Yuk Kenalan dengan Bunga Snowdrop Yang Punya Banyak Arti

ciri ciri bunga snowdrop

Snowdrop flower yang dikenal sebagai tanaman herbal ini merupakan salah satu varietas dari Amaryllidaceae. Bunga yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup menawan seperti namanya seputih salju. 

Selain itu, masih banyak fakta menarik lainnya, seperti arti dan juga karakteristik bunga snowdrop. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya seperti berikut ini!

Sekilas Mengenai Snowdrop Flower 

Bunga yang satu ini awalnya diyakini sebagai bunga liar yang berasal dari kawasan Inggris. Namun jika dilihat dari catatan sejarah, sebenarnya bunga indah ini berasal dari Eropa dan Timur Tengah. 

Awalnya, bunga dibawa ke Inggris oleh orang Romawi karena berada di genus kecil dari sekitar 20 spesies tanaman dari keluarga Amaryllidaceae. Pada saat itu Carl Linnaeus seorang ahli botani Swedia menanamkan Snowdrop atau lebih dikenal dengan Galanthus Nivalis di daerah Eropa. 

Kemudian, bunga yang satu ini diperkenalkan ke daerah lainnya di luar Eropa dan Timur tengah pada tahun 1753. Selain itu, bunga ini semakin hari kian tersebar berbagai penjuru dunia dan di naturalisasi sesuai keadaan dari negaranya. 

Simbolisme Snowdrop Flower 

Bunga snowdrop ternyata memiliki banyak arti dan simbol ydang terkait dengannya, Bunga yang satu ini memiliki makna yang cukup mendalam yaitu kepolosan, kemurnian, sampai dengan simpati. 

Sedangkan di Inggris pada masa Victoria, bunga ini diartikan sebagai tanda keberuntungan dan kematian. Apalagi jika bunga dipetik dan dibawa ke dalam rumah, tentu dianggap sebagai lucky. 

Salah satu alasan kenapa bunga ini dianggap sebagai keberuntungan atau rezeki adalah karena banyak ditemukan di sekitar kuburan. Bunga ini dapat tumbuh subur di atas makam atau di pinggir pinggir kuburan. 

Hal inilah yang menjadikan kenapa bunga tetesan salju ini melambangkan penghiburan serta simpati sekaligus. 

Sementara itu, alasan kenapa bunga ini diberi arti sebagai kemurnian serta kepolosan disebabkan beberapa faktor. Alasan pertama yang harus diketahui yaitu mekarnya bunga ini terjadi pada akhir musim dingin. 

Selain itu, bunga yang satu ini juga tumbuh subur pada awal musim semi. Karena alasan tersebut, arti bunga snowdrop dianggap melambangkan harapan. 

Baca Juga: Si Cantik Bunga Yarrow - Ciri, Arti, & Khasiat yang Terkandung di Dalamnya

Karakteristik Snowdrop Flower 

Bunga yang satu ini merupakan tanaman tahunan yang merupakan bagian dari keluarga amarilis. Untuk karakteristik pertama yang perlu diketahui yaitu ketinggian maksimum mencapai 3 hingga 6 inci. 

Bunga ini menjadi tanaman musim semi pertama yang mekar sebelum atau bertepatan dengan titik balik musim semi pada akhir Maret. 

Selain itu, hal lainnya yang perlu anda ketahui dari bunga yang satu ini yaitu cirinya yang menghasilkan satu bunga putih kecil dengan bentuk menunduk ke arah tanah. 

Jika bunga terbuka, maka akan terlihat tiga kelopak bagian dalam yang ditutupi oleh tiga kelopak bagian luar. Sedangkan kepala bunga akan gugur pada suhu beku dan membuka kembali saat cuaca hangat. 

Tak berhenti sampai disitu saja, ciri ciri bunga snowdrop bisa dikenali dengan warna hijau kebiruan dan panjang dan ramping, seperti bilah rumput. 

Daun mungkin terlihat seperti menempel satu sama lain dengan ujung ujungnya melengkung. Hal inilah yang membuat bunga ini cukup unik jika dibandingkan dengan bunga bunga jenis lainnya. 

Itulah beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai snowdrop flower. Termasuk dalam keluarga bunga Amaryllidaceae, tanaman yang satu ini memiliki banyak makna yang cukup indah. 

Mulai dari kepolosan, kemurnian, keberuntungan, hingga arti harapan. Tak hanya itu saja, karena sering tumbuh di kuburan, bunga ini juga dikenal dengan makna tanda kematian. 

Baca Juga: Mengenal Bunga Azalea Lebih Dalam - Ciri, Jenis, dan Arti Warnanya
Indonesia id