Bunga Dandelion Si Pemikat Hati

Keindahan dan keharuman bunga memang bisa memikat hati siapapun mulai dari keharuman yang semerbak sampai pada warnanya yang begitu mengagumkan. Karena hal inilah tak heran jika banyak orang menyukai bunga, bahkan sampai menjadikannya hiasan di beberapa momen sakral.

Perlu kamu ketahui sebenarnya banyak terdapat jenis bunga di dunia ini yang tumbuh liar tanpa ada perawatan khusus, namun memiliki keunikan yang memikat hati. Bahkan ada sebagian bunga alih-alih mengeluarkan bau harum, justru mengeluarkan bau menyengat. Tetapi tetap saja memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Sebagian dari bunga unik itu adalah bunga dandelion.

Bunga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan ini tumbuh liar di Indonesia. Bijinya yang terbang tertiup angin bisa mencapai 5 mil dan mendarat di tanah. Jadi tidak heran jika kamu banyak menemukan bunga ini di pinggir jalan, di halaman rumah, atau bahkan di ladang karena memang bunga yang satu ini bisa tumbuh dengan kuat meskipun hanya ditetesi air hujan.

Di samping itu bunga yang di Indonesia di juluki Randa tapak ini termasuk dalam genus Taraxacum dari famili Asteraceae. Ciri khusus dari bunga ini adalah bentuk batang yang kecil dan panjang, serta bunga yang berwarna tergantung jenisnya. Ada yang berwarna ungu, kuning, dan sebagainya. Menurut sejarah, Bunga ini berasal dari daratan Eropa dan Asia, namun sekarang sudah banyak menyebar karena bunga ini bisa tumbuh dengan subur di mana-mana.

Arti dan Makna Bunga Dandelion

Arti dari bunga yang memiliki julukan Randa Tapak yang memiliki makna tanaman bunga, hal ini menggambarkan dandelion sendiri yakni tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil yang tertiup angin hingga hilang dari pandangan mata. Bunga Dandelion memiliki arti yang cukup untuk menyentuh hati, sehingga orang-orang sering mengaitkan kehidupannya dengan bunga ini.

Bunga ini memiliki makna yang begitu mendalam bagi kehidupan. Dia bisa tumbuh dimana saja mulai dari tepi tebing yang curam hingga di semak-semak. Bijinya yang terbang mengikuti arah angin hingga mendarat di suatu tempat pun mengajarkan bahwa, dalam hidup orang harus mengikuti alurnya dan tetap kuat meskipun sudah terseok-seok.

Batang yang bisa tumbuh di tebing jurang tadi juga bisa dianalogikan bahwa dalam keadaan tersulit pun harus tetap bertahan hidup, jangan menyerah untuk hal yang nantinya akan membuat dirimu menyesal. Karena tidak ada gunanya menyerah maka bertahanlah jika ingin menjadi orang sukses. karena sukses butuh proses. Ini makna yang bisa ditangkap dari bunga unik ini.

Bunga Dandelion mengajarkan kepada semua orang bahwa dalam hidup harus berani, optimis, dan beradaptasi dengan lingkungan sebaik mungkin. Seperti yang kamu tahu hidup itu keras, jadi jika kamu hanya bermalas-malasan maka tidak akan mendapat apapun dalam hidup ini, jangan pernah merasa tidak pantas karena semua orang pantas memiliki hal yang diinginkan asal tidak merugikan orang lain.

Jangan pernah untuk menjadi orang yang tertindas atau bahkan menindas, lawanlah dengan berani kehidupan yang keras ini. Karena suatu saat kamu akan merasakan bahwa dalam hidup membutuhkan keberanian dan tekad yang kuat untuk melewati semua ini. Teruslah berjuang seperti biji bunga ini yang terbang sendirian tanpa takut ada bahaya yang mengancam.

Filosofi Bunga Dandelion

Filosofi dari bunga Dandelion itu sendiri yaitu pengharapan, cinta, kebahagiaan, keceriaan, serta kesetiaan. Bagi yang sedang dirundung kemuraman belajarlah dari bunga yang satu ini. Filosofi yang mendalam akan bunga ini menjadikannya bunga yang unik dan identik dengan quote-quote kehidupan yang terjadi.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai bunga dandelion si unik pemikat hati siapapun. Bagi yang sedang membaca ulasan ini mungkin bisa mengambil hikmah yang ada dalam sebuah bunga yang bahkan tidak memiliki keharuman semerbak mawar dan melati, namun memiliki makna dan filosofi yang begitu mendalam.

Baca juga:

Bunga Lavender - Ciri, Arti, Makna, Filosofi dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Lebih Dekat Bunga Edelweis

Unik, Ternyata Ini Arti, Makna dan Filosofi Bunga Sakura di Jepang

 

Indonesia id