5 Keunikan Bunga yang Jarang Diketahui

Apa yang kamu pikirkan pertama kali ketika mendengar kata bunga? Hadiah anniversary, penghias taman yang indah, atau ucapan belasungkawa? Memang tidak bisa dipungkiri bunga sudah menjadi bagian yang sering kita temui di keseharian kita. Tapi tahukah kamu ada beberapa keunikan bunga yang belum diketahui banyak orang? Yuk kita lihat 5 di antaranya!

1. Banyaknya Ragam Jenis dan Spesies

Total spesies tanaman yang berbunga di seluruh dunia berjumlah sekitar 250.000 sampai 400.000 jenis. Tanaman berbunga, meliputi lebih dari 90% spesies tanaman dunia. Tiga keluarga terbesar membentuk hampir 25% dari tanaman berbunga. Mereka adalah keluarga aster & bunga matahari, (Asteraceae) dengan sekitar 24.000 spesies, keluarga anggrek (Orchidaceae) dengan sekitar 20.000 spesies, dan keluarga kacang-kacangan atau kacang (Fabaceae) dengan 18.000 spesies.

Bunga dengan diameter terbesar di dunia adalah Rafflesia arnoldii yang biasa disebut corpse lily. Bunga langka ini ditemukan di hutan Indonesia. Panjangnya bisa mencapai 1 meter dan beratnya mencapai 11 kilogram. Bunga ini adalah tanaman parasit, tanpa daun, akar, atau batang yang terlihat. Rafflesia arnoldii memiliki bau busuk yang sangat kuat dan tidak menyenangkan, sehingga mendapat julukan "bunga bangkai."

2. Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisikmu

Siapa sangka menghadirkan bunga dalam keseharianmu dapat menjaga mood dan semangatmu, bahkan membuatmu lebih produktif dalam menjalani hari. Meletakkan bunga pada ruangan yang sering kamu tempati juga membantu kesehatan fisikmu terutama saat masa pemulihan dari sakit, banyak studi yang sudah membuktikan hal tersebut. Yuk coba taruh sebuah buket bunga mawar di meja kerja atau ruang keluargamu dan rasakan manfaat bunga bagi kesehatanmu.

3. Tanaman pengusir nyamuk

Bunga geranium dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, karena memiliki aroma yang mirip dengan jeruk dan mawar. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kamu dapat menanam tanaman ini di dalam pot dan kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang ingin masuk ke dalam rumah. Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna yang cantik.

4. Hanya mekar di waktu tertentu

Setiap bunga memiliki musim-musim tersendiri untuk mekar, tidak semua jenis bunga dapat mekar sepanjang tahun. Misalnya saja bunga sakura yang mekar sekitar April sampai Mei. Bunga memiliki faktor genetik dan protein yang menentukan waktu mekarnya, faktor eksternal lain seperti cuaca, suhu, dan sinar matahari juga berpengaruh. Apabila kamu menyukai jenis bunga tertentu, penting untuk mengetahui kapan bunga itu mekar sehingga kamu dapat membelinya di waktu yang tepat.

5. Dapat dimakan dan diminum

    Keunikan bunga yang satu ini banyak diketahui oleh pencinta obat herbal. Bunga chamomile dan melati umumnya dicampur teh hangat untuk disajikan saat bersantai. Chamomile juga dipercaya dapat membantu agar kamu lebih rileks, serta mengurangi rasa cemas akibat depresi, membantu mengurangi insomnia, dan meningkatkan semangat. Selain itu, bunga mawar juga bisa dimakan lho. Kelopak bunga mawar memiliki wangi yang harum dan rasa yang sedikit manis, cocok dimakan bersama dengan salad ataupun granola.

    Itulah 5 dari banyaknya keunikan bunga yang dapat kamu temukan. Apabila kamu membutuhkan bunga segar untuk menceriakan harimu, berikut katalog buket bunga terbaik kami. Three Bouquets adalah toko bunga di Jakarta Barat yang siap memenuhi kebutuhan bunga untuk keseharianmu dengan harga terbaik.

    Indonesia id