Arti dan Makna Filosofis Bunga Matahari

Bunga matahari adalah salah satu bunga yang tergolong dalam satu keluarga kenikir atau Asteraceae. Dilansir dari Wikipedia, bunga matahari memiliki nama latin Helianthus Annuus L.

Bunga matahari memiikii ciri khas tersendiri, yakni berwarna kuning cerah serta mempunyai bentuk kepala bunga yang besar. Itulah mengapa bunga ini dinamakan bunga matahari, karena memang  menggambarkan matahari.

Ada faktor yang membuat bunga matahari menjadi lebih menarik, yakni memiliki perilaku yang selalu menghadap ke arah matahari atau bisa disebut juga Heliotropisme.

Meskipun bunga matahari biasanya dijadikan sebagai tanaman hias, ternyata bunga ini juga memiliki manfaat. Diantaranya adalah sebagai penghasil kuaci sampai penghasil minyak. Inilah yang membuat banyak orang lebih senang jika memiliki dan memelihara bunga matahari.

Filosofi Bunga Matahari

Selain cantik serta memiliki banyak manfaat, ternyata bunga matahari juga mempunyai filosofis dan makna tersendiri loh! Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai arti dari bunga matahari serta filosofis yang terpendam di dalam keindahannya.

1. Kepatuhan dan Kesetiaan

Seperti yang kebanyakan orang ketahui, bahwasanya bunga matahari selalu mengikuti ke mana arah sinar matahari tertuju. Dari mulai terbit hingga terbenam, bunga matahari selalu mengikuti arah gerakan cahaya matahari.

Dari ciri khas inilah yang membuat bunga matahari seringkali dilambangkan dengan makna kepatuhan serta kesetiaan.

2. Keceriaan dan Kegembiraan

Diameter yang dimiliki oleh bunga matahari memanglah besar, sehingga bentuk inilah yang membuat bunga ini seakan memberikan arti matahari yang sedang bersinar terang.

Ditambah lagi dengan kelopak yang berwarna kuning melambangkan sebuah kehidupan yang penuh dengan keceriaan serta kegembiraan. Jadi, tidak heran jika bunga ini banyak memiliki peminat.

3. Optimis dan Semangat

Bunga matahari seringkali digambarkan sebagai simbol sifat optimis dan semangat yang tinggi.

Terlebih lagi, warna kuning yang sangat mencolok pada kelopak bunga matahari seakan memberikan energi positif bagi siapa saja yang memandangnya.

Makna dari bunga ini sendiri merupakan lambang matahari yang selalu memberikan kehangatan bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di alam semesta.

4. Persatuan dan Kebersamaan

Mungkin kamu berfikir bahwa bunga matahari berbeda dengan jenis tanaman yang lain. Kenapa bisa seperti itu?

Sebab, bunga ini memiliki bunga majemuk yang tersusun rapi dari ratusan bahkan ribuan dari bunga-bunga kecil. Nah, keunikan Itulah yang membuat bunga matahari ini memiliki makna persatuan serta kebersamaan.

5. Persahabatan

Bunga matahari meskipun memiliki warna yang cerah dan membuat orang gembira, akan tetapi bukanlah sebuah bunga yang melambangkan kesan romantis. Mengapa begitu? Bukankah bunga ini sangat cantik? Apakah itu yang kamu pikirkan?

Sebab, bunga matahari lebih merujuk kepada sebuah sebuah persahabatan yang abadi. Layaknya matahari yang akan selalu menyinari alam semesta dan tidak pernah padam.

Demikian ulasan mengenai makna serta filosofis dari bunga matahari. Bunga matahari memang bukan bunga yang diperuntukkan untuk diberikan kepada orang yang disukai.

Akan tetapi, setidaknya kamu dapat mengajak pasangan, teman, atau sahabat untuk berkunjung ke taman bunga matahari. Agar dapat menghilangkan penat saat selesai menjalankan aktivitas setiap hari.

Indonesia id