Mengenal Bunga Verbena dan Bagaimana Cara Menanamnya

macam macam bunga verbena

Tidak ada habisnya memang flora dan varian bunga di bumi Indonesia. Mulai dari yang mudah ditemukan di sekitar rumah sampai yang hanya ada di puncak Bromo pun ada. 

Sebut saja si bunga Verbena. Bunga yang mirip seperti lavender ini sempat ramai jadi omongan karena warnanya yang cantik. 

Tentang Bunga Verbena

Masuk dalam keluarga Verbenaceae, nama bunga dengan panggilan verbena ini mungkin masih jarang terdengar di Indonesia. 

Namun kehadirannya di dataran Semeru tepatnya sabana Ranu Kumbolo ternyata menjadikannya cukup viral. Sebenarnya, bunga verbena sendiri sebagian besar habitat aslinya ada di Amerika dan Asia. 

Menariknya pula, bunga dengan warna yang cenderung keunguan, pink, atau putih ini pun memiliki lebih dari 250 spesies. 

Jika diperhatikan sebenarnya tampilan bunga ini tampak seperti lavender, yang mana sempat jadi sensasi bagi para pendaki gunung Semeru. 

Ternyata bunga ini justru dianjurkan untuk dimusnahkan atau dicabut oleh para ranger dan pengelola TNBTS. 

Hal ini karena macam macam bunga verbena ternyata sangat cepat berkembang biak dan dapat bertahan di cuaca yang panas kering dengan cahaya matahari lebih dari 8 jam perhari.

Baca juga: 3 Cara Merawat Bunga Vinca dengan Mudah

Arti Nama Bunga Verbena  

Siapa sangka, dibalik sifatnya yang merusak, bunga ini menjadi favorit lebah dan kupu kupu. Warnanya yang begitu cantik dan bentuknya yang tinggi menjulang pun kerap dijadikan objek foto para pendaki gunung Semeru. 

Secara gamblang, bunga ini memiliki sifat perkembangan yang cukup cepat dengan masa mekar sepanjang Mei sampai Oktober. 

Bentuk dan warnanya pun beragam bergantung dengan variannya. Ada yang menjulang tinggi dengan bunga ungu, atau bahkan memiliki kombinasi bunga kecil dua warna. 

Jangan salah, ternyata verbena atau vervain memiliki arti dan juga makna filosofis yang romantis. Hal ini tergambarkan dari kebahagiaan, perlindungan, dan kreativitas bunga yang satu ini. 

Cara Menanam Verbena Di Rumah 

Apakah kamu tertarik untuk menanamnya? Jika memang ia, sangat disarankan untuk berhati-hati saat menanam bunga ungu ini. Bunga ini bisa berkembang cepat meski hanya dengan bibit saja. 

Kamu tidak perlu bingung tentang media tanam, karena Verbena bisa berkembang di bermacam jenis tanah di musim panas. 

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk menanam bunga ini pun cukup sederhana. Cukup sediakan pot berukuran 15 cm dan benih saja. Masukkan campuran pupuk dan tanah 1:1 lalu timbun dua biji verbena di dalam tanah. 

Tidak perlu memadatkan tanah, kamu hanya perlu menyemprot air setiap hari dan hindarkan pot verbena mudah dari sinar matahari langsung. 

Cara Perawatan Bunga Verbena 

Dengan cara menanam bunga verbena yang mudah, perawatannya pun tidak ribet. Hindari tanaman ini dari genangan air. Bunga verbena lebih kuat tumbuh di tanah kering dibanding basah. 

Ganti saja dan berikan pupuk kandang secara berkala, siram secara teratur, dan hindarkan dari sinar matahari langsung. 

Meski demikian, bunga ini ternyata banyak ditemukan di daratan gunung Semeru. Warnanya yang cantik dan arti kata yang indah menjadi godaan besar untuk menanamnya. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Bunga Asoka

Indonesia id