebut dapat membuat tanaman buah lebih cepat tumbuh, terhindar dari kerontokan daun serta dapat berbuah dengan cepat. 

Apabila kamu mempunyai lahan luas dan akan ditanami dengan tanaman buah, pupuk NPK wajib kamu berikan pada tanaman. 

4. Pupuk Hijau

Pupuk hijau sangat bermanfaat untuk tanaman utamanya untuk jenis tanaman buah. Di dalam pupuk hijau, terdapat kandungan nitrogen serta fosfor yang mampu memperbaiki hingga memperbanyak unsur hara.

Pemberian pupuk hijau secara rutin juga efektif meningkatkan proses pohon untuk berbuah.

Untuk menggunakan pupuk hijau cukup dengan menaruh pupuk dalam tanah saat membuat lobang tanaman.

5. Pupuk ZA

Pupuk bagus untuk tanaman yang selanjutnya yaitu pupuk ZA. Pupuk ZA memiliki kandungan yang sama dengan pupuk urea. Bedanya, pupuk ZA adalah produk yang dihasilkan melalui proses kimia buatan. 

Sama halnya dengan pupuk urea, pemberian pupuk ZA  dapat meningkatkan unsur hara nitrogen pada tanah.

Waktu pemberian pupuk ZA yaitu saat awal masa tanam dan saat pertumbuhan tanaman.Cukup berikan pupuk ini 3 bulan sekali agar unsur nitrogen pada tanah tercukupi. 

Baca juga: Tips Estetik Menata Bunga di Halaman Rumah

6. Pupuk KCL

Jenis pupuk tanaman yang terakhir adalah pupuk KCL. Bagi yang belum tahu, pupuk KCL adalah pupuk yang sama dengan pupuk kalium fosfat.

Pupuk KCL diberikan pada tanaman untuk memenuhi kebutuhan kalium tanah. Cara penggunaan pupuk KCL sangat mudah, yaitu hanya dengan melarutkan pupuk KCL menggunakan campuran air biasa. 

 

Artikel lainnya tentang tanaman hias

English en