Asal Usul Tradisi Pertukaran Hadiah Natal: Dari Saturnalia hingga Kisah Para Majus

Setiap bulan desember umat Kristiani selalu menantikan momen Natal, karena merupakan momen penuh rasa syukur, suka cita & kebahagiaan, karena pada perayaan ini umat kristian merayakan kelahiran Yesus Kristus, yang datang ke dunia sebagai penyelamat untuk membawa kedamaian dan mengajarkan cinta kepada sesama manusia. Pada momen Natal ini kita mengambil waktu untuk merenungkan karunia dan berkat dari kelahiran Yesus ke dunia ini dan mewujudkan syukur dengan berbagi antar sesama umat-Nya. 

Saling memberikan hampers / kado merupakan salah satu wujud syukur umat kristiani dah hal ini sudah menjadi tradisi rutin setiap tahunnya. Tetapi, apakah kamu mengetahui asal usul dan sejarah dari tradisi saling memberikan hampers / kado pada saat perayaan Natal?

Tradisi tukar kado ini bermula saat zaman romawi dan dikenal dengan nama saturnalia, nama tersebut diambil dari nama Dewa Saturnus. Orang Romawi meyakini bahwa kemakmuran yang ada pada saat itu merupakan berkat dari Dewa Saturnalia yang mengajarkan bercocok tanam sehingga membawa kemakmuan di semenanjung Italia.

Sejarah tukar kado kemudian berlanjut kisah para Majus ketika melakukan perjalanan untuk menemui Yesus yang baru lahir di Betlehem di tanah Yudea ketika Raja Herodes berkuasa. Mereka melakukan perjalanan dari timur dengan mengikuti sebuah bintang yang dikenal sebagai bintang Natal. Sebagai bentuk persembahan kepada Yesus, ada tiga hadiah.

Tiga orang bijak yang dikenal sebagai Melchior, Caspar, dan Balthazar datang dengan membawa hadiah simbolis. Hadiah yang mereka bawa mengandung objek-objek yang melambangkan kebesaran, harta berharga, dan ramuan alami. Sejak cerita tersebut, banyak yang mengaitkannya sebagai awal mula kebiasaan memberikan hadiah.

Kurang lebih satu bulan lagi natal akan datang, kamu sudah menyiapkan kado untuk orang tersayang belum? Berikut kami rekomendasikan 3 hadiah natal untuk orang tersayang.

  • Room Diffuser 
  • Produk rumah tangga seperti room diffuser hadiah yang tepat untuk diberikan kepada orang tersayang. Hadiah ini berfungsi sebagai pengharum serta penambah estetika ruangan pada acara tukar kado natal nanti!

  •  Agenda / Planner 
  • Bantu mereka menyusun resolusi tahun depan dengan memberikan agenda atau planner pada momen tukar hadiah natal yang sebentar lagi tiba! 

  • Rangkaian Bunga
  • Bunga sudah sejak dulu menjadi pembawa pesan yang sempurna, terutama untuk momen kebahagiaan. Kado bunga menyampaikan kebahagiaan dan rasa spesial, menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk momen suka cita natal


     Rangkaian bunga dalam bentuk bloom box flower, bouquets bunga dan vas bunga bisa menjadi perantara bahasa kasih dalam momen suka cita natal. Kalau kamu bingung menentukan jenis bunga yang cocok untuk orang tersayang kamu bisa langsung diskusi dengan flower consultant kami via whatsaap, tim kami akan dengan senang hati membantu kamu menentukan pilihan bunga yang tepat.
    +62859-4258-7338 (WhatsApp)

    +62877-6587-7770 is currently unavailable.

    ;" data-enable="" data-cookie-name="popup-1-popups" >