Bunga Aster - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

Bunga Aster - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

Dalam bahasa Yunani, bunga aster sering disebut juga sebagai bintang. Bunga ini memiliki banyak jenis warna yang akan membuat siapapun terpana melihatnya. Bahkan, bunga ini juga banyak digunakan dalam berbagai acara pernikahan, perayaan kelulusan, dll.

Ciri-Ciri Bunga Aster

Ketika melihat bunga ini tentu Anda bakal mudah mengenalinya. Berikut ciri fisik dari bunga aster.

1. Ukuran Tanaman

Ukuran bunga aster berkisar antara 30 hingga 70 cm. Namun, pada jenis tertentu ada yang dapat tumbuh tinggi melebihi 70 cm.

2. Batang 

Pada batang bunga ini terdapat sejumlah percabangan. Cabang-cabang ini ditengarai sebagai tempat tumbuhnya bunga baru.

3. Daun

Daun kembang ini tergolong lebar, dengan tepi bertekstur kasar dan bergerigi. Sedangkan warna daunnya hijau namun tidak begitu tua

4. Bunga

Detail bunga aster sendiri cenderung tersusun rapi dan melingkar. Bentuknya serupa dengan bunga matahari dan juga bunga krisan. Sebab mereka sama-sama dari keluarga Asteraceae.

Namun, bagian mahkota bunganya mempunyai besar yang berbeda. Warna bunga ini juga bervariasi, mulai dari putih, kuning hingga ungu. Sementara untuk aromanya, cenderung soft alias lembut.

5. Rentang Tumbuh

Bunga ini masuk dalam daftar siklus kembang perennial atau tahunan. Biasanya, bunga aster dapat tumbuh hingga lebih dari setahun, sehingga tak heran jika tanaman bisa disebut juga sebagai bunga tahunan.

Baca juga: Bunga Dandelion Si Pemikat Hati

Arti & Makna Bunga Aster

Bunga aster dapat diartikan sebagai rasa kebijaksanaan, keberanian juga keyakinan. Penamaan bunga ini juga tidak lepas dari bentuknya yang menyerupai bintang. Di mana, bintang sering dijadikan simbol cahaya juga harapan. Ada makna tersembunyi di balik bunga aster, yaitu pesan cinta juga kasih sayang.

Filosofi Kembang Aster

Bunga aster dapat difilosofikan sebagai sebuah upaya hingga harapan. Tak heran jika kembang ini kerap dimanfaatkan untuk ucapan atau penghargaan. Khususnya bagi sosok-sosok yang Anda anggap istimewa.

Baca juga: Mengenal Bunga Daisy, Bunga yang Menggambarkan Cinta Setia

Jenis-Jenisnya Bunga Aster

Bunga ini memiliki beragam jenis dengan ciri khas yang unik dan indah, seperti:

1. Aster Kayu Biru

Mempunyai warna lebih soft dan muda. Atau cenderung ungu kebiruan serta dominasi warna putih. Sementara aksen biru ini hanya berupa semburat saja.

Bunga jenis pertama ini berasal dari wilayah Amerika Utara bagian timur. Bunga ini mekar antara bulan Agustus hingga Oktober dan dapat tumbuh di ketinggian hingga 1.200 meter dpl.

2. Aster Kuning

Mempunyai nama latin Eucephalus breweri datang dari wilayah California. Khususnya di kawasan pegunungan Sierra Nevada. Bentuknya seperti bintang dan berwarna kuning soft. Ukuran bunganya kira-kira 5 cm.

Bunga ini dapat tumbuh hingga 1 meter dan bisa ditemukan di sekitar pohon Caudex. Anda bisa menemukannya bunga ini di wilayah barat laut Nevada hingga ke Oregon.

3. Aster Biru

Spesies Aster ini datang dari Kanada dan paling populer karena warnanya yang menawan. Bunga dengan nama latin Symphyotrichum laeve mempunyai tinggi 70 cm. Kombinasi warna aster spesies ini diduga paling eksotis ketimbang lainnya.

Nah, kini Anda makin bisa membedakan beberapa spesies bunga aster kan? Jadikan  koleksi bunga potong, yuk!

Threebouquets merupakan toko bunga online terlengkap di Jakarta yang dapat membantu Anda menemukan kebutuhan bunga Aster yang dicari. Kami melayani same-day delivery service yang pastinya akan menjaga kualitas dan kesegaran bunga yang dikirimkan.

Baca juga: Arti Warna Bunga Anggrek - Ciri, Makna, Filosofi, & Jenisnya

Indonesia id