Yuk, Kenalan Dengan Bunga Rain Lily dan Bagaimana Cara Menanamnya

Cara Menanam Bunga rain lily

Terletak tepat di garis khatulistiwa, Indonesia dianugerahi dengan banyak sekali flora indah. Bunga-bunga pun mudah ditemukan dan berkembang di daratan tanah air. 

Tak terkecuali si canting bunga Rain Lily atau lily hujan yang cantik. Bunga ini sebenarnya banyak ditemukan di Indonesia, namun tak sedikit yang masih belum paham. Jika kamu tertarik, simak ulasan berikut ini. 

Mengenal Si Cantik Bunga Lily Hujan

Memiliki nama latin Zephyranthes, bunga yang tumbuh liar di daerah tropis ini juga memiliki nama lain seperti bunga lily hujan, lily peri,  karena bunga kecil nan cantik ini cenderung tumbuh saat musim hujan.

Pada umumnya, bunga ini sangat cocok untuk mengisi halaman kosong pada ruang taman atau untuk memberi tampilan natural pada pertumbuhan tanaman natural. 

Menariknya, bunga yang satu ini kerap muncul di daerah dengan cahaya dan tidak membutuhkan perawatan rumit. Karena kemudahan ini pula, maka tidak jarang bunga ini dapat ditanam di dalam pot atau luar ruangan. 

Ukurannya yang kecil dengan tinggi max 30 cm pun membuat bunga ini banyak menjadi pilihan untuk menghias area. 

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Warna Bunga Lily

Ciri-Ciri Bunga Lily Hujan

Bunga lily hujan memiliki berbagai jenis warna mulai dari merah muda, kuning, bahkan putih. Selain warna, kamu pun bisa mengidentifikasi lily hujan dari bentuknya yang menyerupai terompet dengan pola daun memanjang. 

Uniknya, daun bunga yang dimiliki setiap kuncupnya adalah sekitar 6 lembar saja. Ditambah dengan warna yang mengkilap, bunga ini cukup sering menarik perhatian. 

Selain itu, bunga ini pun paling sering tumbuh subur di musim hujan. Selama suhu udara tidak berada di bawah 2ᵒC, maka bunga nan cantik ini pun bisa tumbuh subur. 

Ada satu hal yang menari dari penanaman dan perawatannya. lily hujan bisa menghasilkan varietas bunga yang berbeda dari setiap indukannya. Hal ini pula yang menyebabkan setiap bunga rain lily memiliki sifat yang berbeda. Perbedaan ini pun mencakup warna hingga baunya. 

Cara Menanam Bunga Lily Hujan (Rain Lily

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan bunga lily hujan, kamu bisa menanamnya di tanah yang memiliki perairan baik dan mendapat cahaya cukup. Hindari lokasi dengan genangan air setelah hujan lebat. 

Di Indonesia, bunga ini bisa ditanam hampir setiap saat karena bisa bertahan dan berkembang sepanjang tahun (kecuali musim dingin).

Kebutuhan budidaya pun cukup minimal dengan media tanam campuran gambut dan pupuk kakung. Ada baiknya gunakan rasio 1:1 agar bunga lebih subur. 

Bibit bunga lily pun tidak boleh langsung ditanam, karena beresiko lebih mudah rusak atau gagal bertumbuh. Setelah ditanam di dalam lubang 0,5 cm, letakkan bunga di area teduh namun tetap terkena matahari langsung. 

Setelah melalui beberapa cara menanam bunga rain lily, kamu akan mendapatkan kecambah dalam waktu 2-4 hari saja. Agar tetap subur dan hidup, kamu hanya perlu menyiramnya sehari sekali saja. 

Berikan pupuk setiap dua bulan sekali untuk menjaganya tetap sehat. Jika beruntung, kamu bisa mendapat bunga lily hujan putih atau kuning yang bila dijual harganya bisa lebih mahal dibanding bunga lily biasa. 

Pada dasarnya, bunga Zephyranthes ini bukanlah varietas bunga baru di Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan pengembangannya dilakukan dengan penyilangan demi menghasilkan varietas baru yang bisa mendatangkan keuntungan secara komersial.

Baca juga: 9 Hal yang Tidak Kamu Ketahui tentang Bunga Lily
Indonesia id