Punya Makna yang Dalam, Yuk Kenalan dengan Bunga Ageratum

arti bunga ageratum

Ageratum menjadi salah satu tanaman bunga yang memiliki pesona tersendiri dari karena warnanya  yang elok. Selain itu, bunga ini juga memiliki variasi warna, bentuk, dan struktur yang cukup beragam. 

Dibalik keindahan dari Bunga Ageratum ini, ternyata ada banyak fakta menarik yang bisa ditemukan termasuk makna dan simbol. Penasaran? 

Sekilas Mengenai Ageratum 

Ageratum merupakan salah satu bunga yang berasal dari Amerika bagian tengah dan Mexico. Bunga ini dibudidayakan, sehingga memiliki spesies yang cukup beragam, mulai dari warna sampai dengan bentuk batangnya. 

Selain itu, bunga ini bisa tumbuh dengan subur sampai mencapai 24 hingga 6 inci. Hal ini juga dipengaruhi dengan varietas dan juga lokasi geografisnya. 

Karena bentuk bunganya yang cukup unik, umumnya Ageratum bisa digunakan sebagai decorative flower untuk di taman.  Bunga ini sangat menarik karena terdiri dari warna yang cukup beragam, mulai dari pink, biru, violet, putih, dan merah. Keberagaman warnanya tersebut yang bunga ini sangat cocok untuk tanaman hias. 

Baca Juga: Kenalan dengan Bunga Ruellia, Si Tanaman Hias Kaya Manfaat

Simbolis  dari Ageratum

Seperti yang sudah diketahui, Ageratum menjadi salah satu bunga yang cukup populer karena warnanya yang indah. Tak hanya itu saja, ada banyak arti Bunga Ageratum berdasarkan karakteristik dan juga asal dari bunga ini. 

Jika dilihat dari namanya saja. Bunga ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti A adalah tidak dan Geras yaitu Tua. 

  1. Menyimbolkan Umur Panjang

Jika diartikan, bunga yang satu ini memiliki makna yaitu tanaman yang akan tumbuh sampai lama atau tanaman panjang umur. Sebab, bunga ini memiliki bentuk yang menarik saat mekar dan bertahan dalam waktu yang lama. 

Selain itu, bunga ini juga menjadi bunga sempurna untuk menyampaikan umur panjang kepada orang orang yang Kamu cintai. 

Jika Kamu membawa bunga ini pada orang yang sakit, maka Ageratum bisa menjadi salah satu cara untuk mendoakan mereka agar tetap panjang umur. Tak heran jika tanaman ini cukup populer bagi banyak kalangan. 

  1. Tanda Daya Tarik 

Ageratum dikenal karena kemampuannya dalam menarik kupu kupu dan serangga dengan cukup baik untuk membantu penyerbukannya. 

Karena alasan tersebut, bunga ini melambangkan daya tarik. Jika Kamu menemukan wanita yang disukai, maka Kamu harus mengirimkan bunga ini kepada orang tersebut untuk menghargai sifatnya yang menarik.  

  1. Tanda Keindahan

Bunga Ageratum juga tumbuh dengan indah agar bunganya mengembangkan warna yang membuatnya semenarik mungkin. Jika Kamu mengenal wanita cantik manapun dan ingin mengejutkan orang tersebut dengan cara yang sederhana, Ageratum menjadi pilihan terbaik untuk mengungkapkan perasaan. 

  1. Tanda daya tahan

Tanaman yang satu ini dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh. Hal inilah yang membuat Ageratum memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di hampir semua jenis lingkungan.  

Selain itu, tanaman ini juga tumbuh subur di bawah kondisi iklim yang ekstrim. Inilah yang membuat Ageratum menyimbolkan sebuah daya tahan yang cukup kuat. 

Baca Juga: Mengenal Bunga Camelia - Ciri, Arti, Makna Filosofis, dan Jenisnya

  1. Tanda perlindungan

Ageratum dikenal dengan sifat pelindungnya karena mengandung antioksidan.  Bahkan di beberapa budaya, diyakini bahwa mengkonsumsi Ageratum akan mencegah penuaan dini. 

Namun, jika Kamu memiliki seseorang yang ingin Kamu lindungi dengan cara apapun, maka makna Bunga Ageratum ini bisa mewakilkan perasaanmu yang sebenarnya. 

Secara keseluruhan, bunga yang satu ini memiliki simbolisme yang cukup banyak. Ini berasal dari budaya, tradisi, dan wilayah yang berbeda di seluruh dunia.  Di antara orang Yunani, bunga ini dianggap sebagai simbol umur panjang. 

Sedangkan di beberapa daerah lainnya bunga ini merepresentasikan tanda perlindungan, daya tarik, keindahan, daya tarik dan kekuatan. 

Indonesia id