Jangan Asal Pilih, Inilah Jenis-jenis Bunga untuk Wisuda yang Cocok

Proses pelantikan kelulusan mahasiswa/i yang telah menyelesaikan jenjang perguruan tinggi atau wisuda, biasanya digelar cukup ramai dengan segala haru dan bangga.

Kegiatan perayaan tersebut digelar dengan diiringi ucapan selamat dari rekan dan keluarga serta kerabat dekat yang dibarengi pemberian bingkisan atau buket sebagai simbol ucapan. Buket bunga wisuda dengan berbagai jenis bunga sendiri hingga saat ini masih menjadi favorit.

Akan tetapi, ternyata tidak semua bunga dapat dijadikan sebagai buket untuk ucapan selamat atas kelulusan seseorang. Mengingat setiap bunga memiliki karakteristik dan filosofi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis bunga yang cocok diberikan sebagai simbol ucapan selamat dalam perayaan wisuda.

1. Bunga Mawar

Bunga mawar tentu saja menjadi bunga yang hampir ada bahkan seperti bunga wajib dalam buket. Karena bunga yang melambangkan romantisme, cinta, serta persahabatan ini pun sangat cocok diberikan tidak hanya pada kekasih saja. Varian warna yang sangat beragam pun sangat cocok digunakan sebagai buket bunga untuk wisuda.

2. Bunga Anggrek

Jenis bunga untuk wisuda selanjutnya adalah bunga anggrek. Selain dijadikan sebagai tanaman hias peliharaan, ternyata beberapa jenis anggrek dapat digunakan sebagai sebuah rangkaian bunga yang cantik untuk diberikan sebagai simbol ucapan selamat. Karena bunga anggrek melambangkan keindahan, keanggunan murni dan kekuatan.

Bunga anggrek ini kerap digunakan untuk hand buket ucapan selamat kepada seseorang yang melakukan perayaan wisuda. Sayangnya, bunga anggrek termasuk bunga ‘VIP’ dimana tidak selalu ada dan harganya memang lebih mahal. 

3. Bunga Lily

Dalam rangkaian buket bunga ternyata bunga lily bisa dibilang termasuk yang paling populer. Bunga lily memiliki memiliki bentuk yang elegan dan cantik. Namun setiap warna bunga, memiliki makna masing-masing.

Sehingga mudah untuk disesuaikan dengan tujuan kamu. Semisal kamu ingin mengungkapkan perasaan bahagia pilih bunga lili berwarna kuning. Sementara untuk mengungkapkan romantisme dan persahabatan, bunga lili putih adalah pilihan yang terbaik.

4. Anyelir

Bunga anyelir dikenal sebagai salah satu jenis-jenis bunga untuk wisuda yang melambangkan kebahagiaan. Sehingga sebagian besar simbol ucapan selamat dengan buket bunga menggunakan bunga ini. Pilih bunga anyelir merah saat hendak memberikan ucapan selamat mengingat warna merah anyelir menggambarkan perasaan kagum dan persahabatan. 

Keuntungan lain dari bunga anyelir adalah daya tahannya. Bunga anyelir dapat bertahan selama beberapa minggu walaupun telah dipotong dari pohonnya.

5.Tulip

Alternatif selanjutnya buket bunga untuk wisuda adalah menggunakan bunga tulip. Diantara beberapa bunga yang telah disebutkan diatas, Bunga tulip bisa dibilang sebagai bunga yang serbaguna karena memang cocok untuk berbagai momen.

Varian warna yang disuguhkan oleh bunga ini memiliki warna-warna yang cerah dan indah, yang tentunya dapat disesuaikan dengan warna kostum yang dipakai. Hal ini pun dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan dengan warna favorit dari orang yang akan diberi buket bunga tersebut.

Itulah beberapa bunga yang dapat dijadikan sebagai simbol ucapan selamat untuk rekan, kerabat atau teman yang sedang melaksanakan wisuda. Kamu perlu memahami jenis-jenis bunga untuk wisuda yang sesuai, mengingat setiap bunga memiliki maknanya masing-masing. Atau beberapa di antaranya diperuntukkan untuk hal-hal tertentu.

Oleh karena itu kamu perlu untuk lebih teliti dan cermat dalam memilih bunga apa yang akan digunakan untuk rangkaian buket. Jadi jangan sampai niat baik kamu saat memberi mereka ucapan selamat justru disalah artikan karena salah pilih bunga ya.

Baca juga:

Bunga Terbaik untuk Kado Ulang Tahun
Pilihan Kado Terbaik untuk Menemani Buket Bungamu

Indonesia id