Bunga Vinca - Ciri, Klasifikasi, Manfaat, Makna & Jenisnya

Berbagai Jenis Bunga Vinca dan Maknanya

Bunga vinca dikenal juga dengan sebutan Periwinkle ini ada di hampir seluruh daerah tropis yang ada di dunia, seperti india, Indonesia, China, Australia dan benua Amerika, tepatnya Amerika Selatan dan Amerika Utara. 

Di Indonesia sendiri, bunga ini dikenal dengan nama bunga Tapak Dara atau Vinca. Sebagai tanaman hias, bunga ini memang banyak  dijumpai di halaman-halaman rumah. 

Sebenarnya, bunga ini termasuk jenis tumbuhan semak pendek yang merupakan tumbuhan hijau sangat mudah tumbuh dan tidak menggugurkan semua daunnya, serta dapat tumbuh di berbagai musim secara terus menerus dan berbunga sepanjang tahun. 

Tak heran, jika tumbuhan ini juga dikenal sebagai tumbuhan hijau abadi atau evergreen. Bunga ini tidak hanya menjadi bunga penghias halaman, ada banyak khasiat dan manfaat yang bisa diperoleh dari bunga cantik ini. 

Selain itu, ciri unik dari bunga ini membuatnya memiliki beragam jenis dan makna filosofis yang tak terduga.

Ciri Tanaman Bunga Vinca

Perpaduan warna yang unik memang menjadi ciri khas utama dari bunga ini. Dengan 5 kelopak bunga yang memiliki lubang pada bagian tengahnya, dengan panjang antara 1 – 2,8 cm menjadikan bunga ini memang terlihat berbeda. 

Tinggi tanaman ini memang kurang dari 50 sampai 90 cm, namun ia dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 800 meter dpl. Ciri lain dari tanaman bunga ini adalah cabangnya yang dapat tumbuh ke samping dengan tinggi antara 0,2 meter hingga 1 meter. 

Selain dapat tumbuh di berbagai daerah dan cuaca, tumbuhan ini juga dapat tumbuh di tekstur tanah yang berbatu. Warna daun bunga ini hijau dengan urat-urat daun yang pucat.

Pada bagian batangnya terkadang terdapat rambut halus. Sedangkan buahnya adalah buah kering yang memiliki panjang 2 sampai 4,7 cm dengan banyak biji hitam yang kecil-kecil.

Klasifikasi Bunga Vinca

Berdasarkan klasifikasinya, bunga tapak dara ini berasal dari Kingdom Plantae, dari divisi Tracheophyta dan dari ordo Gentianales.

Famili tanaman ini adalah Apocynaceae, dengan genus Catharanthus G. Don dan dari kelas Magnoliopsida yang berspesies Catharanthus roseus G.Don.

Baca juga: 5 Keunikan Bunga yang Jarang Diketahui

Manfaat Bunga Vinca

Banyaknya kandungan kimia dalam tanaman bunga ini membuat tanaman ini sering juga dipakai dan dimanfaatkan, bunga dan daunnya untuk pengobatan. Seperti kandungan senyawa alkaloid yang terdapat pada daunnya, ternyata ampuh untuk melawan sel-sel kanker.

Selain senyawa alkaloid, ada juga senyawa vindoline dan leurosine yang bermanfaat untuk penyakit diabetes yaitu sebagai pengganti insulin. 

Selain itu, ekstra daunnya juga telah diteliti ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh serta sebagai anti-mikroba yang mampu mengobati luka. 

Makna Filosofis Bunga Vinca

Bunga Vinca yang berasal dari kata latin vincire, sebenarnya memiliki arti membelenggu atau mengikat.

Secara simbol bunga ini dilambangkan sebagai bentuk kesucian, kebajikan dan nostalgia. Hal ini karena pada abad pertengahan bunga inilah yang diikatkan ke perawan Maria.

Jenis Bunga Vinca

Ada 4 jenis bunga yang bisa dibudidayakan dalam berbagai media tanam dengan warna yang berbeda-beda. 

  1. Vinca Minor yaitu bunga dengan warna daun agak pekat, namun tumbuh kerdil. 
  2. Vinca Major adalah tanaman dengan bentuk kebalikan dari vinca minor. Bentuknya tanamannya yang tinggi hingga mencapai 25 cm dengan warna bunga ungu bergradasi putih pada bagian tengah.
  3. Vinca Difformis adalah tanaman dengan bentuk yang sedang dan memiliki bunga berwarna putih dengan gradasi biru.
  4. Vinca Herbacea adalah tanaman yang mampu menyebar di seluruh permukaan tanah dengan warna daun hijau mengkilap.

Gimana, kamu tertarik untuk memiliki bunga vinca di rumah?

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Hias yang Perlu Diketahui

Indonesia id