Bunga Melati - Ciri, Arti, Makna Filosofis, & Jenisnya

Bunga melati merupakan salah satu dari jenis bunga yang tumbuh di semak-semak. Meski ada beberapa dari jenis melati yang terlihat tumbuh merambat, tapi pertumbuhannya tersebut cenderung terlihat tidak beraturan.

Melati itu merupakan sebuah tanaman dari famili zaitun atau Oleaceae. Nama latin dari bunga ini yaitu Jasminum sp. yang mana kemudian menjadi populer dan dikenal dengan sebuah istilah Jasmine. Setidaknya untuk hal ini diketahui ada sebanyak 200 spesies dari bunga melati yang telah tersebar yang ada di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Bunga Melati

Berikut ini beberapa ciri dari bunga melati adalah sebagai berikut :

  • Tanaman melati ini bisa tumbuh dengan sangat subur jika telah berada di sebuah daerah yang diketahui beriklim hangat.
  • Bunga tersebut mempunyai daun dan mempunyai warna hijau serta juga bunga melati yang terlihat cukup sangat halus.
  • Pada dasarnya untuk bunga tersebut terdiri dari 5 kelopak, jadi bunga ini membuatnya cukup sangat mirip dengan bentuk bintang.
  • Pada umum bunga melati tersebut mempunyai warna putih dan bersih. Tapi ada juga bunga melati yang mempunyai kelopak yang berwarna kuning orange seperti halnya jenis dari bunga melati musim dingin.
  • Tinggi dari tanaman bunga melati ini bisa terlihat mencapai sampai sekitar 3 meter bahkan bisa juga lebih.

Baca juga: Mengenal 3 Bunga Nasional Indonesia

Makna dan Filosofi Bunga Melati

Bunga melati ini diambil dari sebuah kata bahasa Persia, yasmin yang mempunyai arti yaitu hadiah dari Tuhan. Secara filosofis, bunga melati menggambarkan kesucian serta ketulusan dan juga keanggunan dalam kesederhanaan.

Pada umumnya untuk bunga melati ini mempunyai ukuran yang kecil dan berwarna putih, jadi memang tidak mempunyai warna-warni seperti halnya jenis bunga yang lainnya.

Bunga melati ini mempunyai keharuman serta juga wangi semerbak. Aroma dari bunga ini sering dikaitkan sebagai sebuah lambang cinta serta kasih sayang. Di Negara Amerika Serikat, bunga melati ini juga memiliki makna sebagai sebuah lambang cinta, romansa, serta juga kecantikan.

Sementara itu di negara Thailand, untuk bunga melati ini menjadi sebuah simbol kasih sayang dari seorang ibu yang memang sangat luas serta juga sebagai rasa hormat kepada seorang ibu.

Baca juga: 5 Bunga dan Tanaman untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Jenis-Jenis Bunga Melati

Berikut ini beberapa jenis dari bunga melati yang tersebar di dunia ini, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Jasminum officinale

Untuk bunga melati gambir ini bisa mencapai ketinggian sampai 6 meter atau juga bisa lebih. Selain itu untuk perawatan melati ini tidak begitu membutuhkan banyak air.

Jadi, disini Anda hanya perlu untuk menyiramnya sekitar seminggu sekali ataupun setiap dua minggu dalam sekali.

2. Jasminum Nudiflorum

Untuk bunga melati musim dingin ini sangat dikenal juga dengan sebuah sebutan melati kuning. Bunga melati tersebut termasuk ke dalam famili semak yang biasa bernama Oleaceae.

Oleh karena itu tidak hanya itu saja, maka bunga ini juga sangat dikenal dengan sebutan bunga melati dari Saint Joseph.

3. Jasminum Elongatum Willd

Untuk jenis bunga ini merupakan salah satu dari jenis Jasmine Flower ini bisa tumbuh mencapai tinggi sekitar 1 sampai 7 meter. Ciri secara fisik untuk bunga ini yaitu memiliki beberapa daun yang terlihat berbentuk oval serta juga biasa tersusun secara berpasangan yang biasa ada di sepanjang batang bunga ini.

Indonesia id