Cantik dan Menawan, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Batang untuk Halaman Rumah

Hingga saat ini terdapat banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah salah satunya adalah tanaman hias batang.

Jika biasanya  jenis tanaman yang memiliki bunga dan daun yang lebat selalu tampak indah, tanaman hias batang justru memberikan keindahan tersendiri tanpa adanya bunga ataupun daun. 

Tanaman hias batang memiliki daya tarik dan keunikan sendiri pada batang atau tangkainya. Hal inilah yang menyebabkan jenis tanaman ini lebih dipilih untuk ditanam di rumah.

Jenis tanaman ini juga bisa membuat tampilan rumah terlihat lebih kontemporer dan lebih modern. 

Bagi kamu yang juga ingin mencoba menanam jenis tanaman hias batang, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi tanaman hias batang berikut ini. 

1. Bunga Kamboja 

Terdapat dua jenis kamboja yang bisa kamu tanam di rumah, yaitu kamboja biasa dan kamboja Jepang. Perbedaan dari kedua jenis kamboja tersebut dapat dilihat dari ukuran batangnya. 

Di mana kamboja biasa batangnya lebih kecil dan batang dari Kamboja Jepang terlihat lebih besar dan akarnya hampir menyerupai umbi-umbian. 

Kamu juga perlu tahu bahwa bunga kamboja juga memiliki berbagai macam jenisnya. Jadi, pastikan kamu tahu kamboja apa yang akan kamu beli.

2. Bambu Air

Jenis tanaman hias batang yang selanjutnya adalah bambu air yang bisa tumbuh di genangan air.

Terdapat beberapa jenis bambu air yang bisa kamu tanam di rumah yaitu bambu air hijau, bambu air belang hijau putih, dan jenis tanaman bambu hias lainnya. 

Tinggi dari tanaman bambu hias ini bisa mencapai hingga 3 meter dan dengan ukuran diameter yang sangat kecil.

Dengan ukuran tersebut lah tanaman bambu hias bisa membantu mempercantik hunian kamu tanpa harus khawatir memakan banyak tempat. 

Setiap daun yang terdapat pada sendi-sendi bambu air membuat tampilan tanaman hias bambu ini terlihat lebih indah dan menawan. 

Baca juga: 3 Alasan Menanam Bunga di Rumah

3. Palem Merah 

Jenis tanaman hias batang yang selanjutnya adalah tanaman palem merah. Salah satu alasan tanaman ini dinamakan palang merah adalah karena batangnya yang berwarna merah.

Daunnya yang hijau mampu melengkapi keelokan dari tanaman hias palem merah ini. Cara tumbuhnya yang bergerombol membuat tanaman palem merah mampu memberikan nuansa yang natural dan asri pada hunian kamu. 

Selain mempercantik tampilan rumah kamu, tanaman hias palem merah ini juga akan membantu memperlancar sirkulasi udara karena palem merah mampu menghasilkan oksigen yang bersih. 

4. Bambu Kuning

Jenis tanaman hias batang ini memiliki ukuran batang yang ramping dan ruas setiap batangnya berwarna kuning. Bambu kuning ini biasanya digunakan sebagai tanaman pembatas dan tanaman penghias dari sebuah taman. 

Tanaman hias bambu kuning yang tumbuh secara berkelompok akan membuat taman terlihat lebih modern dan rimbun. Dengan begitu, kamu bisa setiap hari melihat dedaunan hijau yang tumbuh dan memanjakan mata.

5. Kaktus

Kaktus termasuk tanaman hias batang berduri yang mampu memberikan kesan menawan di pekarangan rumahmu. Perlu diketahui, kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang bisa hidup di tanah kering dan di lingkungan yang panas.

Jenis tanaman manapun yang dipilih, tentu harus dilakukan perawatan yang baik dan benar agar tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang seharusnya. 

Jadi, tanaman hias batang mana yang ingin kamu coba untuk tanam di rumah?

Baca juga: Pilihan Jenis Bunga untuk Menghangatkan Rumahmu

Indonesia id