Bunga Candytuft, Si Bunga Liar dengan Bentuk dan Warna Mempesona

jenis bunga candytuft

Meski termasuk sebagai salah satu jenis bunga liar karena bisa tumbuh subur pada tempat tempat yang tidak diinginkan sekalipun, tidak membuat para peminat bunga candytuft menjadi surut. 

Nyatanya hingga saat ini, cukup banyak orang yang mencari benih dari bunga cantik dengan ciri khas daun mengkilap serta bunga yang terdiri atas banyak cluster ini.

Mengenal Lebih Dekat Candytuft

Candytuft atau iberis sempervirens merupakan tanaman asli dari Eropa yang sudah beradaptasi dengan baik pada sebagian besar zona USDA (United States Department of Agriculture). 

Di Indonesia, tanaman candytuft sudah cukup banyak ditemukan serta dibudidayakan oleh masyarakat.

Nama candytuft sendiri tidak berarti permen atau candy dalam bahasa Inggris, melainkan berasal dari kata Candia yang merupakan nama sebelumnya dari kota Iraklion atau Heraklion, yang merupakan kota di Pulau Kreta, Yunani bagian Selatan. Kata tuft sendiri merujuk pada bentuk kluster dari bunga tersebut.

Arti bunga candytuft jika dalam bahasa bunga melambangkan ketidakpedulian, yang berbanding terbalik dengan visual cantiknya yang membuat siapapun begitu peduli untuk memilikinya. 

Mungkin pelambangan tersebut merujuk pada karakternya yang termasuk sebagai bunga liar dan bisa tumbuh subur meski tidak dipedulikan.

Sementara nama genus Latinnya menunjukkan bahwa tanaman ini terdengar berasal dari Spanyol, dan semenanjung Iberia. 

Lalu bagian kedua dari nama latinnya yaitu sempervirens, menunjukkan bahwa candytuft mempunyai dedaunan yang selalu berwarna hijau. Karena istilah tersebut berasal dari kata latin yang berarti hidup atau selalu.

Jenis Bunga  (Iberis Sempervirens)

1. Autumn Snow

Jenis autumn snow candytuft merupakan bunga yang sangat menarik dan akar mekar kembali pada musim gugur. 

Ketika mekar, jenis satu ini akan memiliki bunga putih bersih sesuai dengan namanya. Yang mana kebanyakan mekar pada sekitaran bulan Juni dengan tinggi mencapai kurang lebih 10 inch.

2. Purity

Untuk jenis bunga candytuft purity, tingginya juga sekitar 10 inci atau satu kaki, sama dengan jenis autumn snow. Warnanya pun tidak begitu jauh berbeda, yaitu putih berkilau dan sangat cantik ketika dipandang. 

Daunnya yang sempit tetap memiliki warna hijau sepanjang tahun, namun visual paling menakjubkan terlihat pada pertengahan hingga akhir musim semi.

3. Nana

Jika jenis purity candytuft dan autumn snow candytuft memiliki tinggi mencapai 10 inci, maka lain halnya dengan jenis nana candytuft ini. 

Nana candytuft merupakan kultivar pendek yang mana pertumbuhannya hanya mencapai ketinggian sekitar 6 inci. Sementara warna bunganya adalah putih dengan visual yang indah.

4. Pink Ice

Jenis pink ice candytuft rasanya menjadi favorit banyak orang di musim semi, lantaran warna kelopaknya yang merah jambu dengan bagian tengah cenderung berwarna merah jambu tua, berbeda dengan jenis lainnya. 

Tentu warna ini sangat cocok dengan musim semi dimana para bunga lainnya juga turut bermekaran.

Menanam Bunga Candytuft

Karena termasuk sebagai bunga liar, cara menanam bunga candytuft relatif mudah termasuk pula cara perawatannya. 

Namun pertumbuhan dari tanaman ini perlu melibatkan tanah yang terapung serta alkalin pada lokasi yang cerah. Sebab candytuft umumnya tidak akan tumbuh pada tanah yang terlalu basah atau teduh.

Menanam candytuft sendiri bisa dilakukan dari biji maupun dengan cara di-stek. Apabila merambat dari stek, sebaiknya pilih batang yang hijau dan sehat serta lebih tinggi. 

Meski batang dari candytuft umumnya akan berakar sendiri, namun bisa membutuhkan waktu lama. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa melakukan pembelahan akar pada musim gugur terlebih dahulu.

Bagi Anda yang menginginkan bunga dengan visual menawan tanpa harus ribet dalam merawatnya, maka candytuft ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Pada lokasi dengan kelembaban yang tepat serta sinar matahari berkecukupan, candytuft bisa bermekaran pada musim semi, bahkan beberapa jenis tetap memiliki daun yang hijau sepanjang tahun.