5 Cara Merawat Bunga Asoka

cara merawat bunga asoka

Akhir-akhir ini bercocok tanam bisa dibilang sebagai hobi yang banyak dilakukan. Banyak orang yang mulai melakukan kegiatan ini bukan hanya karena tergiur akan indahnya tanaman-tanamannya, melainkan karena juga adanya beberapa tanaman yang mempunyai harga yang fantastis.

Salah satu tanaman unik yang tidak pernah luput dari incaran orang sejak dahulu sampai sekarang yaitu bunga Asoka.

Bunga jenis ini mempunyai bentuk bunga yang kecil namun tumbuh dengan bergerombol, sehingga terbilang sangat unik.

Dari warnanya pun terlihat sangat cerah sehingga sangat cocok untuk menghiasi rumah Kamu. Lalu bagaimanakan cara merawat bunga Asoka agar terlihat tumbuh dengan cantik?

1. Lakukan Penyiraman dengan Rutin

Perawatan dasar yang wajib dilakukan dalam rangka merawat bunga Asoka bisa dibilang hampir sama seperti merawat bunga dan tanaman lainnya, yaitu dengan melakukan penyiraman secara rutin.

Kamu tidak perlu menyiramnya dalam waktu yang relatif sering, cukup satu kali dalam sehari saja, yaitu bisa Kamu pilih baik di pagi hari maupun di sore hari.

Usahakan Kamu menyiram bunga asoka ini dengan menggunakan air yang bersih, bukan air yang mengandung zat kimia, seperti air bekas cucian atau air pembuangan limbah pabrik.

Hal ini dilakukan agar bunga asoka dapat tumbuh dengan lebih sehat, sehingga warnanya akan tampak lebih cerah.

Penggunaan air kotor juga akan membuat bakteri tumbuh di bunga asoka.

2 Beri Pupuk

Cara merawat bunga asoka yang selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberikan pupuk pada bunganya.

Usahakan Kamu memberikan pupuk jenis pupuk daun, sehingga bunga asoka bisa terangsang untuk menumbuhkan daun serta bunga yang lebih banyak.

Untuk pemberiannya sendiri, apabila Kamu menanamnya di pot berikan pupuk sebanyak 2/3 dari bunga asoka yang ditanam langsung di tanah.

Baca juga: 5 Bunga dan Tanaman untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

3. Lakukan Penyiangan

Selain menyiram dan memberi pupuk, untuk mendapatkan bunga asoka yang cantik Kamu juga harus melakukan penyiangan.

Penyiangan ini dimaksudkan untuk memangkas gulma atau rumput liar yang akan membuat bunga asoka mengalami hambatan dalam pertumbuhannya.

Karena dengan adanya rumput liar di sekitar bunga asoka, maka nutrisi dari pupuk dan air yang sudah diberikan akan lebih banyak diserap oleh rumput liar tersebut dibandingkan oleh bunga asokanya itu sendiri.

Maka dari itu, sebisa mungkin Kamu harus melakukan penyiangan dengan rutin sebagai salah satu cara merawat bunga asoka yang tepat.

Baca juga: 3 Alasan Menanam Bunga di Rumah

4. Lakukan Pemangkasan Batang

Karena bunga asoka juga termasuk ke dalam jenis tanaman kayu, maka kamu juga harus memperhatikan batang kayunya.

Kamu harus rajin memangkas batangnya, supaya bunga asoka bisa tumbuh dengan lebih cantik.

Waktu yang terbilang baik untuk melakukan pemangkasan batang ini adalah ketika kamu selesai menyiramnya atau setelah memberi pupuk pada bunga asoka.

5. Tempatkan Agar Terkena Sinar Matahari

Sama seperti tanaman lainnya, bunga asoka juga harus Kamu tempatkan di tempat yang terpapar sinar matahari, terutama pada pagi hari. Karena sinar matahari pagi sangat berperan penting dalam pertumbuhan bunga asoka itu sendiri.

Namun, pada saat siang hari, usahakan bunga asoka yang Kamu miliki tidak terpapar langsung oleh sinar matahari, karena ditakutkan akan terjadi kekeringan pada bunga asoka.

Nah, itulah beberapa cara merawat bunga asoka yang terbilang cukup sederhana dan tentunya juga sangat mudah. Maka dari itu, jangan sampai Kamu melewatkan proses perawatan-perawatan ini ya!

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Halaman Rumah

Indonesia id