Cara Membuat Potpourri

Mungkin ada diantara kamu yang tidak mengetahui apa itu potpourri. Nah, potpourri ini adalah pewangi yang terbuat dari campuran berbagai macam bunga, buah, ataupun tanaman yang sudah dikeringkan dan memiliki wangi yang natural. Pewangi ini umum dipakai di rumah dan diletakkan pada wadah yang cantik.

Kalau kamu masih menyimpan buket bungamu yang sudah mulai layu, jangan cepat-cepat dibuang. Ini kesempatanmu untuk membuat kreasi yang baru dengan cara yang mudah, murah dan tentu saja fungsional. Yang menarik dari potpourri adalah, kamu dapat memilih sendiri kombinasi wewangian yang kamu inginkan. Apabila kamu sudah memiliki wangi-wangi favoritmu sendiri, berkreasi dengan potpourri akan lebih menyenangkan.

Yuk kumpulkan bunga-bunga lamamu, dan mari kita mulai!

Yang kamu butuhkan:
Bunga kering, essential oils, rempah-rempah dan tentunya sedikit cinta. ❤

Langkah 1: Keringkan bungamu
Sebelum membuat potpourri, kamu perlu mengeringkan bungamu. Pilihan bunga andalan untuk dijadikan potpourri adalah bunga mawar, bunga peony ataupun lavender. Ikat lalu gantung bunga-bungamu dalam posisi terbalik, biarkan mengering di dalam ruangan untuk 2-3 minggu.



Tips: Kalau kamu tidak sabar menunggu berminggu-minggu, kamu bisa mencoba mengeringkannya dengan microwave. Letakkan kelopak bunga diantara dua kertas tisu dan panaskan di microwave selama 1 menit. Keluarkan dari microwave dan balikkan kelopak bungamu, lalu panaskan kembali selama 1 menit. Viola! Kelopak bunga keringmu sudah jadi!

Langkah 2: Tambahkan essential oils/rempah-rempah/buah kering
Setelah bungamu kering, masukkan ke dalam wadah. Kamu dapat menambahkan rempah-rempah ataupun potongan buah kering yang kamu suka wanginya, seperti kayu manis, star anise, cengkeh, irisan lemon ataupun jeruk, dan masih banyak lagi pilihan lainnya yang akan menambahkan aroma wangi pada potpourri buatanmu.



Untuk memakai buah, potong irisan buahmu dengan lebar tidak lebih dari 6mm. dapat kamu keringkan dengan menaruhnya pada nampan yang cukup besar, pastikan tidak ada yang posisinya saling menimpa satu sama lain. Tekan masing-masing irisan untuk mengeluarkan jusnya, lalu kamu bisa mengeringkannya di dalam oven atau biarkan mengering di dalam ruangan.

Tambahkan beberapa tetes essential oil, jenisnya bebas sesuai dengan kesukaanmu. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur dari potpourri.

Langkah 3: Campurkan semua bahan-bahanmu
Masukkan campuran ke dalam wadah yang tertutup dan diamkan selama beberapa minggu agar kelopak bungamu dapat menyimpan wangi-wangian tersebut. Setelah itu, kamu dapat memindahkan potpourri ke mangkuk, kantong kain ataupun tempat penyimpanan lainnya. Letakkan di ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar mandi untuk mengharumkan rumahmu. Kalau potpourri-mu sudah mulai kehilangan wanginya, kamu bisa menyemprotkannya kembali dengan wangi favoritmu dan teteskan essential oil.



Membuat potpourri bisa menjadi pilihan aktifitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga di rumah, kalau kamu membuatnya dalam jumlah banyak kamu juga dapat membagikannya ke sahabat-sahabatmu sebagai hadiah. Tidak hanya cantik dan fungsional, dengan mendaur ulang buket bungamu kamu juga turut menjaga lingkungan, dan menjaga rumahmu dari pewangi ruangan yang artificial.

Tidak perlu sayang menyimpan buket bunga dari orang yang spesial, kamu masih tetap dapat menjadikannya kenangan yang berharga dalam bentuk yang berbeda. Kami juga punya beberapa ide lainnya untuk mendaur ulang buket bungamu, yuk cek artikel berikut. Kami, Three Bouquets sebagai online florist Jakarta Barat, dengan senang hati memenuhi kebutuhan rangkaian bunga untuk orang-orang yang tersayang. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mengkonsultasikan kebutuhan kamu ya.

Indonesia id