Bunga Dahlia - Ciri, Arti, Makna Filosofis, dan Jenisnya

Bunga dahlia memiliki susunan warna yang memikat mata serta dapat dikombinasikan dengan beragam bunga lainnya yang memiliki bentuk ramping atau kecil.

Ciri-Cirinya Bunga Dahlia

Bunga ini masuk dalam daftar tanaman perdu berumbi. Yang mana memiliki sifat perenial alias tahunan. Bunga ini dapat mekar dari awal musim panas bahkan hingga musim gugur.

Bunga Dahlia berasal dari negara Meksiko dan dinobatkan sebagai bunga nasional di sana. Hal ini ditengarai dari eksotisme serta keindahan yang disajikannya. Bunga cantik ini kerap dikatakan sulit berkembang biak.

Dalam satu umbi umum tumbuh satu bunga saja. Namun, soal keindahannya jangan tanyakan. Bunga dengan kelopak runcing dan simetris mampu memikat siapa saja. Bunga dahlia termasuk dalam daftar makanan bagi Lepidoptera. yaitu, sejenis larva kupu-kupu yang cantik.

Arti Bunga Dahlia

Bunga Dahlia diartikan sebagai sebuah penghormatan. Bunga ini kerap dijadikan buket bunga pada acara tertentu, seperti pernikahan.

Memiliki bentuk kelopak bunga yang simetris, runcing serta memiliki pola yang urut. Membuat pesona bunga dahlia tetap memikat. Terlebih pada acara semacam ini. Gradasi warna kembang ini seolah menyajikan keceriaan tersendiri. Sehingga makin membuat acara terlihat menyenangkan.

Bahkan, di negeri Paman Sam, bunga ini dijadikan kembang resmi di wilayah Seattle. Atau lebih tepatnya di Washington. Dikatakan jika sebagian besar jenis bunga ini menghasilkan kembang yang menawan, juga cantik. Sehingga, kembang ini dijadikan komoditas yang penting di sektor bunga potong.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Warna Bunga Lily

Makna Bunga Dahlia

Sesuai dengan tampilannya yang begitu indah dan elegan. Bunga menunjukkan makna martabat, komitmen, hingga keabadian. Oleh sebab itulah tak jarang bunga ini sering dijadikan sebagai simbolisasi dalam acara pernikahan.

Filosofi Bunga Dahlia

Dikenal sulit berkembang biak, bunga ini membutuhkan sejumlah perawatan. Termasuk ketelatenan, ketegaran hingga kecermatan penanaman. Maka, banyak yang menyebutkan filosofi dahlia bisa sebagai simbolisasi sebuah kesabaran.

Sehingga, bunga ini bisa lho Anda jadikan hadiah bagi orang istimewa. Yang mungkin saja telah setia, sabar dalam mendidik atau mendampingi Anda. Rona warnanya yang beragam turut mampu menyumbang makna atas kehidupan yang wajib diperjuangkan

Baca juga: Bunga Lavender - Ciri, Arti, Makna, Filosofi dan Jenis-Jenisnya

Jenis Bunga Dahlia

Ada banyak varian atau jenis dari bunga cantik dahlia yang bisa ditemui, seperti:

1. Yuki Temari Dahlia

Meksi terdapat unsur nama dari negeri Sakura. Namun, sesungguhnya tanaman ini bukan dari negara Jepang. Yuki Temari Dahlia ini identik dengan warna yang putih bersih dan memikat.

Anda dapat melihat di area sari bunga warna putih cenderung merah jambu. Hal ini disebut-sebut sebagai kolaborasi yang menawan dan elegan.

2. Hanakerusai Dahlia

Jenis kedua ini mencolok dengan warna merah dengan aksen kuning di bagian tengahnya. Bentuk mahkota kembang ini sedikit runcing dan berkelompok. Sehingga terkadang terkesan bertumpukan.

Baca juga: Mewakili Perasaan! Ini 7 Jenis Bunga yang Melambangkan Kesedihan

3. Dahlia Kuning

Penyuka warna tentu akan dibuat terpesona dengan jenis ketiga ini. Layaknya jenis lain, dahlia kuning mempunyai mahkota dengan detail mungil bergerombol. Tangkainya yang panjang menegaskan bentuknya yang sangat presisi.

Sebetulnya ada banyak sekali jenis dahlia yang bisa Anda ketahui. Jika masih penasaran, bisa lho mengulik florist terdekat di kota Anda.
Liquid error: Could not find asset snippets/translation-lab-language-switcher-floating.liquid