Si Cantik Bunga Yarrow - Ciri, Arti, & Khasiat yang Terkandung di Dalamnya

manfaat bunga yarrow

Apakah kamu mau dikenalkan dengan salah satu bunga cantik yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan? Salah satunya adalah bunga Yarrow yang memiliki tampilan cantik dengan warna kuncup putihnya. 

Meski cukup jarang ditemukan dan dikenal, namun sebenarnya bunga yang satu ini pun cocok untuk hiasan bahkan untuk pengobatan beberapa penyakit tertentu. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Yarrow 

Memiliki nama ilmiah Achillea Millefolium, bunga kecil dengan warna putih ini masuk di dalam keluarga Herbaceous

Bunga yang sebenarnya cukup liar ini, bisa kamu kembang biakan di dalam lahan bunga atau tanaman obat di rumah. Selain memberi efek aestetika, fungsinya pun banyak dikaitkan untuk kesehatan.

Ada sesuatu yang unik dari bunga ini sendiri, yakni arti dibalik nama dan filosofi yang dipegangnya. Perlu diketahui, ternyata bunga ini memiliki banyak nama lain. Seperti Old man’s pepper yang lebih dikenal berkembang di area Asia, Eropa, dan Amerika utara. Filosofi bunga yarrow sendiri mencakup cerita panjang dari zaman Yunani kuno. 

Bunga jenis ini menjadi salah satu pilihan ketika ingin menjenguk orang sakit. Bahkan, dalam waktu tertentu bunga ini dapat menjadi simbol untuk membantu pasien menemukan kebahagiaan dan mencerminkan kehidupan mereka. 

Ciri-Ciri Bunga Yarrow 

Karena cukup jarang terdengar di telinga masyarakat, ada baiknya kamu mengenal ciri ciri dari bunga ini. Secara gamblang, dijelaskan kalau bunga ini memiliki daun yang cukup panjang 5-20 cm yang tampak saling menempel. 

Bunganya sendiri bisa kamu lihat dengan jelas memiliki 4–9 kelopak yang warnanya bervariasi mulai dari putih hingga pink. 

Biasanya, kelopak bunganya juga tampak sedikit bulat dengan total bunga dalam satu tangkai mencapai 15 sampai 40 biji. 

Menariknya, bunga ini juga memiliki buah yang disebut cypsela atau buah yang mirip achene. Morfologi bunga yarrow sendiri tampak layaknya bunga hemlock atau wortel liar. 

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Hias yang Perlu Diketahui

Khasiat & Fungsinya untuk Kesehatan 

Disebut sebagai bunga yang menyehatkan, umumnya herbalist menggunakan bagian bunga, daun, dan akarnya untuk kebutuhan obat. Bagian bagian tersebut umumnya akan diolah menjadi teh, tingtur, tapal, atau krim oles. 

Kegunaannya sendiri berfungsi baik untuk menyembuhkan demam, infeksi luka, luka, pendarahan, hemoroid, varises, hingga penyakit usus. 

Komposisi atau penggunaannya untuk terapi mandi umumnya bisa menggunakan bunga yang sudah dikeringkan. Setidaknya dibutuhkan 4 ons per galon air yang dicampur dengan air selama 30 menit, sebelum digunakan untuk mandi. 

Sedangkan untuk teh, kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh bunga atau daunnya ke 8 ons air yang diseduh selama 20 – 30 menit. 

Bahkan pamornya sudah lama dikenal sebagai obat penyembuh luka di masa peperangan. Kemampuan dari bunga ini sendiri disebut sebut bisa menghentikan atau memperlambat aliran darah. 

Manfaat bunga yarrow itu sendiri bahkan dikaitkan dengan kemampuannya untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga diri. Yang mana, dikaitkan dengan jalan pikir untuk bergerak perlahan dan tertata. 

Bahkan, manfaat inipun terkait dengan simbolisme akan cinta yang mana tumbuh perlahan dan tidak akan pudar sampai kapan pun. 

Bunga cantik nan berkhasiat yang satu ini, sebenarnya sudah banyak digunakan sebagai obat di daratan Cina dan Eropa Barat. Bahkan bunga yang tumbuh liar ini pun kerap dijadikan bahan untuk aksi spiritual hingga obat herbal sekaligus. 

Baca juga: Manfaat Bunga Kenanga dan Mitos yang Beredar di Masyarakat

Indonesia id