Bunga Marigold - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenis Bunga Marigold

Marigold ataupun bunga yang sangat terkenal dengan sebutan nama bunga gemitir ataupun gumitir nama khas di Pulau Bali. Mempunyai warna kuning cerah dan banyak digunakan sebagai sebuah tanaman hias, terutama biasanya ada di dalam acara pernikahan.

Keindahan bunganya yang sangat mempesona ternyata juga telah dilengkapi dengan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Bunga ini bisa dikonsumsi ataupun diolah dengan berbagai cara untuk memperoleh manfaatnya, semuanya itu tergantung dari kebutuhan.

Ciri-Ciri Bunga Marigold

Bunga ini mempunyai ciri dengan warna kuning ataupun orange dengan suguhan bunganya yang terlihat gemuk. Bunga ini sedikit terlihat bentuk membulat, mempunyai beberapa kelopak yang biasa terlihat saling bertumpukan.

Dalam hal ini ada juga yang mana bunganya juga terlihat berwarna putih. Daun-daun serta batangnya diketahui tumbuh membentuk seperti semak dengan sebuah ketinggian mampu mencapai sekitar 90 cm.

Baca juga: 7 Jenis Bunga & Tanaman yang Dipercaya Dapat Membawa Rezeki, Benarkah?

Arti & Makna Bunga Marigold

Tanaman yang dikenal sebagai sebuah Marigolds ini terbagi dalam 2 kategori utama jika berdasarkan dari nama ilmiahnya. Kelompok pertama yaitu termasuk dalam anggota keluarga Calendula dan yang kedua masuk dalam keluarga Tagetes.

Bunga ini memiliki arti keindahan, kekayaan, kemasyhuran, dan kehangatan yang dilambangkan melalui warna kuningnya cerahnya. Bunga ini juga bisa dimaknai sebagai jam kecil yang mengartikan waktu yang terbatas.

Filosofi Bunga Marigold

Musim semi itu sangat identik dengan banyaknya bunga yang bermekaran. Filosofi tersebut biasa digunakan untuk bisa menyampaikan perasaan untuk seseorang yang mau diberikan bunga, ataupun hanya sekedar untuk menggambarkan diri sendiri. Marigold mempunyai filosofi dalam kehidupan diantaranya:

  • Keputusasaan serta kesedihan karena telah kehilangan cinta.
  • Keindahan serta kehangatan akan matahari terbit.
  • Memenangkan sebuah kasih sayang seseorang yang melalui sebuah kerja keras.
  • Kreativitas serta dorongan untuk bisa sukses.
  • Keinginan akan sebuah kekayaan.
  • Kekejaman serta kedinginan akibat dari kecemburuan.
  • Persembahan yang sangat suci untuk para Dewa.
  • Mengingat serta juga merayakan orang mati.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Inilah Jenis-jenis Bunga untuk Wisuda yang Cocok

Jenis-jenis Bunga Marigold

1. Tagetes Cottage Merah

Merupakan bunga yang berwarna merah terang memiliki 5 kelopak dengan sebuah warna emas pada bagian tengah serta warna kuning pada bagian pinggir kelopak. 

Untuk kelopaknya terlihat berbentuk seperti sekop dengan sebuah ujung persegi. Dedaunannya lebat dengan warna hijau gelap serta akan tetap utuh untuk sepanjang masa pembungaan.

2. Baileya Multiradiata

Bunga berwarna kuning mencolok ini sangat tahan lama serta juga cerah dengan sebuah batang hampir tanpa adanya daun. Di atas permukaan dedaunan itu terlihat berwarna abu-abu hijau. Bunga ini terlihat bisa berubah warna seiring dengan berjalannya usia.

Baca juga: Mewakili Perasaan! Ini 7 Jenis Bunga yang Melambangkan Kesedihan

3. Calendula Officinalis

Untuk bunga ini mempunyai bentuk dengan semi ganda dalam berbagai ragam warna seperti hanya krem, merah tua dan kuning, serta ada juga oranye sebagai sebuah dedaunan yang hijau.

4. Marigold Pom Pom

Untuk tanaman ini bisa menghasilkan banyak sekali bunga yang berbentuk pom pom dalam sebuah warna apricot, orange, serta kuning. Bunga ini terlihat berkembang biak dengan sangat baik di suhu dingin tetapi tidak bisa tahan dalam cuaca panas.

Inilah seputar bunga Marigold, arti, jenis, makna dan filosofinya yang bisa Anda ketahui. Gambaran sebuah bunga yang sangat cantik dan menawan serta juga menggambarkan sebuah makna yang mendalam untuk sebuah kehidupan.

Indonesia id