Bunga Sedap Malam - Ciri, Jenis, Manfaat, dan Perawatannya

Bunga Sedap Malam - Ciri, Jenis, Manfaat, dan Perawatannya

Sejak dulu, bunga sering dimanfaatkan sebagai hiasan atau ada juga yang dipakai untuk pembuatan parfum. Bunga sedap malam memiliki nama latin polianthes tuberosa.

Bunga yang berasal dari Meksiko ini sering digunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikannya bangsa Aztec.

Bunga sedap malam yang sudah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur ini tumbuh sepanjang tahun pada bulan Februari hingga Oktober.

Bagi pecinta bunga pasti ingin memilikinya, mungkin kamu adalah salah satunya. Untuk semakin menambah pengetahuan kamu tentang bunga ini, mari simak penjelasan berikut:

Ciri-Ciri Bunga Sedap Malam

Ada beberapa ciri-ciri bunga sedap malam yang bisa dikenali.

  • Bunga jenis ini tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak.
  • Daunnya berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilap di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun.
  • Ada bintik-bintik berwarna kemerah-merahan pada pangkal daunnya.
  • Ukuran daunnya bisa mencapai sepanjang 60 cm.
  • Bisa bertahan hingga 5 hari walau sudah di potong-potong.

Jenis-Jenis Bunga Sedap Malam

Diperkirakan ada sekitar lima belas spesies dengan genus polianthes dengan sembilan spesies bunganya berwarna putih, satu berwarna putih dengan merah, dan dua berwarna merah.

Jika berdasarkan jumlah kelopak yang dimiliki setiap bunga, maka bunga sedap malam memiliki 4 tipe yaitu:

1. Jenis Single

Bunga jenis ini memiliki mahkota bunga yang jumlahnya hanya satu baris. Jenis ini memiliki aroma yang lebih kuat daripada bunga sedap malam yang lain, sehinga banyak diambil bunganya dijadikan minyak esensial atau diambil ekstraknya dan juga dijadikan hiasan.

Berikut ini yang termasuk jenis single yaitu Hyderabad Single, Calcutta Single, Phule Rajani, Mexican Single, Kalyani Single, Shrinagar, Prajwal, arka Nirantara, Rajat Rekha, Kahikuchi Single, dan Pune Single.

2. Jenis Semi-Double

Bunga sedap malam jenis ini memiliki dua sampai tiga baris mahkota bunga dengan batang yang lurus.

Bunganya berwarna putih, biasa digunakan untuk bunga potong dan diambil ekstraknya. Ada 1 jenis Semi-double yang dinamakan dengan Roro Anteng.

3. Double

Jenis yang satu ini memiliki lebih dari tiga baris mahkota bunga dalam tangkai yang lurus. Dengan bunga yang berwarna putih dan juga ada yang kemerahan.

Jenis double ini memiliki beberapa jenis bunga yaitu Suvasini, Vaibhav, Pearl Double, dan Dian Arum.

4. Jenis Variegata

Pada jenis ini pada daunnya terlihat garis yang keperakan atau kuning keemasan. Yang termasuk jenis ini yaitu Rajat Rekha dan Swarna Rekha.

Baca juga: Bunga Kamboja - Ciri, Jenis, Arti, dan Filosofi

Manfaat Bunga Sedap Malam

Banyak orang bahwa bunga yang satu ini hanya bisa dimanfaatkan sebagai hiasan saja, tapi tahukah kamu bahwa bunga ini memiliki manfaat yang lebih dari itu loh! Berikut manfaat bunga sedap malam.

1. Mengobati Bisul dan Bengkak

Untuk mengobati bisul dan bengkak, kamu harus menyiapkan bunga dan akarnya. Lalu, cuci keduanya hingga bersih dan ditumbuk halus.

Selanjutnya, tempelkan bahan yang sudah halus tadi ke area yang mengalami bengkak atau pun bisul.

2. Memberikan Sensasi yang Menenangkan

Siapa yang menyangka bunga ini juga bermanfaat untuk menghilangkan stress. Kamu hanya perlu menyiapkan bunga ini untuk dijadikan aromaterapi.

3. Menjadi Bahan Utama Parfum atau Wewangian

Hal ini sudah tentu tak asing lagi untuk kamu. Bunga dengan aroma yang menenangkan ini banyak diburu oleh masyarakat.

Maka tak heran jika bunga ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum atau bahkan pengharum ruangan.

4. Mengatasi Insomnia dan Meredakan Flu

Untuk mengatasi hal ini, campurkan bunga ini dengan salah satu dari bahan-bahan ini, seperti jahe, bawang merah, bawang putih.Alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila kamu sedang sakit.

Hal ini bertujuan agar sakit kamu tidak semakin parah atau terjadi hal yang tidak diinginkan karena kesalahan penggunaan bahan-bahan obat tertentu. Rujukan medis merupakan hal yang tepat untuk mengobati masalah kesehatan.

Baca juga: Bunga Aster - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Cara merawat bunga sedap malam ini tidak jauh berbeda dengan merawat tanaman lain pada umumnya. Cara merawatnya kamu hanya perlu menyiramnya dua kali sehari yaitu waktu pagi hari dan siang hari.T

Tapi hal itu harus kamu hentikan ketika umbi sudah mengeluarkan tunas. Karena kamu hanya perlu menyiramnya satu kali dalam sehari saja.

Nah itulah beberapa informasi tentang bunga sedap malam yang terkenal wangi. Bagaimana, apakah kamu ingin menjadi salah satu orang yang ingin menanam bunga ini?

Baca juga: Ragam Jenis Bunga Asoka dan Ciri-Cirinya