Bunga Bougenville - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

jenis bunga bougenville dan arti filosofisnya

Bunga bougenville atau yang biasa disebut juga dengan bunga kertas merupakan salah satu jenis bunga yang cukup populer di Indonesia.

Warna bunga yang sangat cerah menjadi salah satu faktor keindahan dan daya tarik dari jenis bunga yang satu ini. Maka tak heran jika bunga ini banyak diminati oleh banyak orang.

Namun meskipun bunga ini sudah banyak yang menanamnya, faktanya masih banyak orang yang tidak mengetahui secara mendalam tentang bunga ini.

Untuk itu, agar Kamu lebih mengetahui seluk beluk dari bunga bougenville, maka akan di bahas di bawah ini:

Ciri-Ciri Bunga Bougenville

Bunga bougenville memiliki ciri khusus di mana terdapat batang yang keras dan berduri tajam serta bercabang-cabang. Biasanya batang bunga bougenville ini memiliki tinggi kurang lebih 5 hingga 15 meter.

Sedangkan, daunnya merupakan daun tunggal yang bertangkai dan duduk berhadapan serta memiliki bentuk daun yang bulat dan ada juga yang berbentuk elips dengan ujung daun yang runcing dengan sisi yang sama.

Panjang daunnya sekitar 4-10 cm dan lebarnya adalah 2-6 cm.Bunganya memiliki bentuk yang kecil dan memiliki 3 kelopak dan di setiap satu bunga ini, pasti memiliki daun pelindung dengan ukuran yang besar.

Bunga ini sangat tipis, maka tak heran jika sering disebut-sebut sebagai bunga kertas.Biasanya bunga bougenville ini akan menggugurkan daun-daunnya ketika sedang berbunga.

Dengan begitu, Kamu hanya akan melihat bunga saja dan dilengkapi dengan daun pelindung.

Bunga ini memiliki banyak warna sesuai dengan jenisnya, ada yang berwarna merah, merah muda, kuning dan ada juga yang berwarna putih.

Baca juga: 5 Bunga Cantik untuk Halaman Rumahmu

Arti dan Makna Filosofis Bunga Bougenville

Bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki arti kasih sayang, baik untuk anak, orang tua, pasangan maupun yang lainnya.

Filosofi bunga bougenville ini sangat beragam, namun ada 2 pendapat yang cukup terkenal tentang bunga bougenville ini. Adapun filosofinya yaitu:

Menurut Adat Jawa

Menurut pemikiran orang Jawa, bunga ini memiliki sifat satrio wirang yang artinya bunga tersebut akan mendatangkan dampak buruk bagi pemilik rumah atau dengan kata lain, akan mendatangkan malu bagi pemilik rumah.

selain itu, jika menanam bunga ini di depan rumah, maka dipercaya bahwa laki-laki yang tinggal di rumah tersebut tidak akan betah di rumah.

Sedangkan bagi perempuan yang ada di sana akan sulit untuk mendapatkan jodoh.

Menurut Feng Shui

Berbeda dengan filosofi versi adat Jawa, menurut Feng Shui bunga ini memiliki kebaikan untuk seisi rumah. Namun jika ingin menanamnya, harus memilih warna yang tepat.

Biasanya warna merah dipercaya akan membawa keberkahan dan kekayaan. Sedangkan, dirinya akan mampu menghindarkan pemilik rumah dari orang-orang yang memiliki niat jahat.

Jenis Bunga Bougenville

Bunga bougenville memiliki jenis yang cukup banyak dengan warna yang semuanya cerah dan tentunya akan sangat indah jika ditanam di depan rumah. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  • Bougenville Bambino Majik
  • Bougenville Barbara Karst
  • Bougenville Alexandra
  • Bougenville Coconut Ice
  • Bougenville Cherry Blossom
  • Bougenville Baby Victoria
  • Bougenville Bambino Baby Lauren
  • Bougenville Bambino Baby Allison
  • Bougenville Gold Rush
  • Bougainvillea California Gold

Demikianlah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui tentang bunga bougenville. Selain warnanya yang cerah dan indah, bunga ini juga tidak memiliki bau yang menyengat. Jadi sangat cocok untuk kamu yang sensitif dengan wangi-wangian.

Baca juga: 7 Jenis Bunga & Tanaman yang Dipercaya Dapat Membawa Rezeki, Benarkah?
Indonesia id