Bunga Salvia, Si Kaya Manfaat yang Sering Dijadikan Herbal

ciri dan manfaat bunga salvia

Sebagai salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaat secara herbal, salvia banyak diburu oleh masyarakat untuk ditanam di rumah. 

Meski khasiatnya sangat banyak, namun penggunaan salvia juga tidak boleh sembarangan. Sebab bunga salvia ini dapat menciptakan kondisi consciousness pada seseorang.

Mengenal Lebih Dekat Salvia

Jika mendengar nama salvia, seolah olah seperti sedang membicarakan seseorang karena namanya terlihat seperti nama orang. Namun salvia ini adalah satu satu nama bunga yang memiliki bentuk unik dengan warna mencolok. 

Nama salvia ini sendiri berasal dari bahasa latin yaitu salvere, yang artinya adalah merasa baik dan sehat. 

Salvia termasuk dalam famili labiatae yang asalnya dari negara Meksiko, beberapa juga menyebut salvia berasal dari Brazilia. 

Di Indonesia sendiri, salvia sudah tumbuh dan berkembang sejak lama. Masyarakat dalam negeri biasa menyebutnya dengan nama bunga sage. Dimana bunga sage kerap ditemukan di daerah dataran tinggi.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk menjumpai salvia di daerah dataran rendah asalkan tempatnya terbuka. 

Walau menyukai tempat yang cenderung terbuka, bunga salvia nyatanya tidak memiliki daya tahan yang cukup terhadap paparan sinar matahari secara terus menerus. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Bunga Violet dari Ciri, Klasifikasi dan Maknanya

Ciri Khas Salvia

Umumnya, salvia menghasilkan bunga dengan tampilan mencolok. Mulai dari biru, ungu, merah, putih, juga kuning tapi relatif sangat jarang. 

Bunga yang berwarna ungu sekilas terlihat mirip dengan lavender, sebab bunga diproduksi di tandan dan daunnya terlihat seperti bentuk dari daun mint dengan bulu halus yang tumbuh.

Panjang kelopak salvia lazimnya sekitar 10 hingga 30 cm, dengan kelopak yang bentuknya memanjang serta menumpuk ke arah atas. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari salvia. 

Mahkota bunganya muncul dengan panjang 4 hingga 5 cm, dengan bibir mahkota bagian atas yang terlihat melekuk ke arah dalam.

Sementara bibir mahkota bagian bawah memiliki taju tengah yang besar dan tampak seperti terbelah. Seperti yang telah disebutkan, banyak anggota spesies salvia yang mempunyai rambut atau trikoma pada bagian bunga, daun dan batangnya. 

Meski ada juga jenis salvia yang tidak ditemukan rambut pada daunnya yang berbentuk bergerigi. Ciri ciri utama bunga salvia adalah buahnya berbentuk lonjong dan kecil dengan biji warna hitam. 

Dimana biji biji tersebut nantinya dapat digunakan untuk memperbanyak tanaman salvia. Bahkan melakukan perbanyakan terhadap salvia lebih bagus menggunakan biji ketimbang stek batang, karena hasilnya seringkali dianggap kurang maksimal.

Manfaat dari Salvia

Seluruh bagian dari salvia bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Dimana tanaman satu ini mempunyai sifat rasa manis serta efek farmakologis, yang dapat digunakan sebagai antipiretik dan menurunkan panas. 

Selain itu, salvia juga bisa digunakan untuk mengatasi bisul, mengobati luka terkilir, mimisan, pendarahan, hingga bengkak.

Bahkan, di dunia medis, salvia ini dimanfaatkan lebih dari itu. Seperti untuk menenangkan pasien yang memberontak, melindungi sel saraf, mengurangi gejala parkinson, hingga menghilangkan sakau bagi mereka yang menggunakan morfin dan alkohol. 

Kendati demikian, salvia tidak boleh digunakan sembarangan. Pasalnya salvia, khususnya salvia divinorum, memiliki kandungan salvinorin A yang dapat menyebabkan halusinasi, euforia berlebihan, dan perasaan rileks. 

Efek dari salvia ini biasanya hanya berlangsung selama 1 hingga 2 jam. Dari ciri dan manfaat bunga salvia, bisa dibilang bahwa tumbuhan ini adalah tanaman ganja yang legal karena tidak membuat kecanduan.

Meski dapat mengakibatkan halusinasi yang sulit untuk dibedakan dengan kenyataan, namun UU Narkotika Republik Indonesia tidak melarang penanaman salvia secara pribadi karena penggunaannya juga tidak membuat kecanduan. Bahkan bentuk dari salvia yang cantik membuatnya juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Baca Juga: Bunga Vinca - Ciri, Klasifikasi, Manfaat, Makna & Jenisnya
Indonesia id