Yuk, Ketahui Manfaat Bunga Rosella dan Bagaimana Cara Menanamnya

Manfaat Bunga Rosella

Salah satu bunga cantik yang banyak disukai adalah Rosella Merah, tumbuhan ini berasal dari Jamaika di negara Afrika.

Tumbuhan Rosella merah ini memiliki nama latin Hibiscus Sabdariffa. Bunga juga terkenal dengan cara adaptasinya yang baik di berbagai daerah tropis maupun subtropis. 

Bunga ini termasuk dalam kategori bunga tunggal yang memiliki batang bulat dengan cabang yang berkayu.

Daun tunggal dari tumbuhan ini berwarna hijau gelap dan berbentuk bulat seperti telur serta bergerigi.

Bunga merupakan salah satu tanaman yang memiliki bermacam bentuk dan warna yang cantik.

Selain itu bunga memiliki keharuman yang berbeda-beda, sehingga memberi kesenangan saat memandangnya. 

Setiap bunga memiliki filosofi dan makna sendiri-sendiri, biasanya bunga digunakan sebagai hiasan di rumah atau simbol ungkapan perasaan kepada orang yang di sayang.

Setiap 100 gr kelopak rosella merah terdapat kandungan vitamin c yang tinggi sekitar 260-280 mg

Kandungan vitamin c rosella lebih tinggi daripada jeruk citrus, anggur hitam, jambu biji, ataupun buah belimbing. 

Selain mengandung vitamin c, dalam bunga ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin D, Omega 3, asam amino, beta keraton, riboflavin, niacin, kalsium yang tinggi, dan zat besi.Berbagai kandungan dalam bunga ini sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Rosella

Selain bisa dijadikan hiasan, bunga rosella merah mengandung banyak manfaat karena berbagai vitamin dan zat yang baik untuk tubuh terdapat di dalamnya. 

Biasanya, bunga Rosella diolah menjadi teh untuk dikonsumsi. Beberapa manfaat dengan mengonsumsi rosella sebagai berikut:

  • Mencegah Tumor dan Kanker

Pada tumbuhan rosella terdapat kandungan polifenol yang dipercaya para ahli dapat melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Akan tetapi, dalam mengonsumsi rosella sangat perlu untuk konsultasi ke dokter ahli guna mendapat kadar yang sesuai dan khasiat terbaik dari rosella.

  • Menurunkan Berat Badan

Bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan dan berkeinginan untuk melakukan diet, dengan mengonsumsi rosella akan cukup membantu dalam prosesnya.

Kandungan vitamin c yang tinggi dapat membantu meluruhkan lemak jahat dan menghambat kerja enzim amilase dalam menyerap karbohidrat dalam tubuh.

  • Sebagai Antioksidan pada Tubuh

Dalam rosella terdapat kandungan fenolik yang berperan sebagai antioksidan yang sangat penting bagi tubuh.

Selain untuk kesehatan seperti, menangkal radikal bebas dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh, antioksidan pada rosella merah juga bermanfaat untuk kecantikan guna mencegah dari kerusakan sel tubuh dan penuaan dini.

Baca juga: Mengenal Bunga Azalea Lebih Dalam - Ciri, Jenis, dan Arti Warnanya

Cara Menanam Bunga Rosella

Serta masih banyak lagi manfaat mengonsumsi rosella merah bagi tubuh. Bunga ini memiliki lebih dari 100 varietas yang telah tersebar di seluruh dunia, tetapi hanya 2 varietas yang paling terkenal yaitu, Hibiscus Sabdariffa dan Altissima Webster

Hibiscus Sabdariffa atau rosella merah yang biasanya dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat, sedangkan Altissima Webster tidak dapat dikonsumsi karena mengandung banyak serat.

Untuk mendapatkan bunga rosella merah yang mengandung banyak manfaat perlu dilakukan penanaman dan perawatan yang baik. Berikut langkah-langkah dalam menanam rosella

  • Persiapkan lahan tanam yang baik dengan digemburkan dan dilakukan pengapuran pada tanah yang akan digunakan guna mendapat tingkat keasaman yang seimbang.
  • Persiapkan benih atau bibir rosella merah yang akan ditanam
  • Masukkan 2-3 benih atau 1-2 bibit bunga pada lubang tanah
  • Taburkan pupuk diatas benih atau bibit secukupnya
  • Kemudian tutup dengan sedikit tanah subur dan siram tanaman tersebut. Setelah tertanam dengan baik, lakukan penyiraman setiap hari, penambahan pupuk dan penyiangan secara berkala untuk merawat bunga ini.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Bunga Sedap Malam, Mau Coba?

English en