Inilah 11 Jenis Bunga Aglonema dan Namanya

jenis tanaman aglaonema

Mungkin kamu familier dengan nama tanaman sri rejeki? Jika, familier berarti kamu sudah mengenal juga tanaman jenis Aglonema. Biasanya, tanaman ini seringkali dijadikan tanaman indoor sebagai hiasan.  

Hal ini wajar mengingat mudahnya perawatan dan daya tahan tanaman ini. Belum lagi, Corak daun yang unik dengan warna yang beragam membuat tanaman ini populer dan banyak diminati. 

Aglonema Cinta

Jenis Aglonema yang satu ini bisa dibilang yang paling populer. Biasa disebut Sri Rejeki atau Chinese Evergreen tanaman ini sangat mudah ditemukan. 

Memiliki daun bercorak dengan tulang tengah yang berwarna merah muda seolah memperkuat kesan cinta pada tanaman ini. 

Masalah perawatan pun cukup mudah, Cukup siram sekali sehari dan beri pupuk NPK daun sebulan sekali agar tanaman ini tumbuh sehat dan lebat.  

Aglonema Silver Bay

jenis kali ini mempunyai daun dengan warna kombinasi hijau dan perak. Daunnya yang berbentuk oval dan mengkilap menjadi nilai tambah untuk jenis aglonema jenis ini. 

Menariknya bunga yang satu ini pertumbuhannya terbilang cepat sekali. Jadi hanya dalam waktu dua minggu saja sudah bisa tumbuh daun yang baru.

Aglonema Prestige

Tentu tak salah jika aglonema jenis ini menjadi salah satu primadona. Nama ‘prestige’ benar-benar terlihat dari bentuk daun yang besar dengan corak warnanya unik perpaduan krem, merah bahkan pink. Batangnya yang berwarna merah muda pun seolah menjadi nilai tambah.

Aglonema Silver Queen

Sekilas jenis ini memiliki kemiripan dengan aglonema silver bay, namun jika diperhatikan dengan seksama ada perbedaan antara keduanya.

aglonema silver queen memiliki daun yang berbentuk memanjang dengan warna hijau semburat silver yang menarik. Bunga ini sering kali diletakkan secara indoor seperti pada cafe atau kantor.

Aglonema Modestum

Jenis bunga ini ternyata mempunyai ciri khas menarik pada bagian daunnya dengan warna hijau bahkan ada lurik putih yang naik serta memanjang ke bagian atas. 

Warna daun terkesan pucat sehingga menjadikan tampilannya semakin estetik. Apalagi jika kamu memajangnya dalam sebuah pot. Tanaman tersebut bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 cm.

Aglonema Widuri (Red Peacock)

Soal harga, aglonema widuri ‘Red Peacock’ ini bisa dibilang cukup tinggi dibanding beberapa jenis lainnya. Sebelumnya di Indonesia sendiri harganya sempat menyentuh jutaan.

Beberapa ciri khas dari jenis ini adalah daun berwarna hijau dengan urat daun yang berwarna merah. Warna merah yang agak dominan membuat jenis ini terkesan lebih cerah.

Aglonema Cutlass

Bentuk daun aglonema jenis ini panjang menjuntai bahkan bisa dikatakan mirip dengan belati sesuai namanya. Apalagi bagian permukaannya terkesan lembut dengan adanya guratan warna hijau gelap pada bagian tepi daun. Hal ini pastinya bisa memberikan tampilan hidup meskipun bunganya di tanam di luar maupun dalam ruangan.

Aglonema Emerald Bay

Jenis  ini merupakan varietas yang terbilang paling toleran akan cahaya rendah. Wajar saja jika tanaman tersebut begitu mudah hidup bahkan bisa bertahan pada berbagai tempat meskipun kekurangan sinar matahari. 

Warna daun kelihatan hijau matang namun sedikit ada semburan warna abu keperakan pada bagian tengah daun. Hal tersebut mampu berikan kesan tua tetapi tetap memberikan nuansa segar.

Aglonema Harlequin

Tanaman hias Aglonema kali ini paling cocok jika diletakkan luar ruangan. Sebab jika tanaman tersebut kekurangan asupan cahaya matahari, daunnya bakalan terlihat hijau dengan bercak merah muda bagian tengahnya.

Varietas harlequin ini sebenarnya merupakan hasil silangan dari jenis yang berbeda. Oleh karena jumlahnya pun sangat terbatas sehingga membuat harganya melambung  

Aglonema Suzy

Memiliki nama bak artis cantik korea, jenis aglonema ini juga memiliki bentuk yang cantik loh. Perpaduan hijau segar dengan adanya bercak merah muda yang melintang pada bagian tengah daunnya. 

Letakkan tanaman ini pada tempat yang cukup terkena sinar matahari. Sinar yang cukup akan membuat warna daun jenis ini lebih berwarna dan cerah. 

Aglonema Red Gold

Bentuk daunnya lonjong kecil dan memanjang dengan warna hijau tegas serta semburat warna merah merona. Pada umumnya bercak merah mendominasi di sekitaran bagian tengah membuat jenis ini memiliki karakter yang berbeda.

Sebenarnya, masih ada banyak jenis menarik lainnya yang bisa kamu temukan. Jika kamu tertarik untuk memelihara aglonema usahakan kamu juga mengenal karakteristik dan sifatnya. Mengingat ada jenis yang membutuhkan sinar matahari ada juga yang tidak.

Indonesia id