Mengenal 3 Bunga Nasional Indonesia

Tahukah kamu bahwa setiap negara memiliki bunga nasional? Biasanya pemilihan bunga nasional berkaitan dengan faktor budaya dan ciri khas yang dimiliki suatu negara. Misalnya saja negara Jepang dengan bunga sakura, Amerika Serikat dengan bunga mawar, India dengan bunga teratai.

Nah, bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri memiliki keberagaman flora yang sangat luar biasa. Bahkan, berbagai sumber sering menjuluki Indonesia sebagai mega biodiversity, dengan sekitar 2 juta spesies bunga yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Banyak sekali bukan?

Ada 3 bunga spesial yang secara khusus terpilih sebagai bunga nasional Indonesia oleh Keputusan Presiden no. 4 tahun 1993. Bunga-bunga ini dinilai dapat mewakili bangsa Indonesia, entah itu karena makna yang tersembunyi di dalamnya maupun karena kecantikan dan keunikannya.

Bunga Melati, Puspa Bangsa

Bunga yang memiliki nama latin Jasminum Sambac ini sangat mudah ditemui di berbagai wilayah tanah air. Tanaman melati terkelompok dalam perdu, yaitu tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak. Melati hanya mempunyai tinggi sekitar 0,3-3 meter. Secara filosofis, bunga melati dianggap sebagai lambang kesucian dan kemurnian. Bunga ini sering dipakai dalam berbagai upacara pernikahan, salah satunya di dalam adat Jawa.

Kehadiran melati menyimpan makna keindahan dan kerendahan hati, karena meskipun tidak tumbuh tinggi tapi memiliki harum yang wanginya semerbak. Dalam bunga ini terkandung harapan agar Indonesia menjadi bangsa yang tulus dan murni dalam berbagai keberagaman suku serta budaya, juga tidak lepas dari kerendahan hati yang disertai semangat untuk terus mengharumkan nama bangsa.

Bunga Anggrek Bulan, Puspa Pesona

Siapa yang tidak setuju dengan keindahan dari bunga anggrek bulan? Pertama kali ditemukan di Maluku oleh seorang ahli botani Belanda, bernama Dr. C.L. Blume. Bunga dengan nama latin Phalaenopsis amabilis ini tumbuh secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan. Anggrek bulan tidak suka terkena paparan matahari langsung, karena termasuk dalam jenis Monopodial yang bertahan hidup hanya dengan sedikit cahaya matahari.

Tidak heran bila julukan bunga nasional satu ini diikuti dengan kata "pesona" karena karakter kelopaknya yang besar dan berwarna putih ini mampu membuat kita terkagum akan kecantikannya. Si cantik ini juga dapat bertahan hidup dan tumbuh subur meski berada diketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Bunga Padma Raksasa, Puspa Langka

Familiar dengan bunga Rafflesia Arnoldii? Bunga raksasa yang tergolong langka ini memiliki 5 daun mahkota yang mengelilingi bagian tengahnya. Salah satu keunikan dari bunga ini adalah bau busuk yang dihasilkan untuk menarik serangga penyerbuk seperti lalat. Jangan sampai salah ya, bunga padma ini tidak sama lho dengan bunga bangkai. Bunga Padma Raksasa memiliki umurnya sangat singkat, hanya 5-7 hari kemudian layu dan mati. Sehingga sangat layak menyandang predikat sebagai puspa langka.

Itulah 3 bunga nasional Indonesia. Bunga memiliki banyak makna dan menjadi bagian dari sejarah suatu bangsa. Kecantikannya juga akan membuat momen-momen spesialmu menjadi lebih spesial. Three Bouquets, sebagai toko bunga di Jakarta Barat siap melayani kebutuhan bunga untuk berbagai kebutuhanmu. Kami hanya menyediakan bunga berkualitas dengan harga yang terbaik. Entah itu dalam momen ulang tahun, pertunangan, dan berbagai momen spesial lainnya.

Indonesia id