Mengenal Bunga Ranunculus, Si Cantik yang Beracun

budidaya bunga ranunculus

Bunga Ranunculus tentu saja menjadi tanaman indah yang mungkin tidak asing lagi bagi pecinta bunga. Ranunculus memang menjadi salah satu bunga yang memiliki warna mencolok.

Bahkan, berbagai macam warna Ranunculus terkesan sangat mencolok dan menyala seperti kuning, merah muda, putih. Warna-warna cerah ini tentu saja bisa membuat taman Anda menjadi sangat indah. 

Ranunculus juga sering disebut dengan persia Ranunculus. Ranunculus menjadi bunga dengan spesies umum. Siapa yang menyangka jika ternyata Ranunculus memiliki lebih dari 700 spesies bunga. 

Arti Bunga Ranunculus yang Indah

Ranunculus menjadi bunga liar yang umum ditemukan, di beberapa daerah, biasanya Ranunculus dikenal dengan nama buttercup. Biasanya, berbagai macam bunga memiliki arti atau maknanya tersendiri. 

Begitu juga dengan Ranunculus, arti bunga Ranunculus memiliki simbol tersendiri. Ranunculus sebenarnya melambangkan daya tarik, pancaran dan pesona. 

Oleh sebab itu, jika kekasih Anda memberikan ranunculus, artinya ia terpesona oleh diri Anda. Bahkan, di dalam bahasa Victoria, memberikan Ranunculus berarti ia tertarik dengan wanita tersebut. Ranunculus sendiri merupakan nama dengan kombinasi dari 2 kata latin. 

Rana memiliki arti katak sedangkan unculus memiliki arti sedikit. Nama ini disebabkan karena Ranunculus dulunya tumbuh di sepanjang sungai dan memiliki jumlah yang begitu banyak layaknya katak kecil yang ada di musim semi. 

Untuk jenis Ranunculus persia, tanaman ini berasal dari Timur Tengah, namun untuk Ranunculus liar, biasanya sangat mudah ditemukan di Amerika Serikat. Anda bisa menemukan bunga ini di sepanjang jalan serta padang rumput. 

Ranunculus bisa ditanam di rumah, baik menggunakan pot maupun ditanam langsung di taman. Biasanya, Ranunculus digunakan untuk menambah keindahan pelaminan atau sebagai karangan bunga pengantin. 

Bahkan, jika dilihat dari historisnya, penduduk Amerika Serikat menggunakan Ranunculus sebagai obat untuk mengobati nyeri otot, menghilangkan kutil serta sakit sendi. 

Baca Juga: Inilah 8 Bunga Pernikahan Paling Populer Sepanjang Masa!

Budidaya Bunga Ranunculus di Rumah

Setelah membahas keindahan ranunculus, kurang lengkap rasanya jika kita tidak melakukan budidaya sendiri di rumah. Ranunculus dewasa bisa memiliki ketinggian hingga 16 inci serta lebar 12 inci. 

Ranunculus memiliki kelopak yang tipis serta berlapis-lapis. Berikut cara untuk melakukan budidaya bunga ranunculus, antara lain:

  • Cara menanam ranunculus
  • Untuk menanam ranunculus, Anda bisa menyiapkan media tanam seperti bunga pada umumnya. Media tanam bisa di pot maupun langsung di taman. 

    Kemudian, Anda dapat menaburkan biji Ranunculus pada akhir musim kemarau. Ranunculus lebih mudah tumbuh ketika musim dingin. 

  • Perawatan ranunculus
  • Untuk masalah perawatan, Ranunculus sebenarnya tidak membutuhkan perawatan tertentu. Anda cukup merawat Ranunculus dengan membiarkan tanah atau media tanam menjadi tetap lembab. 

    Selain itu hindarkan bunga Ranunculus dari sinar matahari secara langsung. Jika media tanam Ranunculus terlihat kering, Anda bisa segera menyiraminya. 

  • Pemindahan ranunculus
  • Jika bibit Ranunculus sudah mulai tumbuh. Anda dapat memindahkan Ranunculus ke dalam pot dengan ukuran lebih besar saat daun berjumlah 4 atau 5 buah. 

    Ketika musim hujan, Ranunculus akan berkembang namun, ketika musim panas, Ranunculus akan berhenti berkembang. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga suhu penanaman dengan baik agar media tanamnya tidak begitu panas. 

    Meskipun Ranunculus merupakan bunga yang begitu indah. Namun Anda harus berhati-hati ketika menanam Ranunculus di taman. Hal ini disebabkan karena Ranunculus merupakan salah satu bunga beracun.

    Baca Juga: Kenalan dengan Bunga Ruellia, Si Tanaman Hias Kaya Manfaat

    Sehingga ketika hewan atau manusia tidak sengaja memakannya, Ranunculus bisa menyebabkan kerusakan pencernaan yang disebabkan oleh racun. Bahkan, dalam beberapa kasus terjadi kematian setelah memakan bunga Ranunculus ini.

    Indonesia id